Comscore Tracker

2 Anak Dianiaya Oknum Aparat saat May Day, LBH Bandung Lapor ke KPAI

Dari 619 orang yang ditangkap, 293 di antaranya anak-anak

Jakarta, IDN Times - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menerima laporan dugaan penganiayaan terhadap dua anak saat peringatan Hari Buruh, Rabu (1/5) lalu di Bandung, Jawa Barat.

"LBH Bandung dan YLBHI telah mendatangi KPAI dan melaporkan penganiayaan yang dilakukan oknum aparat dan ormas terhadap dua anak saat May Day kemarin," ujar Komisioner KPAI Retno Listyarti dalam keterangan tertulis, Kamis (9/5).

1. Dua korban hanya ikut-ikutan

2 Anak Dianiaya Oknum Aparat saat May Day, LBH Bandung Lapor ke KPAIIDN Times/ Dini Suciatiningrum

Retno menceritakan awalnya dua anak berusia 15 tahun dan 17 tahun tersebut mengikuti aksi May Day karena ajakan dari media sosial.

"Jadi dua anak tersebut hanya ikut-ikutan karena beberapa teman bermain nya juga ikut. Mereka tidak tahu rundown acara, hanya sekadar ikut untuk memenuhi rasa ingin tahu sebagai remaja," papar Retno.

Kedua anak tersebut, kata Retno, juga tidak membawa senjata tajam saat aksi. "Mereka hanya diminta menggunakan kaus berwarna hitam dan tidak melakukan aksi vandal," kata dia.

Baca Juga: Polisi Tangkap Tiga Terduga Pelaku Kericuhan May Day Bandung

2. Dua anak dipukuli hingga berdarah

2 Anak Dianiaya Oknum Aparat saat May Day, LBH Bandung Lapor ke KPAIIDN Times/Imam Rosidin

Retno menyebutkan menurut laporan dari LBH Bandung, kedua anak tersebut mengalami kekerasan oleh oknum aparat dan anggota ormas.

"Kedua anak tersebut dipukul menggunakan besi, paralon, dan batang kayu, bahkan salah satu korban sampai hidungnya berdarah," ujar dia.

Tidak hanya tindak kekerasan, mereka juga dipermalukan dengan cara ditelanjangi, digunduli, dan disuruh berguling-guling di aspal.

3. Kedua korban trauma setelah dianiaya

2 Anak Dianiaya Oknum Aparat saat May Day, LBH Bandung Lapor ke KPAIANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Retno mengungkapkan kedua korban kini trauma dan mengalami ketakutan usai dibebaskan aparat. Terlebih, korban juga mendapat bully di sekolah karena gencarnya pemberitaan di media massa dan sosial.

"Kedua korban saat ini masih dalam keadaan lebam dan mengalami trauma psikologis, sehingga perlu segera diberi bantuan rehabilitasi psikologis dan medis," ungkap dia.

4. KPAI akan menemui kedua korban

2 Anak Dianiaya Oknum Aparat saat May Day, LBH Bandung Lapor ke KPAIIDN Times/ Dini suciatiningrum

Berdasarkan laporan tersebut, KPAI akan mendalami dan menemui kedua korban untuk menggali kasus tersebut. Dari data yang dirilis kepolisian, dari 619 orang yang ditangkap, 293 di antaranya anak di bawah umur dan sudah dikembalikan ke orangtuanya.

"Namun, hak-hak anak-anak tersebut yakni rehabilitasi psikis dan medis harus diberikan oleh lembaga-lembaga layanan Pemkot Bandung. Untuk itu kami akan bersurat kepada Wali Kota Bandung," kata dia.

Baca Juga: [LINIMASA] Gemuruh Jakarta di Hari Buruh

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya