Bakal Seru, Royale Krakatau Gelar Kompetisi untuk Barista

Permintaan akan kopi semakin tinggi tiap tahunnya

Bandung, IDN Times – Profesi barista semakin hari semakin digemari masyarakat. Jangan heran, hal tersebut terjadi lantaran tingginya permintaan masyarakat terhadap ketersediaan kopi lewat coffee shop di sekitar mereka.

Fenomena tersebut direspons oleh The Royale Krakatau Hotel, yang merupakan salah satu unit bisnis dibawah PT.Krakatau Sarana Properti (KSP). Setelah sukses menggelar berbagai rangkaian acara pada bulan Ramadan lalu, mereka kembali membuat program menarik lainnya.

Di bulan Mei ini, rencananya akan digelar semacam pentas "idol" ajang pencarian barista kopi terbaik yang dinamakan Event Latte Art Competition, pada 21 Mei 2023 di The Surosowan, Cilegon.

1. Diyakini sedot perhatian pengunjung

Bakal Seru, Royale Krakatau Gelar Kompetisi untuk BaristaBakal Seru, Royale Krakatau Gelar Kompetisi untuk Barista (IDN Times/istimewa)

Rury Ilham, General Manager (GM) The Royale Krakatau mengatakan, adanya acara pencarian bakat untuk peracik kopi ini bertujuan untuk melestarikan budaya kopi Indonesia yang memang sudah dikenal luas baik didalam maupun luar negeri.

Selain itu event dengan total hadiah sebesar Rp6 juta ini, nantinya akan turut membantu untuk memunculkan para talenta barista baru di Kota Cilegon.

"Acara ini adalah salah satu kegiatan promosi kami di bulan Mei berdampingan dengan kegiatan lainnya, misalnya ngesenja bareng at The Suro Pizza (buy 1 get 1 free). Lalu ada program promo Honeymoon Package Hotel (1.800.000/room/night), happy hour weekends discount 30 persen (beverage). Tapi yang menarik dan kami yakini akan menyedot banyak perhatian adalah Event Latte Art Competition,” tutur Rury.

Menurut data, lanjut dia, Indonesia merupakan peringkat ketiga dunia penghasil kopi dunia dengan rata-rata produksi kurang lebih mencapai hingga 11 atau 12 juta karung (data tahun 2020).

Tak hanya itu, kopi Indonesia memiliki jenis yang bervariatif dengan kearifan lokal dari berbagai daerah seperti kopi Aceh, Sumatera, Jawa, Kintamani,Toraja, Flores, Papua serta kopi Luwak yang aroma dan citra rasanya sangat pas di lidah orang Indonesia.

“Kami juga ingin menjaga dan melestarikan budaya orang Indonesia yang sangat gemar minum kopi," ujar Rury Ilham dalam keterangan tertulis, Jumat (5/5/2023).

2. Siapa saja juri yang terlibat?

Bakal Seru, Royale Krakatau Gelar Kompetisi untuk BaristaBakal Seru, Royale Krakatau Gelar Kompetisi untuk Barista (IDN Times/istimewa)

Rury melanjutkan, rangkaian kegiatan ini digelar sekaligus untuk mengenalkan kopi varian terbaru dari Surosowan yakni Kopibrasi (butterscotch, vanilla, pandan, banana dan almond coffee).

Rencananya event Latte Art Competition nanti akan diikuti oleh para pecinta kopi maupun para yang ada di Kota Cilegon maupun sekitarnya.

Adapun para juri yang terlibat merupakan orang-orang profesional di bidangnya, yakni Kevin Rudolf, Head Bar The Royale Krakatau (latte artist, 2nd Festival Kopi Banten); dan juga dua juri lainnya yakni, Ruddy serta Nico (Trainer PT Cafein Solution Indonesia).

"Agenda ini merupakan event tahunan di The Surosowan, sekaligus jadi ajang silaturahmi para penggiat kopi, maupun penikmat kopi khususnya di Kota Cilegon maupun Banten," kata Kevin Rudolf.

3. Barista adalah profesi yang membanggakan

Bakal Seru, Royale Krakatau Gelar Kompetisi untuk Baristailustrasi barista (pixabay.com/20926038)

Kevin berpesan pada calon barista agar selalu intens berlatih untuk menjadi peracik kopi yang andal. Selain dibutuhkan pengalaman yang sangat luas, menjadi barista pun skill dan seni di dalamnya.

Menurut Kevin, seorang barista adalah profesi yang sangat membanggakan karena kelak mereka bisa membangun usaha sendiri ataupun bisa bekerja di tempat kafe, restoran besar bahkan internasional, termasuk juga bisa menjadi trainer sekaligus mentor bagi para pemula yang ingin menekuni profesi barista.

Baca Juga: 8 Potret Terkini Kim Saeron Jadi Barista Usai Terseret Kasus DUI

Baca Juga: Pelatihan dan Ujian Standar SCA Barista Digelar Pertama Kali di Medan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya