Begini Kronologi Singkat Kecelakaan Maut di Tol Cipularang 

Ada dua truk menjadi penyebab utama kecelakaan maut

Bandung, IDN Times – Brigadir Jenderal Pujiyono Dulrachman, Direktur Penegakan Hukum Korps Lalu Lintas, menjelaskan secara singkat terkait kronologi kecalakaan maut yang melibatkan 15 mobil sekaligus menyebabkan delapan orang meninggal dunia di Tol Cipularan KM 91.

Menurut Pujiyono, kecelakaan terjadi sekitar pukul 12.30 WIB dan diawali oleh sebuah dump truk yang terguling di jalur kanan Tol Cipularang arah Jakarta. Karena terguling, maka ada sejumlah kendaraan yang berhenti untuk memberi waktu pada petugas tol untuk mengevakuasi truk itu.

“Kemudian, pas mau dievakuasi, lima kendaraan yang sedang mengantre ditabrakn sebuah truk lain dari arah belakang. Truk itu bermuatan tanah yang hilang kendali karena rem blong dan menabarkan evakuasi itu,” kata Pujiyono, saat dihubungi, Senin (2/9).

Tak berhenti di sana, di belakang dum truk dengan rem blong tersebut ada sekitar 15 kendaraan lain yang juga tak bisa menghindari truk itu. “Jadi tabrakan pada akhirnya beruntun,” ujarnya.

Sejauh ini, tujuh korban meninggal ada di RS Thamrin (Purwakarta), satu korban meninggal dunia lainnya berada di RS Siloam (Purwakarta).  Dari tujuh korban meninggal dunia yang berada di RS Thamrin, empat di antaranya meregang nyawa karena terbakar. Tiga sisanya meninggal karena luka-luka.

Sementara itu, kecelakaan tersebut membuat lalu lintas Tol Cipularang arah Jakarta lumpuh sementara. Polisi dikabarkan mengalihkan alur lalu lintas dengan mengarahkan pengendara untuk keluar di Gerbang Tol Cikamuning.

Baca Juga: Polda Jabar Kantongi Identitas Supir Penyebab Kecelakaan di Cipularang

Baca Juga: Polisi Pakai Metode TAA Ungkap Penyebab Kecelakaan Tol Cipularang

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya