Festival Budaya Nusantara 3 di Bandung Tampilkan 6 Kampung Adat

Kampung adat perlu dilestarikan dalam perkembangan zaman.

Bandung, IDN Times – Festival Budaya Nusantara 3 akan kembali digelar di Kota Bandung pada Senin, 18 November 2019 demi melestarikan budaya di tengah pesatnya perkembangan zaman. Kegiatan ini merupakan buah kreativitas Program Studi Antropologi Budaya, Fakultas Budaya dan Media, Instituts Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Bandung.

Festival yang rencananya diselenggarakan di kampus ISBI ini digelar guna melestarikan budaya masyarakat adat di tengah pesatnya perkembangan zaman. Dalam gelaran itu ISBI tak sendirian, melainkan juga mendapat bantuan dari Balai Pelestarian Nilai-nilai Budaya (BNPB) Provinsi Jawa barat, Asosiasi Antropologi Indonesia (AAI), dan Evoy Production.

1. Memperkenalkan enam kampung adat

Festival Budaya Nusantara 3 di Bandung Tampilkan 6 Kampung AdatIDN Times/Galih Persiana

Ketua Pelaksana Festival Budaya Nusantara 3, Tardi Ruswandi, mengatakan jika kegiatannya akan memperkenalkan enam kampung adat di Indonesia. “Di antaranya ialah Kampung Dukuh, Kampung Naga, Ciptagelar, Sinar Resmi, Cireundeu, dan Cikondang,” kata Tardi, kepada wartawan di Kampus ISBI Bandung, Jalan Buah Batu, Kota Bandung, Jumat (15/11).

Perkenalan kampung adat kepada masyarakat luas ini salah satunya akan dibungkus dengan acara seminar. Perwakilan dari masing-masing kampung adat akan duduk sebagai narasumber.

2. Pemakalah dari berbagai perguruan tinggi

Festival Budaya Nusantara 3 di Bandung Tampilkan 6 Kampung AdatIDN Times/Toni Kamajaya

Tak hanya itu, Festival Budaya Nusantara 3 ini juga akan menggelar seminar paralel dengan menghadirkan deretan pemakalah dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Menurut Wakil Rektor Bidang Perencanaan Sistem Informasi dan Kerja Sama ISBI, Suhendi Afryanto, ada berbagai macam topik menarik bagi mahasiswa.

“Mulai dari topik terkait ritual, kesenian, pariwisata budaya, bahasa dan sastra, kearifan lokal, dan konservasi,” katanya, di tempat yang sama.

3. Pemutaran film sampai panggung kampung adat

Festival Budaya Nusantara 3 di Bandung Tampilkan 6 Kampung AdatInstagram.com/aklidjumadie

Festival Budaya Nusantara 3 juga akan menggelar pemutaran film berjudul “Ngarawat Nyi Sri” di Gedung Sunan Ambu ISBI Bandung, sekitar pukul 11.45-12.00 WIB. Setelah itu, pengunjung juga bisa mendatangi penampilan produk kampung adat di lapangan parkir ISBI Bandung yang digelar sepanjang hari, mulai dari pukul 08.00-17.00 WIB.

“Ada juga berbagai sajian kesenian dari kampung adat di panggung lapangan parkir ISBI Bandung,” tutur Dekan Fakultas Budaya Media ISBI, Sri Rustiyanti.

4. Peduli masyarakat adat di tengah dinamika zaman

Festival Budaya Nusantara 3 di Bandung Tampilkan 6 Kampung AdatInstagram.com/exploretasikmalaya

Dengan digelarnya festival ini, penyelenggara berharap masyarakat semakin peduli dengan pelestarian kampung adat di Indonesia seiring dengan perkembangan teknologi. Pasalnya, bukan tidak mungkin kepedulian terhadap masyarakat adat semakin tergerus karena perkembangan zaman yang semakin maju.

“Selain itu, dengan adanya seminar dari berbagai narasumber, yaitu budayawan, pegiat kampung adat, serta cendikiawan diharapkan dapat menambah kekayaan khazanah keilmuan dalam menghadapi tantangan global,” ujar Kepala Program Studi Antropologi Budaya ISBI, Sriati Dwiatmini.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya