Ikut Terbakar Saat Amankan Demo Cianjur, Rekan Ipda Erwin Semakin Pulih

Mereka akan pulang selama sepekan ke depan

Bandung, IDN Times - Ipda Erwin Yudha Wildani, salah satu dari empat korban pembakaran oleh demonstran mahasiswa di Cianjur, baru saja dimakamkan hari ini karena luka bakar yang dideritanya dalam sebelas hari ke belakang. Sementara dua rekannya yang lain, Bripda Yudi Muslim dan Bripda F.A. Simbolon, akan segera dipulangkan dari Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung karena kondisinya berangsur pulih.

Hal tersebut diutarakan Dokter spesialis operasi bedah plastik RSHS Bandung, Dr. Hardisiswo Soedjana, ketika ditemui wartawan di kantornya di RSHS, Kota Bandung, Senin (26/8) siang. Menurut Hardisiswo, keduanya dapat pulang paling lambat sepekan ke depan.

1. Dirawat dengan panensial eksisi

Ikut Terbakar Saat Amankan Demo Cianjur, Rekan Ipda Erwin Semakin PulihIDN Times/Galih Persiana

Bripda Yudi Muslim, salah satu dari dua korban yang dirawat di RSHS, dalam sebelas hari terakhir kondisinya berangsur membaik. Dokter RSHS melakukan pendekatan tangensial eksisi kepada Yudi.

"Dengan panensial eksisi, dikupas jaringan mati (pada kulit Bripda Yudi). Lalu semua dibuang jaringan matinya," ujar Hardisiswo.

2. Diberi skin graft

Ikut Terbakar Saat Amankan Demo Cianjur, Rekan Ipda Erwin Semakin Pulihmedicalxpress.com

Setelah luka bakarnya dirawat dengan tangensial eksisi, dokter pun melakukan skin graft alias cangkok kulit pada Yudi. Karena luka bakar tidak memakan banyak area, dokter RSHS tidak banyak mengambil donor kulit untuk proses cangkok tersebut.

"Sedikit saja. Skin graft dilakukan Kamis (22/8). Sejauh ini graft tumbuh dengan baik, hari Rabu (28/8) kemungkinan kami buka (perbannya)," ujar Hardisiswo.

3. Rabu bisa dipulangkan

Ikut Terbakar Saat Amankan Demo Cianjur, Rekan Ipda Erwin Semakin Pulihpixabay.com

Jika pada Rabu graft pada area tubuh Yudi yang terbakar mengalami pertumbuhan yang baik, maka tim dokter tidak ragu untuk memulangkannya. Maka itu, RSHS baru bisa memastikan nasib Yudi pada Rabu mendatang.

"Kalau semuanya berjalan lancar, mungkin hari Rabu atau Jumat minggu ini bisa (Dipulangkan)," tuturnya.

4. Harus fisioterapi

Ikut Terbakar Saat Amankan Demo Cianjur, Rekan Ipda Erwin Semakin Pulihunsplash.com/ArvinChingcuangco

Sekali pun sudah bisa dipulangkan, Yudi tetap diimbau untuk disiplin melakukan fisioterapi di rumahnya. Fisioterapi diperlukan salah satunya untuk menghapus trauma dari peristiwa yang sempat dialami Yudi.

Saat ini pun sebenarnya Yudi sudah melakukan fisioterapi, namun dalam intensitas ringan. Setelah dipulangkan, dokter akan meningkatkan intensitas fisioterapinya. "Mungkin akan ada kontrol sekitar tiga sampai empat hari sekali setelah dipulangkan," tuturnya.

5. F.A. Simbolon juga berangsur sembuh

Ikut Terbakar Saat Amankan Demo Cianjur, Rekan Ipda Erwin Semakin Pulihirishexaminer.com

Sementara itu rekan Yudi di rumah sakit yang sama, Bripda F.A. Simbolon, akan segera dibuka perban penambalan kulitnya pada Selasa (27/8). Kalau rencana dokter berjalan sesuai harapan, kulit yang ditambal itu akan merembet ke area luka lainnya.

"Maksimal seminggu saya kira bisa dipulangkan dengan catatan harus fisioterapi selama tiga sampai enam bulan," ujar Hardisiswo.

Selama menjalani fisioterapi, dokter akan memperbolehkan kedua anggota Polres Cianjur tersebut kembali berdinas. Namun, ada beberapa hal yang tidak boleh dilepaskan, misalnya penggunaan korset dengan material khusus untuk penderita luka bakar.

Sebelumnya, empat polisi di Cianjur mesti segera dilarikan ke rumah sakit setelah dibakar demonstran mahasiswa di depan Kantor Pemerintah Kabupaten Cianjur pada Kamis (15/8).

Saat ini, polisi telah menangkap lima mahasiswa yang bertanggung jawab atas peristiwa pembakaran aparat. Kelimanya merupakan oknum GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia).

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya