Daftar Pemenang Duta Muda Cleo Movie Maker 2019

Jangan puas, teruslah berkarya, kata Lukman Sardi.

Bandung, IDN Times – Gelaran Duta Muda Cleo (DMC) Movie Maker 2019 telah usai. Juri Lukman Sardi, Ernest Prakasa, dan Maudy Ayunda, telah memilih sepuluh pemenang yang menempati kategorinya masing-masing.

Bagi Ernest, memilih yang terbaik di antara yang terbaik merupakan tugas yang sulit bagi juri. “Ini paling susah menentukan pemenang-pemenangnya. Dari 12 (jumlah peserta terakhir diseleksi) itu bagus-bagus banget semua,” kata Ernest, kepada wartawan di Cihampelas Walk Kota Bandung, tempat digelarnya DMC Movie Maker 2019, Sabtu (31/8).

“Ada film pendek set keren, ada juga yang sinematografinya hanya satu shot dari awal sampai habis. Jadi masing-masing departemen ada keunggulannya,” tuturnya.

Siapa saja pemenang yang akhirnya dipilih ketiga juri?

1. Daftar pemenang

Daftar Pemenang Duta Muda Cleo Movie Maker 2019Cleo

Kali ini, DMC Movie Maker 2019 membagi pemenang kepada sepuluh kategori. Mulai dari kategori poster terbaik, hingga musik terfavorit. Siapa saja mereka?

1. Best Poster: Kok

2. Best Trailer: Danau Kehidupan

3. Best Actress: Anggita Putri (Kok)

4. Best Actor: Ernato Kusumo (King)

5. Best Idea: Berbagi Mimpi

6. Best Director: Believe

7. Best Cinematography: Pendidik Pertama

8. Best Music/Sound: Danau Kehidupan

9. Favorite: Kok

10. Best Movie: Believe

2. Bagaimana juri memilih para pemenang?

Daftar Pemenang Duta Muda Cleo Movie Maker 2019IDN Times/Galih Persiana

Menurut Ernest, setiap juri memiliki pendapat masing-masing terhadap deretan film pendek yang mereka tonton. “Kami ‘berantem’ untuk berdebat menentukan siapa yang terbaik dari setiap kategori,” ujar Ernest.

Bagi ia pribadi, film pendek yang baik ialah yang memiliki ide fresh—seperti tuntutan industri film saat ini. Indonesia, pada 2015, punya rata-rata penonton film sebanyak 16 juta orang. Sementara pada 2018, angka tersebut meningkat hingga 26 juta penonton.

Sebelum menentukan siapa pemenangnya, Ernest mengaku telah mengirimi pesan langsung pada para finalis. Soalnya, ia mengaku takjub dengan karya-karya unik yang diciptakan sineas DMC Movie Maker 2019.

3. Maudy terkesan akan pesan film

Daftar Pemenang Duta Muda Cleo Movie Maker 2019IDN Times/Galih Persiana

Setali tiga uang, Maudy Ayunda juga mengaku terkesan dengan deretan film pendek yang ia seleksi. Menurut dia, setiap finalis film pendek DMC Movie Maker 2019 berhasil menyampaikan pesan dalam karya mereka.

“Saat DMC Movie Maker 2019 ini meminta anak-anak muda untuk berkarya, mereka memanfaatkannya dengan lebih. Mereka menyampaikan pesan yang penuh makna, pesan dari para pemuda kreatif,” kata Maudy.

4. Jangan berhenti di DMC 2019

Daftar Pemenang Duta Muda Cleo Movie Maker 2019instagram.com/lukmansrd

Di sisi lain, Lukman Sardi berharap agar para pemenang di kategori masing-masing tak berhenti berkarya. Ia ingin agar para pemenang tidak puas dengan prestasi mereka menyabet gelar di DMC Movie Maker 2019.

“Akan jadi sangat disayangkan kalau akhirnya cuma mentok di sini. Jangan sampai DMC ini dipandang sebagai sebuah ajang, tapi juga tempat pendidikan untuk selanjutnya terjun ke industri perfilman. Aku pikir itu yang terpenting,” tutur Lukman.

5. Sampai jumpa 2020

Daftar Pemenang Duta Muda Cleo Movie Maker 2019IDN Times/Galih Persiana

Belinda Natalia, Presiden Direktur PT. Tanobel Food (Perusahaan yang membawahi Cleo), mengaku puas dengan respons para peserta DMC Movie Maker 2019. Tak hanya itu, ia pun bilang jika masyarakat Kota Bandung sangat antusias dengan hadirnya festival film pendek di sana.

Maka itu, Belinda tak ingin berhenti membikin wadah guna menampung karya-karya pemuda Indonesia. “Dalam dua tahun ini, DMC sendiri sangat berkesan. Jadi, untuk DMC 2020, kami akan mengeluarkan ide spektakuler lagi dalam bentuk dan wadah berbeda,” ujar Belinda.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya