Kolam Renang Seharga Miliaran untuk Kebutuhan Terapi Kaki Ridwan Kamil

Gedung Pakuan telah berusia 200 tahun

Bandung, IDN Times – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjelaskan bahwa pengadaan kolam renang di rumah dinasnya (Gedung Pakuan) dan menghabiskan anggaran miliaran rupiah berfungsi untuk terapi cedera. Tujuan kesehatan itu tak lain merupakan rekomendasi dokter yang sementara tidak mengizinkannya untuk melakoni olahraga berat.

Kepada wartawan pascamenghadiri Rapat Paripurna Gedung DPRD Jawa Barat, Emil, sapaan Ridwan Kamil mengatakan, proyek revitalisasi rumah dinas itu memakai anggaran dengan total Rp4 miliar. Dimana dalam anggaran tersebut terdapat Rp1,2 miliar yang digunakan untuk membangun fasilitas kolam renang. Ia mengklaim bahwa pencairan anggaran itu sesuai dengan prosedur yang berlaku.

1. Gedung Pakuan dinilai perlu perbaikan

Kolam Renang Seharga Miliaran untuk Kebutuhan Terapi Kaki Ridwan KamilIDN Times/Debbie Sutrisno

Emil menjelaskan bahwa rumah dinas yang ditempatinya merupakan bangunan yang berusia dua abad dengan luas sekitar dua hektare.

“Sudah 20 tahun tidak ada yang namanya renovasi (rumah dinas), yang ada hanya perawatan saja. Jadi, saya penambahan fasilitas olahraga itu sesuai kebutuhan,” kata Emil, Jumat (15/11).

“Dalam rutinitas masterplan perbaikan yang namanya (Gedung) Pakuan, saya arahan dan setujui kolam yang sebenarnya tidak terlalu besar,” pungkasnya.

2. Tidak hanya untuk kolam renang

Kolam Renang Seharga Miliaran untuk Kebutuhan Terapi Kaki Ridwan KamilIDN Times/Debbie Sutrisno

Lagian, kata dia, total Rp4 miliar itu tak hanya digunakan untuk membikin kolam renang di rumah dinasnya. Lebih daripada itu, Pemerintah Provinsi juga menggunakan anggaran tersebut untuk pembangunan infrastruktur seperti pengaspalan jalan dan taman Gedung Pakuan.

Maka itu, ia berharap masyarakat tak khawatir karena semua proyek strategis di Jawa Barat tidak terabaikan. Misalnya, Emil mencontohkan, program menanggulangi kemiskinan dan pembangunan infrastruktur.

“Pertama tidak menghamburkan uang negara semuanya sesuai kebutuhan. Yang kedua, yang namanya semua urusan Gedung Pakuan memang akan berlangsung setiap tahun, karena ini bangunan berserjarah yang harus dirawat disempurnakan,” ucap dia.

3. Demi penyembuhan cedera

Kolam Renang Seharga Miliaran untuk Kebutuhan Terapi Kaki Ridwan KamilIDN Times/Debbie Sutrisno

Terkait rekomendasi dokter atas kesehatannya, Emil mengaku tengah mengalami cedera kaki kiri. Olahraga berenang diklaimnya dapat menyembuhkan cedera dengan cepat.

“Kebutuhannya sangat nyata. Saya itu kaki saya cedera yang kiri. Dokter menyarankan supaya bisa fit bagi gubernur Jabar, tidak boleh lagi berolahraga yang sifatnya impact (langsung ke kai) seperti lari, loncat-loncat dan sebagainya. Harus terapi dengan yang namanya berenang,” kata dia.

4. Dua titik revitalisasi Gedung Pakuan

Kolam Renang Seharga Miliaran untuk Kebutuhan Terapi Kaki Ridwan KamilIDN Times/Yogi Pasha

Sebelumnya, Humas pelaksana proyek dari PT Artikon, Muhamad Djadjuli pengerjaan dalam proyek ini meliputi dua titik. Yang pertama, di taman belakang, kedua ada di tengah tengah yang lingkup pengerjaannya lebih kecil.

Mengenai fasilitas kolam renang, akan dibangun dengan panjang 29 meter dan lebar empat meter serta kedalaman sekitar 1,25 meter. Kolam tersebut terbagi dua, yakni kolam utama dan kolam kecil atau jacuzzi. Penambahan fasilitas tempat duduk pun dilakukan dengan standar hotel berbintang.

Ia menuturkan, pembangunan kolam renang itu menelan dana sebesar Rp1,2 miliar berdasarkan rencana anggaran belanjar (RAB). Namun secara keseluruhan, proyek revitalisasi taman di Gedung Pakuan menelan anggaran sebesar Rp4 miliar.

Baca Juga: Di Rumah Dinas Ridwan Kamil Dibangun Kolam Renang Rp1,5 Miliar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya