Dapat Jabatan Baru, Apa yang Akan Dikerjakan Tejo Kalapas Sukamiskin?

Ia mejabat sebagai kalapas sukamiskin selama 1 tahun 42 hari

Bandung, IDN Times – Tejo Harwanto per hari ini resmi melepaskan jabatan Kepala Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Sukamiskin. Ia dipromosikan menjadi Direktur Keamanan dan Ketertiban Direktorat Jenderal (Ditjen) Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM.

Tejo resmi meninggalkan Lapas Sukamiskin setelah bekerja sebagai Kalapas selama 1 tahun 42 hari. Posisinya kini digantikan Abdul Karim, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Lapas Kelas IIA Banda Aceh.

Kepada IDN Times via hubungan telepon, Tejo menjelaskan berbagai rencananya sebagai Direktur Keamanan dan Ketertiban Ditjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM.

1. Mendalami referensi keamanan ketertiban lapas

Dapat Jabatan Baru, Apa yang Akan Dikerjakan Tejo Kalapas Sukamiskin?IDN Times/Galih Persiana

Hal pertama yang akan Tejo lakukan dengan jabatan baru itu, antara lain ialah membaca kembali referensi tentang keamanan dan ketertiban lembaga permasyarakatan di seluruh Indonesia.

“Lalu saya akan buat pemetaan, per karakter, misalnya karakter di wilayah timur Indonesia seperti apa, barat seperti apa, tengah seperti apa,” kata Tejo, kepada IDN Times lewat sambungan telepon, Senin (9/9).

2. Memikirkan formulasi pendekatan

Dapat Jabatan Baru, Apa yang Akan Dikerjakan Tejo Kalapas Sukamiskin?(Aturan yang harus dipatuhi oleh napi Lapas Sukamiskin) IDN Times/Galih Persiana

Menurut Tejo, hal tersebut perlu dilakukan agar Kementerian Hukum dan HAM punya pemetaan khusus guna memudahkan pekerjaannya dalam mengatur keamanan dan ketertiban lembaga permasyarakatan. Pasalnya, Tejo yang cukup pengalaman menjabat di lapas-lapas di seluruh wilayah Indonesia, menilai bahwa tiap daerah memiliki karakter yang berbeda.

“Misalnya wilayah timur dengan kondisi adat istiadat setempat, formulasi pendekatannya seperti apa. Itu mungkin yang akan dikerjakan pertama oleh saya,” ujar Tejo.

3. Sertijab pekan lalu

Dapat Jabatan Baru, Apa yang Akan Dikerjakan Tejo Kalapas Sukamiskin?IDN Times/Galih Persiana

Sebenarnya, kata Tejo, proses serah terima jabatan darinya pada Abdul Karim dilakukan pekan lalu. Namun, hari ini Kantor Wilayah Hukum Kemenkumham baru saja menggelar upacara perpisahan yang dihadiri langsung oleh Kepala Kanwil mereka, Liberti Sitinjak.

“Jadi resmi per hari ini saya serahkan tugas, tanggung jawab, dan wewenang sebagai Kalapas Sukamiskin pada pak Abdul Karim,” tutur dia.

Baca Juga: Pemulangan Setnov ke Sukamiskin Tak Masuk Akal

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya