Gak Ribet, ICEBOX Buka Peluang Kolaborasi dengan Musisi Independen

Mulai dari produksi hingga promosi, semuanya gratis.

Bandung, IDN Times – Dunia musik tanah air harus tetap bergeliat meski diterjang pandemik COVID-19. Berbagai pihak yang terlibat dalam industri tersebut mesti beradaptasi dengan keadaan, agar kreativitas tidak jalan di tempat.

Setidaknya hal tersebut yang menjadi pendorong bagi Iceperience.id, yang mana baru saja merilis proyek musik dengan nama ICEBOX. Proyek tersebut merupakan platform yang menjadi medium para kreator untuk berkarya, berkolaborasi, dan memamerkan hasil produksi mereka pada publik.

Saat ini Studio ICEBOX berlokasi di Jalan Rangga Malela, Bandung. Bagaimana langkah Iceperience.id dalam mengenalkan ICEBOX pada publik?

1. ICEBOX ingin melahirkan karya kolaboratif yang unik

Gak Ribet, ICEBOX Buka Peluang Kolaborasi dengan Musisi IndependenTangkapan layar ICEBOX (IDN Times/Galih Persiana)

Perwakilan Iceperience.id, Sigit Diapsoputra, mengatakan jika ICEBOX merupakan fasilitas bagi musisi yang unik. Pasalnya, medium satu ini berusaha mengombinasikan studio rekaman musik, yang didukung dengan promosi musik secara digital. Mereka berencana membantu produksi materi musik, kolaborasi lintas genre, live performance, hingga membangun konten kreatif.

Bagi Sigit, konsep tersebut bakal membantu musisi Indonenesia, khususnya yang berkarya di jalur independen, yang mana kerap merasa sulit dalam memasarkan karyanya.

“ICEBOX terbuka bagi semua jenis musik dan membuka kemungkinan kolaborasi lintas genre. Memang sejak awal kami berpikir untuk dapat membantu melahirkan karya-karya kolaboratif yang unik, memiliki kekuatan, dan diferensiasi dengan pakem-pakem musik yang ada selama ini,” tuturnya, dalam jumpa pers virtual pada Rabu (10/2/2021).

2. Bagaimana cara bergabung dengan ICEBOX?

Gak Ribet, ICEBOX Buka Peluang Kolaborasi dengan Musisi Independenpexels/olly

Diop menjelaskan, ICEBOX membuka pintu bagi musisi mana pun yang ingin terlibat dengan mengajukan konsep kreatif dan materi musik yang akan diproduksi. Setelah itu, nantinya tim kurator internal mereka, yang terdiri dari berbagai musisi berpengalaman, akan memilah proses dan skema produksi yang cocok bagi masing-masing musisi.

Setelah melakoni tingkatan-tingkatan itu, setiap proses produksi akan berujung pada promosi digital. Dan, kata Diop, segala tahapan itu dilalui tanpa dipungut biaya sepersen pun.

3. Menggabungkan EDM dan angklung

Gak Ribet, ICEBOX Buka Peluang Kolaborasi dengan Musisi IndependenTangkapan layar ICEBOX (IDN Times/Galih Persiana)

Sambil mengenalkan proyek tersebut, ICEBOX meluncurkan karya kolaboratif antara produser musik dan DJ Alffy Rey. Uniknya, produksi mereka bakal melibatkan Manshur Praditya, yang mana merupakan musisi kontemporer dalam instrument angklung.

Perpaduan dari dua jenis musik yang jauh berbeda itu menghasilkan komposisi musik modern ala electronic dance music dari Alffy, dengan notasi angklung bernuansa etnik bikinan Manshur.

Menyoal kolaborasi itu, Manshur tentu memberi dukungan. Baginya, cara ini merupakan salah satu upaya agar musik tradisi Indonesia dapat dikenal secara luas.

“ICEBOX itu wadah untuk sharing dan kolaborasi. Kita semua bisa bikin sesuatu yang besar lewat ICEBOX, karena sekarang bukan lagi zaman berkompetisi melainkan berkolaborasi,” kata Manshur, yang memiliki portfolio tampil di event internasional.

4. Ada juga kolaborasi metalcore dengan musik DJ

Gak Ribet, ICEBOX Buka Peluang Kolaborasi dengan Musisi IndependenTangkapan layar ICEBOX (IDN Times/Galih Persiana)

Setali tiga uang, Alffy Rev juga menilai bahwa kolaborasinya kali ini cukup berbeda dari apa yang pernah ia lalui. “Ini memberikan experience yang sangat berbeda, terutama dalam proses bermusik saya,” ujar dia.

Selain Alffy Rey x Manshur, karya kolaboratif perdana ICEBOX juga menghadirkan kolaborasi antara Vicky Mono, vokalis band metal Burgerkill, dengan DJ Sihk. Pertemuan keduanya bakal menjadi kolaborasi yang seru untuk dibayangkan: musik EDM dengan tarikan vocal metalcore yang jarang kita dengar.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya