Dilempari Besi, Malaysia Akan Adukan Suporter Indonesia ke FIFA

Bukan kali ini saja suporter kedua negara bersitegang.

Bandung, IDN Times – Kericuhan yang terjadi pada partai Indonesia vs Malaysia untuk kualifikasi Piala Dunia, Kamis (5/9), menuai kecaman dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Belia dan Sukan) Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman. Lewat akun Twitter-nya, Saddiq mengatakan bahwa ia akan melaporkan ketidaknyamanan yang ia terima kepada FIFA.

“Saya dimaklumkan FAM, bahwa mereka akan membuat aduan rasmi kepada FIFA. Saya juga akan membuat laporan rasmi kepada kerajaan Indonesia dan rakan sejawat saya di sana,” cuit Saddiq, lewat akun Twitter-nya, Kamis (5/9).

FAM merupakan asosiasi sepak bola Malaysia. Sementara maksud dari “rakan sejawat saya di sana” ialah Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

1. Mengaku dilempari besi

Dilempari Besi, Malaysia Akan Adukan Suporter Indonesia ke FIFAIDN Times/Isidorus Rio Turangga

Meski akhirnya Malaysia berhasil menaklukan tuan rumah dengan skor 2-3, Saddiq tetap gondok terhadap suporter Merah Putih. Ia mengaku dilempari besi, botol, dan cerawat oleh para suporter Indonesia.

“Tadi saya bersama penyokong2 Harimau Malaya menyaksikan Kelayakan Piala Dunia di Stadium Gelora Bung Karno. Objek besi, botol & suar dicampak kpd kami beberapa kali,” tutur dia, dan mendapat retweet sebanyak 18 ribu kali.

Tak hanya itu yang membuat Saddiq marah, melainkan juga upaya suporter Indonesia yang ingin menerobos masuk ke barisan Suporter Malaysia. Akibat kericuhan itu, pertandingan semntar dihentikan sementara waktu.

2. Sempat tak bisa pulang

Dilempari Besi, Malaysia Akan Adukan Suporter Indonesia ke FIFAIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Pertandingan pun usai, dan Harimau Malaya boleh pulang dengan mengantongi kemenangan. Timnas Malaysia meninggalkan SUGBK dengan menggunakan barakuda, agar terlindungan dari ancaman suporter Indonesia.

Sementara suporter Malaysia dan Saddiq sempat ditahan aparat keamanan agar tidak terlebih dahulu meninggalkan stadion, demi keselamatan mereka. “Ketika ini saya masih lagi bersama-sama dengan penyokong Malaysia ditempatkan di dalam stadium sementara menanti keadaan di luar reda sebelum kami boleh pulang,” kata Saddiq, lewat Twitter-nya.

3. Berjanji melaporkan ke FIFA

Dilempari Besi, Malaysia Akan Adukan Suporter Indonesia ke FIFAIDN Times/Isidorus Rio Turangga

Saddiq akhirnya bisa pulang dengan selamat. Meski demikian, ia akan tetap melaporkan peristiwa tersebut ke FIFA, demi kemajuan industri sepak bola Asia Tenggara. Tak hanya itu, ia pun ingin agar suporter Malaysia yang dikabarkan terluka menjadi perhatian bagi kedua negara.

“Saya berjanji akan menuntut keadilan bagi rakyat Malaysia,” cuitnya.

Namun, kabarnya, Menpora Imam Nahrawi telah bertemu dengan Saddiq hari ini, Jumat (6/9) di Hotel Fairmont, Jakarta, pada 07.30 WIB.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya