Di Bandung, Ganjar Pranowo Temui Ratusan Umat Kristen

Ganjar ingin dengar keluhan dari umat Kristiani Bandung

Bandung, IDN Times - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo baru saja menghadiri acara Silahturahmi Kebangsaan Umat Kristen se-Kota Bandung yang berlangsung pada Rabu (4/10/2023).

Mengenakan kemeja putih, Ganjar tiba di lokasi acara dan mendapatkan sambutan hangat dari ratusan unat Kristen. Bahkan, banyak dari mereka yang ingin mengabadikan foto bersama Ganjar.

“Pak Ganjar, Pak Ganjar!” teriak ratusan Umat Kristiani untuk menyambut Ganjar. Menemui umat Kristiani memang menjadi salah satu agenda Ganjar selama berada di Bandung. Sebelumnya, ia pun sempat menemui seniman hingga budayawan Kota Kembang.

1. Momentum umat Kristiani sampaikan unek-uneknya

Di Bandung, Ganjar Pranowo Temui Ratusan Umat KristenDi Bandung, Ganjar Pranowo Temui Ratusan Umat Kristen (IDN Times/istimewa)

Setelah naik ke atas panggung Silahturahmi Kebangsaan Umat Kristen se-Kota Bandung, Ganjar lalu berdiskusi dengan para umat Kristiani. Ia juga menerima keluh kesah umat Kristiani terkait apa yang mereka rasakan selama ini.

“Ini ada komunitas agama Kristen, mereka menyampaikan seluruh unek-uneknya dan menurut saya bagus,” kata Ganjar, usai menghadiri acara  di Hotel Hilton, Bandung, Jawa Barat, ini.

2. Mengeluhkan SKB 2 menteri

Di Bandung, Ganjar Pranowo Temui Ratusan Umat KristenWarga melintasi Gereja Pantekosta Bukit Zaitun (kiri) dan Masjid Dakwah Wanita (kanan) di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (5/4/2022). Masjid Dakwah Wanita dan Gereja Pantekosta Bukit Zaitun merupakan dua rumah ibadah yang letaknya berdampingan dan dibangun bersamaan pada tahun 1960 (ANTARA FOTO/Jojon)

Ganjar menjelaskan bahwa ada beberapa dari umat Kristiani yang hadir menyampaikan keluhannya terkait Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 8 dan 9 Tahun 2006 (SKB 2 menteri) soal syarat pendirian rumah ibadah.

Diketahui, SKB 2 menteri masih menjadi pro dan kontra di tengah masyarakat lantaran kerap ditafsirkan sebagai dasar untuk pelarangan penggunaan atau ibadah agama minoritas di Indonesia.

“Tentu saja semua mengatakan bahwa SKB menteri itu memang harus direvisi,” ucap Ganjar.

3. Jadi momentum untuk jalin komunikasi antar-umat beragama

Di Bandung, Ganjar Pranowo Temui Ratusan Umat KristenIlustrasi toleransi agama (IDN Times/Mardya Shakti)

Lebih lanjut, Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu berharap Silahturahmi Kebangsaan ini bisa menjadi momentum agar semua umat beragama mendapatkan ruang kebebasan bagi dalam menjalankan ibadah.

“Inilah momentum untuk kita berkomunikasi antar seluruh umat beragama maka sama-sama nyaman dan mendapatkan ruang representatif untuk mereka bisa beribadah,” kata Ganjar.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Jogging di GBK, Diiringi 'Glory Glory Ganjar Presiden'

Baca Juga: Usai Didatangi Massa, Kapel GPI Cinere Gelar Ibadah Secara Daring

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya