Cara Maudy Ayunda Bagi Waktu dan Tetap Produktif Berkarya

Maudy: seorang aktris, musisi, dan mahasiswa yang sibuk

Bandung, IDN Times – Betapa sibuknya Maudy Ayunda. Wanita kelahiran 19 Desember 1994 ini merupakan aktris, musisi, dan seorang mahasiswa magister di Universitas Stanford, Amerika Serikat. Maudy memang tak pernah mengeluh dengan semua kesibukannya itu, tapi, bagaimana ia dapat mengatur jadwalnya?

Pertanyaan tersebut yang dilontarkan IDN Times ketika diberi kesempatan wawancara empat mata bersama Maudy Ayunda. “Kalau ditanya seperti itu, bingung juga sih, karena memang aku lagi sibuk sekali. Aku minggu depan berangkat (ke AS) untuk sekolah, jadi banyak kerjaan yang harusnya dibagi sampai akhir tahun malah ditumpuk sebelum berangkat sekolah,” kata Maudy, di Cihampelas Walk, Kota Bandung, Sabtu (31/8).

1. Pintar memilih waktu

Cara Maudy Ayunda Bagi Waktu dan Tetap Produktif BerkaryaIDN Times/Galih Persiana

Namun, Maudy selalu punya cara untuk mengatur dengan rapi aktivitasnya. Setiap bulannya, ia selalu menempatkan beberapa agenda prioritas dan mengesampingkan kegiatan lainnya—meski pada akhirnya agenda bertemu teman-teman mesti ditinggalkan, kata Maudy.

“Jadi misalnya, pada saat fokusnya ingin persiapan S2, waktu kerjaan (di dunia film dan musik) aku kurangi. Jadi pintar-pintar memilih waktu saja,” ujarnya.

2. Ketika sibuk oleh Ainun

Cara Maudy Ayunda Bagi Waktu dan Tetap Produktif Berkaryaberbagai sumber

Hal yang sama ketika Maudy mesti fokus di dunia perfilman, seperti waktu ia syuting film Habibie & Ainun 3 yang akan dirilis Desember 2019. Ketika itu, Maudy yang memerankan Ainun (tokoh utama) dalam film, benar-benar hanya mengikuti agenda syuting dan mengesampingkan agenda-agenda lainnya.

“Enggak ada kerjaan lain selain syuting, pokoknya,” tutur Maudy.

3. Mengatur agenda per bulan

Cara Maudy Ayunda Bagi Waktu dan Tetap Produktif BerkaryaIDN Times/Galih Persiana

Maudy menjelaskan, ia merupakan sosok yang selalu memilih kesibukannya tiap bulan. Walhasil, jangan heran kalau saban bulan fokus Maudy bisa berubah-ubah. “Kadang-kadang aku sebulan lebih untuk akademis, kadang-kadang sebulan lebih ke film dan enggak ada yang ganggu, atau kadang-kadang juga buat album (musik),” katanya.

Bagi Maudy itulah cara membagi waktu yang pas buat dirinya dan kesibukannya. Kalau cara itu tidak pas, mana mungkin ia bisa tetap membikin lagu, melakoni film, dan tetap sekolah di kampus ternama.

“Karena menurut saya membagi waktu itu enggak bisa dalam sehari ngerjain lima hal. Tapi bisa dalam setahun kita kerjain lima project. Dan itu ternyata lebih efektif,” katanya.

4. Menjadi juri festival film

Cara Maudy Ayunda Bagi Waktu dan Tetap Produktif BerkaryaIDN Times/Galih Persiana

IDN Times menemui Maudy Ayunda ketika ia sedang menjadi juri dari Duta Muda Cleo (DMC) Movie Maker 2019, festival film pendek yang digelar Cleo. Dengan menjadi juri di festival film itu, kata Maudy, secara tidak langsung ia mendukung anak muda kreatif Indonesia untuk mendapat kepercayaan diri akan karyanya.

DMC Movie Maker 2019 memang merupakan sebuah wadah bagi film-film pendek Indonesia untuk bersaing satu sama lain memperebutkan sepuluh gelar, mulai dari best poster sampai best director.

“Dari pengalamanku, motivasi aku dalam berkarya salah satunya adalah ketika karyaku bisa dilihat sama orang, diapresiasi banyak orang. Dan DMC ini salah satu wadah untuk tujuan itu,” ujar dia.

5. Temukan jati diri sebagai seniman

Cara Maudy Ayunda Bagi Waktu dan Tetap Produktif BerkaryaIDN Times/Galih Persiana

Maudy melanjutkan, proses untuk memiliki jati diri seorang seniman, tidak ditempuh dengan mudah. Namun, ketika jati diri tersebut berhasil diperoleh, seorang seniman dapat mengeksplorasi berbagai hal lewat karyanya.

Dengan hadirnya DMC Movie Maker 2019, ia berharap para peserta dapat menemukan jati dirinya sebagai seorang sineas. “DMC ini juga adalah cara agar karya-karya perfilman anak Indonesia, yang menjaga keunikan dan seni di Indonesia, tetap eksis meski banyak influence dari Korea Selatan dan negara-negara film lainnya,” kata Maudy.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya