Kolaborasi dengan Kemenparekraf, Tiket.com Stimulus Pengusaha Wisata

Mereka bikin forum yang diikuti 48 pelaku usaha

Bandung, IDN Times – Momentum kebangkitan ekonomi pascapandemi terus dilakukan oleh pemerintah. Salah satunya, pemerintah mengandalkan sektor pariwisata guna memperbaiki situasi lemahnya ekonomi selama pandemik COVID-19.

Salah satu upaya pemerintah dalam menggenjot pariwisata di era baru (new normal) ialah meningkatkan kapasitas pelaku usaha wisata.

Guna menyelaraskan langkah pemerintah, tiket.com kembali menghadirkan edukasi peningkatan literasi pemasaran digital melalui program Multistakeholder Forum yang ditujukan bagi pelaku usaha di banyak wilayah yang berpotensi besar di sektor pariwisata.

Program Multistakeholder Forum ini dihadirkan tiket.com untuk membekali para pelaku usaha wisata, seperti pengelola desa wisata, operator akomodasi, serta pengusaha produk gaya hidup, dalam hal peningkatan kapasitas pemasaran digital serta memberikan tren pariwisata terkini dari sisi nasional maupun daerah setempat. 

“Kami, tiket.com, berinisiatif untuk terus mendukung peningkatan kapasitas bagi setiap mitra dan pelaku usaha wisata. Kegiatan hasil kolaborasi yang diinisiasi bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini adalah wujud keseriusan kami dalam memajukan industri pariwisata dan kreatif Indonesia.”

“Forum ini diharapkan dapat menjadi wadah yang tepat bagi para pelaku usaha wisata agar dapat memahami tren pariwisata terkini dan memaksimalkan potensi pemasaran digital mereka,” ujar Co-Founder dan Chief Marketing Officer tiket.com Gaery Undarsa, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Kamis (18/5/2023).

1. Kolaborasi juga dilakukan dengan Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Bandung Barat

Kolaborasi dengan Kemenparekraf, Tiket.com Stimulus Pengusaha WisataKolaborasi dengan Kemenparekraf, Tiket.com Stimulus Pengusaha Wisata (IDN Times/istimewa)

Tahun ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan tiket.com Multistakeholder Forum yang telah diadakan sejak tahun 2021. Di tahun ini, Kabupaten Bandung Barat (Lembang) dipilih sebagai pembuka rangkaian kegiatan tiket.com Multistakeholder Forum tahun 2023.

Berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Bandung Barat, forum ini diikuti oleh 48 pelaku usaha wisata dari berbagai sektor, menyusul ratusan peserta lainnya yang telah lebih dahulu mengikuti kegiatan serupa di dua tahun sebelumnya. 

2. Pariwisata di Bandung Barat meningkat pesat

Kolaborasi dengan Kemenparekraf, Tiket.com Stimulus Pengusaha WisataKolaborasi dengan Kemenparekraf, Tiket.com Stimulus Pengusaha Wisata (IDN Times/istimewa)

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bandung Barat Akhmad Panji Hernawan menyoroti perkembangan pariwisata di area Kabupaten Bandung Barat yang begitu pesat.

“Angka pertumbuhan sektor pariwisata di Kabupaten Bandung Barat mengalami kenaikan yang tinggi pascapandemi. Kesempatan kolaborasi seperti ini diharapkan dapat mendukung para pelaku usaha wisata untuk berkembang dan memberikan sumbangsih positif terhadap kemajuan pariwisata di Kabupaten Bandung Barat,” kata Akhmad.

3. Program berlangsung sejak 2021

Kolaborasi dengan Kemenparekraf, Tiket.com Stimulus Pengusaha WisataKolaborasi dengan Kemenparekraf, Tiket.com Stimulus Pengusaha Wisata (IDN Times/istimewa)

Sementara itu tiket.com sendiri telah berkomitmen untuk dapat membantu para pelaku usaha wisata agar dapat meningkatkan literasi digital mereka dan menciptakan iklim positif di industri pariwisata Indonesia.

Sejak 2021, program ini telah berlangsung di 10 kota mulai dari Danau Toba, Labuan Bajo, Yogyakarta, Likupang hingga Kabupaten Belitung agar literasi pemasaran digital dan kesadaran pelaku usaha wisata mengenai literasi pemasaran digital dan tren pariwisata terbaru bisa meningkat di kalangan pelaku usaha wisata setempat.

Baca Juga: Liburan di Bandung, 8 Tempat Wisata Ini Wajib Dikunjungi

Baca Juga: 10 Wisata Alam di Lembang Bandung yang Menawan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya