Kapolres Bandung Dimutasi, Apa yang Dia Kerjakan Selama 2019?

Posisi Irman akan digantikan Kombes Ulung Sampurna

Bandung, IDN Times – Beberapa Kepala Polisi Resor di bawah komando Kepolisian Daerah Jawa Barat dimutasikan. Salah satunya ialah Komisaris Besar Irman Sugema, yang dalam beberapa tahun terakhir menjabat sebagai Kepala Polisi Resor Kota Besar Bandung.

Pemutasian itu dibenarkan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar, Komisaris Besar Saptono Erlangga. Menurut dia, pemutasian dilakukan berdasarkan Telegram Rahasia (TR) Nomor: TR/385/II/KEP/2020.

1. Irman digantikan Ulung Sampurna Jaya

Kapolres Bandung Dimutasi, Apa yang Dia Kerjakan Selama 2019?IDN Times/Azzis Zulkhairil

Berdasarkan surat itu, lanjut Erlangga, Irman Sugema secepatnya akan diangkat menjadi Kepala Bagian Rencana dan Logistik (Kabag Renlog) Rojianstra Slog Polri. Sebagai gantinya, Komisaris Besar Ulung Sampurna Jaya akan duduk di kursi Kapolrestabes Bandung.

"Sebagai gantinya adalah Kombes Pol. Ulung Sampurna Jaya yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Binmas Baharkam Polri," tutur Erlangga dalam keterangan persnya, Rabu (5/2).

2. Apa yang pernah Irman tangani di Bandung?

Kapolres Bandung Dimutasi, Apa yang Dia Kerjakan Selama 2019?IDN Times/Galih Persiana

Dari beberapa peristiwa mencolok di Kota Bandung, Irman sempat mengerjakan peran penting untuk mengontrol keamanan masyarakat. Misalnya, demo besar-besaran yang terjadi pada September 2019, dan penanganan demonstrasi Mahasiswa Papua di Kota Kembang.

Kasus terakhir yang menjadi perhatian publik adalah unjuk rasa penolakan masyarakat atas pembangunan rumah deret Tamansari, dan laporan penyanyi Rizky Febian yang meminta kejelasan atas meninggalnya sang ibu, Lina Jubaedah.

3. Kursi Kapolres Bogor segera diisi Kapolres Cirebon Kota

Kapolres Bandung Dimutasi, Apa yang Dia Kerjakan Selama 2019?IDN Times/Doc Humas Polres Bogor

Selain Irman, keputusan itu juga mengarah pada nama Kepala Polres Bogor Ajun Komisaris Besar Muhammad Joni. Joni secepatnya akan menjadi Wakil Direktur Pengamanan Objek Votal (Ditpamobvit) Polda Metro Jaya. Kursi yang ditinggalkan Joni akan segera diisi oleh AKBP Roland Ronaldy yang sebelumya menjabat sebagai Kapolres Cirebon Kota.

"Sementara itu jabatan Kapolres Cirebon Kota akan dilanjutkan oleh AKBP Syamsul Huda yang tadinya menjabat Kanit V Subdit III Dittipidum Bareskrim Polri," katanya.

4. Kapolres Purwakarta menjadi Wakil Kepala Sekolah Polisi Negara

Kapolres Bandung Dimutasi, Apa yang Dia Kerjakan Selama 2019?IDN Times/Galih Persiana

Selanjutnya, Kapolres Purwakarta AKBP Matrius yang sempat menangani kecelakaan maut di Tol Cipularan akhir tahun 2019, kini menjadi Wakil Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Metro Jaya. Ia akan digantikan oleh AKBP Indra Setiawan yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbagkatpa Bagpangkat Robinkar SSDM Polri.

Ada pula nama-nama lain seperti Kapolres Majalengka AKBP Mariyono yang diangkat menjadi Kapolres Serang Polda Banten (Digantikan AKBP Bismo Teguh Prakoso yang tadinya menjabat Kapolres Ciamis); AKBP Hendria Lesmana yang kini menjabat Kapolres Tasikmalaya; dan Kapolres Kuningan AKBP Iman Setiawan yang diangkat sebagai Kapolres Tanggerang Selatan Polda Metro Jaya.  

Topik:

  • Galih Persiana
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya