Ini Barang yang Paling Warga Bandung Cari di Tokopedia Selama 2020

Makanan hingga otomotif jadi yang terpopuler

Bandung, IDN Times – Salah satu e-commerce kenamaan Indonesia, Tokopedia, baru-baru ini merilis fitur baru mereka bernama TokoMart. Fitur tersebut merupakan sebuah halaman khusus yang dilengkapi dengan teknologi geo-tagging untuk mempermudah penggunanya membeli kebutuhan sehari-hari, tak terkecuali warga Kota Bandung.

Kebutuhan sehari-hari yang dimaksud itu beriksar di antara produk sembako, makanan dan minuman, hingga kebutuhan rumah tangga lainnya. Dengan fitur geo-tagging, masyarakat bisa mendapatkan keperluan sehari-hari itu di toko terdekat.

Nah, memangnya, apa sih yang paling dicari masyarakat Bandung di Tokopedia?

1. Dari F&B hingga perlengkapan otomotif

Ini Barang yang Paling Warga Bandung Cari di Tokopedia Selama 2020IDN Times/Debbie Sutrisno

Merchant Development Senior Lead Tokopedia, Hartawan Lesmana, mengatakan jika Kota Bandung memiliki kecenderungan yang berbeda dalam mengakses Tokopedia. Menurut data internal mereka, sepanjang 2020, terdapat beberapa barang yang paling dicari warga Bandung via Tokopedia.

“Kategori F&B (Food and Beverage) menjadi salah satu kategori yang paling populer di Bandung selain kategori kesehatan, rumah tangga, elektronik, dan otomotif,” kata dia, dalam rilis yang diterima IDN Times Jabar, 18 Maret 2021.

2. Sambut tingginya permintaan, Tokopedia orbitkan TokoMart

Ini Barang yang Paling Warga Bandung Cari di Tokopedia Selama 2020(Tokopedia) www.tokopedia.com

Tingginya antusiasme masyarakat Kota Bandung, kata Hartawan, mendorong mereka untuk mengorbitkan TokoMart. Bagaimana pun, Tokopedia berupaya untuk memudahkan masyarakat Bandung mendapatkan berbagai hal yang mereka butuhkan, terlebih di masa pandemik COVID-19 seperti ini.

Untuk mendukung program TokoMart, Tokopedia sendiri mengaku telah menjalin kerja sama dengan beberapa pegiat usaha guna memenuhi suplai mereka.

“Kami juga berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, dalam hal ini pegiat usaha di Indonesia, mulai dari Hypermart, LotteMart Indonesia, Sayurbox, hingga sejumlah UMKM lokal dari berbagai industri, untuk menyediakan lebih dari 200 ribu pilihan produk di halaman TokoMart,” ujarnya.

3. Apa untungnya bagi pengusaha di Bandung

Ini Barang yang Paling Warga Bandung Cari di Tokopedia Selama 2020Ilustrasi UMKM. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Menurut Hartawan, dengan inovasi geo-tagging, TokoMart dapat mendorong pengusaha di Kota Bandung dalam menjangkau permintaan masyarakat. Geo-tagging, katanya, diprogram untuk memprioritaskan penjual terdekat dari domisili pembeli.

Pada fase pertama, inovasi geo-tagging sudah dapat dimanfaatkan oleh pegiat usaha yang bergabung dengan TokoMart dari wilayah Bandung dan Jabodetabek. Ke depannya tokopedia akan menjangkau wilayah lain dengan permintaan yang tinggi.

4. Apa untungnya buat konsumen?

Ini Barang yang Paling Warga Bandung Cari di Tokopedia Selama 2020Pexels.com

Selain tentu tidak perlu repot menunggu pesanan datang, geo-tagging juga dapat dimanfaatkan masyarakat Kota Bandung untuk mendapatkan ongkos kirim yang lebih murah. Di sisi lain, lewat fitur TokoMart, Tokopedia juga rutin menggelar flash sale, cashback, hingga diskon mencapai 50 persen.

 “Upaya bersama ini bisa mengakselerasi adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya pelaku usaha, sekaligus membantu pemulihan ekonomi nasional,” kata Hartawan.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya