Inovasi Fashion Muslim, Mukena Asal Bandung Jadi Pionir Bahan Organik

Mereka baru rilis produk baru bernama Nabawi

Bandung, IDN Times – Industri fashion muslim di Indonesia terus berkembang. Pada 2019 silam, Kementerian Perindustrian bahkan menjelaskan jika konsumsi fashion muslim Indonesia meningkat menjadi 20 miliar dollar Amerika Serikat dengan laju (Rp280 triliun) dengan lajut pertumbuhan 18,2 persen per tahunnya.

Tumbuhnya industri fashion muslim tak lepas dari tingginya permintaan dari pasar Indonesia yang didominasi oleh muslim dan muslimah. Namun, di sisi lain, tingginya permintaan juga mesti diserap lewat berbagai macam inovasi di bidang fashion muslim.

Salah satu inovasi di bidang fashion muslim dilakukan oleh Zayana Organic, sebuah jenama lokal asal Bandung yang memproduksi mukena organik. Lahir sejak 2018, mereka mengklaim diri sebagai pionir sustainable fashion muslim.

1. Bahan Voscose EcoVoile diklaim lebih adem

Inovasi Fashion Muslim, Mukena Asal Bandung Jadi Pionir Bahan OrganikWarga mengenakan mukena dilengkapi masker saat berada di kawasan masjid. IDN Times/Indra Abriyanto

Sejak didirikan, Zayana ikut meramaikan industri mukena Indonesia dengan memproduksi hijab organik, baju organik, aksesoris organik, hingga produk best selling mereka: mukena organik.

“Seluruh produk Zayana menggunakan bahan kain organik yang terbuat dari serat alami,” kata CEO Zayana Organic, Tommy Surya Teja, dalam rilis yang diterima IDN Times, Senin (26/4/2021).

Menurut Tommy, mukena organik Zayana menggunakan bahan Viscose EcoVoile yang terbuat dari 100 persen rayon organik. Pemakaian bahan Viscose EcoVoile membuat mukena semakin adem digunakan.

“Jika bahan polyester yang biasa digunakan produk oleh brand lain terasa panas dan menyebabkan bau, maka bahan ini memiliki kecenderungan melepas hawa panas sehingga tidak terperangkap dan menyebabkan badan berkeringat,” ujar dia.

2. Koleksi terbaru Zayana: Nabawi Series

Inovasi Fashion Muslim, Mukena Asal Bandung Jadi Pionir Bahan OrganikIlustrasi mukena (IDN Times/Istimewa)

Menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun ini, Zayana baru saja merilis produk terbaru mereka dengan nama koleksi Nabawi Series. Ide daripada koleksi Nabawi Series, kata Tommy, bersumber dari pesona Masjid Nabawi di Madinah, yang keindahannya dipuja-puja karena dibuat langsung oleh Rasulullah SAW ketika pertama kali hijrah dari Makah ke Madinah.

Lewat koleksi Nabawi Series, Zayana berharap dapat membawa penggunanya kembali fitrah di bulan suci Ramadan 2021. “Tak hanya itu, kami pun ingin mengajak pengguna Nabawi Series untuk merasakan pesona Masjid Nabawi sebagai masjid kedua terbesar di Tanah Suci,” ujar Tommy.

3. Nabawi Series organik sampai ke kemasan

Inovasi Fashion Muslim, Mukena Asal Bandung Jadi Pionir Bahan Organiksciencepost.org

Sama  seperti produk Zayana lainnya, Nabawi Series pun menggunakan bahan organik yakni Viscose Eco Voile. Dalam proses pembuatannya, bahan tersebut ditenun dari serat alami, ditanam tanpa menggunakan pupuk kimiawi, pestisida, dan bahan berbahaya lainnya.

“Kain yang sudah menjadi mukena Nabawi Series ini juga dikemas menggunakan packaging tanpa kandungan plastik, sehingga menjamin prosesnya ramah lingkungan sampai ke tangan konsumen,” ujarnya.

Nabawi Series sendiri dirilis dengan satu desain eksklusif dengan tiga pilihan warna yakni hijau, coklat, dan abu. Proses kreatif pembuatan Nabawi Series memakan waktu yang lebih lama dari biasanya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya