Baru Dua Hari, Polisi Tangani 21 Ribu Pelanggar Lalu Lintas di Jabar

Kebanyakan pelanggar menggunakan sepeda motor

Bandung, IDN Times – Direktorat Lalu Lintas Polisi Daerah Jawa Barat mencatat adanya 21.426 pelanggaran di Jawa Barat dalam Operasi Zebra Lodaya 2019 yang digelar sejak dua hari lalu. Ajun Komisaris Besar Polisi Asep Pujiono, Kepala Bidang Operasi Polda Jabar, mengatakan bahwa tidak seluruh pelanggar diberi surat tilang.

1. Pelanggar terbanyak merupakan roda dua

Baru Dua Hari, Polisi Tangani 21 Ribu Pelanggar Lalu Lintas di JabarSat Lantas Polres Balikpapan

“Yang kami tindak kurang lebih sebanyak 16.204 perkara. Sisanya kami hanya berikan teguran,” ujar dia, saat dihubungi melalui telepon pada Jumat (25/10).

Dari jumlah tersebt, 7.759 pelanggar lalu lintas menggunakan kendaraan roda dua. Sisanya, 618 orang menggunakan roda empat, 33 pelanggar bus, 459 angkutan logistic, dan sembilan kendaraan lainnya merupakan kendaraan khusus.

2. Enam kecelakaan lalu lintas

Baru Dua Hari, Polisi Tangani 21 Ribu Pelanggar Lalu Lintas di JabarANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

Catatan lain dalam Operasi Zebra Lodaya 2019 yang digelar selama dua hari ke belakang, ialah adanya kecelakaan lalu lintas. Asep mengatakan terdapat enam kecelakaan lalu litnas yang menelan 17 korban (Empat orang meninggal dunia, dua luka berat, sebelas luka ringan).

3. Terjadi peningkatan signifikan

Baru Dua Hari, Polisi Tangani 21 Ribu Pelanggar Lalu Lintas di JabarIDN Times/Abdurrahman

Jika dibandingkan dengan data operasi yang sama tahun 2018, Polda Jabar menyimpulkan adanya peningkatan pelanggaran lalu lintas yang cukup signifikan. Pada 2018, kata Asep, operasi hanya menghasilkan 10.095 pelanggaran lalu lintas.

“Jadi kenaikannya sekitat 16 persen dibandingkan tahun lalu,” tutur dia.

4. Kecelakaan juga alami peningkatan

Baru Dua Hari, Polisi Tangani 21 Ribu Pelanggar Lalu Lintas di JabarJasa Marga

Jumlah kecelakaan dalam kurun waktu yang sama pada 2018, lanjut dia, juga mengalami peningkatan meski di angka yang tidak signifikan. Asep mengatakan, hanya ada dua kecelakaan lalu lintas yang tercatat tahun lalu.

Baca Juga: Ayo, Tertib Lalu Lintas! Polda Jabar Gelar Operasi Zebra Lodaya 2019

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya