Ganjar Pranowo Ziarah ke Makan Abah Sepuh dan Abah Anom di Tasikmalaya

Ia mendapat pelajaran tentang ilmu sabar

Tasikmalaya, IDN Times – Mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menuruskan agenda silahturahmi di Jawa Barat, dengan mengunjungi beberapa pimpinan pondok pesantren yang ada di Tasikmalaya. Pada Selasa (10/10/2023), Ganjar mendatangi Pondok Pesantren Suryalaya, Desa Tanjungkerta, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kedatangan Ganjar pun mendapat sambutan riuh dari para santri yang sudah menunggu. Saat tiba di lokasi, Ganjar langsung menemui Pengasuh Ponpes KH Baban Ahmad Jihad di sebuah ruangan dan berlangsung secara terbatas.

Apa saja aktivitas Ganjar di sana?

1. Berziarah ke makam Abah Sepuh dan Abah Anom

Ganjar Pranowo Ziarah ke Makan Abah Sepuh dan Abah Anom di TasikmalayaGanjar Pranowo Ziarah ke Makan Abah Sepuh dan Abah Anom (IDN Times/Jabar)

Dalam kesempatan itu, Ganjar diberikan sebuah cendera mata berupa buku dari KH Baban Ahmad Jihad. Setelahnya, Bakal Calon Presiden 2024 ini langsung bergegas ke arah Masjid untuk menjalankan ibadah salat Maghrib.

“Iya dapat (buku), tentang amalan-amalan,” kata Ganjar, kepada wartawan di lokasi acara, Selasa (10/10/2023).

Usai salat maghrib, Ganjar berjalan ke atas dengan menelusuri anak tangga untuk berziarah ke makam Syaikh Abdullah bin Nur Muhammad atau yang dikenal dengan panggilan Abah Sepuh, dan KH Ahmad Sohibul Wafa Tajul Arifin alias Abah Anom.

2. Ganjar diajarkan untuk selalu sabar

Ganjar Pranowo Ziarah ke Makan Abah Sepuh dan Abah Anom di TasikmalayaGanjar Pranowo Ziarah ke Makan Abah Sepuh dan Abah Anom (IDN Times/Jabar)

Ditemui setelah bersilahturahmi dan berziarah, Ganjar mengaku banyak bicara hal mengenai kehidupan ketika mendatangi Ponpes Suryalaya.

"Tadi sempat bicara banyak hal. Tentang apa sih hidup, apa sih yang dikejar? Wong seluruh tuntunan agama sudah ada kok. Maka segala sesuatu apalagi sifatnya dunia, Allah SWT sudah gariskan," tutur Ganjar.

Menurut Ganjar, banyak hal yang ia dapatkan usai berdiskusi dengan KH Baban Ahmad Jihad.

“Maka kami mendapatkan banyak diskusi yang menurut saya mencerahkan, menyegarkan dan saya diajarkan untuk sabar, diajarkan untuk baik dan tentu ini bagian dari nilai-nilai yang ditularkan kepada siapa pun," katanya.

3. Ponpes Suryalaya selalu dipilih untuk menjadi tempat diskusi

Ganjar Pranowo Ziarah ke Makan Abah Sepuh dan Abah Anom di TasikmalayaGanjar Pranowo Ziarah ke Makan Abah Sepuh dan Abah Anom (IDN Times/Jabar)

Ganjar juga menuturkan bahwa Ponpes Suryalaya selalu didatangi oleh orang-orang untuk bersilahturahmi sekaligus berdiskusi untuk mendapatkan masukan yang positif.

“Dan Suryalaya ini banyak orang yang datang. Artinya apa, banyak orang yang ingin bersilaturahmi dan bertanya. Hari ini giliran saya berdiskusi, alhamdulillah mendapatkan banyak masukan yang positif," ungkapnya, kepada wartawan.

Baca Juga: Datangi Ponpes Cipasung, Ganjar Ziarah dan Temui Ulama

Baca Juga: Anies Baswedan dan Cak Imin Ziarah ke Makam Ketum PBNU Hasan Gipo

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya