Dukung Herd Immunity, Sekolah Kristen IPEKA Gelar Vaksinasi COVID-19

Sekolah bisa inisiatif menggelar vaksinasi sendiri

Bandung, IDN Times - Plt. Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Hasan Chabibie, mengatakan jika sejatinya pemerintah lebih memprioritaskan kesehatan sebelum benar-benar mengizinkan digelarnya pembelajaran tatap muka (PTM).

Maka itu, saat ini ia hanya berharap agar program vaksinasi yang tengah digenjot pemerintah dapat berjalan dengan lancar. “Soal PTM, melihat kita masih PPKM dan kondisi COVID-19 yang masih luar biasa tinggi. Ikhtiar yang kita lakukan, dan kesehatan adalah yang utama dan menjadi panglimanya,” ujar dia, Rabu (15/7/2021), seperti dikutip dari Antara.

Di sisi lain, pihak sekolah pun sebenarnya dapat ikut berupaya mensukseskan rencana vaksinasi untuk terciptanya herd immunity. Seperti yang dilakukan oleh Sekolah Kristen IPEKA, yang aru saja menyelenggarakan Sentra Vaksinasi COVID-19 di area pendidikan mereka, Pluit, Jakarta Utara.

1. Dalam lingkup pendidikan, vaksinasi digelar sejak awal 2021

Dukung Herd Immunity, Sekolah Kristen IPEKA Gelar Vaksinasi COVID-19Ilustrasi Pendidikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam menggelar kegitan itu, mereka tidak sendirian, melainkan bekerja sama dengan Persekutuan Gereja-gereja Tionghoa Indonesia (PGTI) dan Sentra Vaksinasi Gereja Kristus Yesus (GKY)  .

Program ini dijalankan dalam rangka mendukung program pemerintah Indonesia, yaitu mempercepat pemberian vaksin COVID-19 kepada masyarakat guna terciptanya herd immunity atau kekebalan komunal di tengah masyarakat.

Adapun kegiatan ini bekerja sama dengan RS Graha Kedoya, serta dibantu beberapa relawan dokter yang di koordinir oleh PGTI.

Dalam lingkup pendidikan, program vaksinasi sebenarnya telah bergulir sejak awal tahun 2021 hingga kini. Seluruh perangkat sekolah mulai dari tenaga pendidik hingga murid ditargetkan sebagai penerima vaksin.

Perluasan kelompok penerima vaksin ke anak-anak dan remaja berusia 12-17 tahun merupakan upaya pemerintah dalam mendorong akselerasi pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

2. Bukti nyata IPEKA agar PTM bisa segera digelar

Dukung Herd Immunity, Sekolah Kristen IPEKA Gelar Vaksinasi COVID-19Vaksinasi COVID-19 di IPEKA, Jakarta (IDN Times/Istimewa)

Direktur Utama Operasional Sekolah Kristen IPEKA, Handojo, mengatakan jika penyelenggaraan vaksinasi COVID-19 di Sekolah Kristen IPEKA PLUIT merupakan bentuk dukungan mereka untuk segera merealisasikan PTM, sesuai ketentuan pemerintah.

“Kesehatan dan keamanan para murid adalah komitmen utama bagi kami di IPEKA. Oleh sebab itu lewat kegiatan vaksinasi ini, kami berharap dapat memberikan perlindungan menyongsong persiapan PTM bagi para murid,” ujar Handojo, dalam rilis pers yang diterima IDN Times, Jumat (17/7/2021).

3. Bagaimana jalannya vaksinasi di IPEKA?

Dukung Herd Immunity, Sekolah Kristen IPEKA Gelar Vaksinasi COVID-19Vaksinasi COVID-19 di IPEKA, Jakarta (IDN Times/Istimewa)

Sentra Vaksinasi COVID-19 di Sekolah Kristen IPEKA PLUIT diadakan pada 12 hingga 14 Juli 2021 pada pukul 07.30 sampai 12.30 WIB. Target penerima vaksin pada program ini adalah murid dari seluruh lokasi Sekolah Kristen IPEKA pada tingkat SMP dan SMA, serta para alumni atau minimal berusia 12 tahun.

Total penerima vaksin sebanyak 1.254 orang. Jenis vaksin COVID-19 yang diberikan adalah Sinovac dengan dosis lengkap atau diberikan dosis pertama dan kedua.

Pendaftaran untuk peserta Sentra Vaksinasi COVID-19 di Sekolah Kristen IPEKA PLUIT dibuka pada 6 Juli 2021, dan diinformasikan lewat sosial media Sekolah Kristen IPEKA serta WhatsApp orang tua atau wali murid.

4. Vaksinasi dari sekolah membuat orangtua murid lega

Dukung Herd Immunity, Sekolah Kristen IPEKA Gelar Vaksinasi COVID-19Ilustrasi vaksin atau jarum suntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Sentra Vaksinasi COVID-19 di Sekolah Kristen IPEKA sangat membantu murid IPEKA dan keluarga. Seperti yang diungkapkan oleh Liaw Desi Heryawati, orangtua murid kelas 10 SMA Kristen IPEKA PLUIT.

“Program vaksinasi dari IPEKA sangat membantu kami, terutama yang memiliki anak usia 12-17 tahun. Sehingga kami tidak perlu repot mencari lokasi vaksinasi bagi anak kami,” tuturnya.

Menurut Desi, pelaksanaan vaksinasi di IPEKA PLUIT juga berjalan dengan lancar dan tertib. Semua petugas menjalankan tugasnya dengan sangat baik dan sesuai protokol kesehatan.

“Harapan saya, dengan mengikuti program vaksin ini, anak-anak kami semua sehat. Kiranya IPEKA semakin baik dalam segala bidang dan dapat menjadi teladan bagi sesama”, ujar Desi.

Baca Juga: Gegara PPKM Darurat, PTM Jateng Ditunda! Siswa Tetap Belajar Online

Baca Juga: Siswa SMA Bakal Divaksin, Gibran Optimis PTM Bisa Digelar Bulan Juli

Baca Juga: COVID-19 Mengganas, DKI Jakarta Tunda PTM 15 Ribu Sekolah

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya