Aher dan Bos Lippo Pernah Bahas Meikarta di Pernikahan Anak Jokowi

Aher minta James mengikuti prosedur

Bandung, IDN Times - Hari ini, Rabu (20/3), Ahmad Heryawan dicecar berbagai pertanyaan soal izin pembangunan proyek Meikarta pada 2017 silam, waktu ia masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat. Aher, sapaan akrabnya, memang menjadi salah satu saksi yang dihadirkan dengan terdakwa jajaran pejabat Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam perkara kasus suap Meikarta.

Salah satu pertanyaan yang dilayangkan majelis hakim pada Aher ialah sejauh mana kedekatannya dengan James Riyadi, bos besar Lippo Group. Aher mengaku pernah bertemu James secara tak sengaja di pesta pernikahan putra Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kahiyang Ayu pada 8 November 2017.

1.Aher Tahu James sebagai bos Lippo

Aher dan Bos Lippo Pernah Bahas Meikarta di Pernikahan Anak JokowiIDN Times/Galih Persiana

"Saya tahu James, dia pimpinan Lippo. Pernah bertemu James, di pernikahan putra pak presiden," kata Aher, kepada hakim di Pengadilan Negeri Bandung, Jalan LLRE Martadinata Kota Bandung, Rabu (20/3).

Dalam pertemuan itu, Aher mengaku jika ia dan James sempat berbincang terkait proyek Meikarta yang tengah diberhentikan karena belum mengantongi rekomendasi gubernur. Namun, ia menekankan bahwa obrolan tersebut tak berlangsung lama.

2. Apa isi pembicaraan dengan James?

Aher dan Bos Lippo Pernah Bahas Meikarta di Pernikahan Anak JokowiIDN Times/Galih Persiana

"Saya sampaikan (pada James), silakan urus izin sesuai aturan dan prosedur yang ada," ujar Aher.

James, yang sempat didatangkan ke persidangan pada Februari 2019, mengatakan bahwa ia tak begitu mengetahui proyek Meikarta. Ia hanya memahami jika Meikarta adalah proyek ambisius Lippo.

3. James mengunjungi rumah bupati

Aher dan Bos Lippo Pernah Bahas Meikarta di Pernikahan Anak JokowiIDN Times/Galih Persiana

Salah satu perkembangan proyek Meikarta yang mendapat perhatian khusus dari James, ialah kala ia mengunjungi rumah bekas Bupati Bekasi, Neneng Hassanah Yasin pada Januari 2018.

Menurut James, keikutsertaan dirinya dalam kunjungan ke rumah bupati tak lain hanya karena kebetulan. Pada Januari 2018, ia mengunjungi Meikarta dan bertemu dengan Toto di kantor penjualan Meikarta.
 
“Sore hari saya ingin ke Meikarta, melihat perkembangan di sana. Karena beberapa teman membeli aset di sana. Meikarta ini fenomenal, makanya saya ingin ke sana,” ujar James.  Di sana, James disambut oleh Toto. “Mungkin karena pak Toto menghargai saya,” tutur dia.
 
Baru sebentar mengobrol, Toto kemudian meminta izin pada James untuk pergi karena hendak mengunjungi rumah bupati. “Dia bilang bupati baru melahirkan. Lalu saya tanya, loh bupatinya itu wanita? Itu pertama kali saya tahu bahwa bupati Bekasi adalah wanita,” kata James, menekankan bahwa tujuan kunjungan tak lain memberi selamat atas kelahiran anak bupati.
 
Awalnya ia menolak ajakan tersebut, tapi lama kelamaan ia menyetujuinya juga. Dia pun tak tahu bahwa Billy akan mengikuti pertemuan itu.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya