Yuk Datang ke Pagelaran Pekan Kerajinan di Gedung Sate Akhir Pekan Ini

Banyak produk kreatif dari 27 daerah yang bisa dibeli

Bandung, IDN Times - Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jawa Barat dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat bakal menggelar Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2019. Acara ini akan diselenggarakan pada Jumat (25/10) sampai Minggu (27/10), di kawasan Gedung Sate di Jalan Diponegoro, Cilamaya, Majapahit, dan Sentot Alibasa. Gelaran tersebut merupakan kali ke-13 yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali.

Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya Kamil menuturkan, PKJB 2019 yang bertitel West Java Crafashtival berbeda dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya. Pelaksanaan tidak diselenggarakan di dalam Gedung melainkan di area terbuka. "Dilaksanakan di outdoor supaya syiarnya terasa, " kata Atalia pada Jabar Punya Informasi (Japri) di Lobby Museum Gedung Sate, Selasa (22/10).

1. Seluruh daerah akan dilibatkan untuk menampilkan produk

Yuk Datang ke Pagelaran Pekan Kerajinan di Gedung Sate Akhir Pekan IniFoto hanya ilustrasi. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Dalam penyelenggaraan ini juga akan penampilan produk dari 27 kota/kabupaten. Nantinya setiap perwakilan daerah akan melakukan semacam karnaval produk unggulan. Misalnya, menampilkan batik, batu ali, bordir, kelom geulis, hingga payung geulis.

"Selama ini kalau gelaran biasanya tidak spesifik mewajibkan peserta pake produk sendiri. Nanti ada de-ville, masing-masing nunjukin keunggulan mereka di depan gubernur, " kata dia.

2. Bakal ada presentasi tentang produk batik se-Jabar

Yuk Datang ke Pagelaran Pekan Kerajinan di Gedung Sate Akhir Pekan IniIDN Times/Istimewa

Hal yang lain, dalam acara ini akan ada kompetisi SKPD yang jumlahnya sekitar 50 SKPD. Mereka nantinya terlibat dalam pertunjukan batik Jabar, guna merepresentasikan batik di Jabar yang jumlahnya cukup banyak.

"Ini penting bahwa agar kita tahu Kota kabupaten punya motif batik masing-masing. Ini kebanggaan," kata dia.

Selain itu akan ditampilkan ikon alat pembuat pola batik. Satu-satunya dari Bekasi, akan diangkat, pembuatan batik yang tersulit buat pola bukan canting. Kuliner pun, kata Atalia, akan ditampilkan karena Jabar punya potensi kuliner yang melimpah juga.

"Harapan festival ini harus munculkan yang berbeda, banyak yang terangkul terpromosikan dan networking lebih luas, " kata dia.

Dia menambahkan, pada PKJB akan dimeriahkan oleh penampilan Seniman nasional asal Jabar seperti Gass dan Cangcuters, ISBI, Pakuan band, dan Sakatalu.

3. Berencana lakukan pemecahan rekor

Yuk Datang ke Pagelaran Pekan Kerajinan di Gedung Sate Akhir Pekan IniDok.IDN Times/Istimewa

Arif Muchamad Fazar, Kepala Bidang Industri AKTA Disperindag Jabar mengatakan, PKJB diikuti UKM/IKM yang antusias memperlihatkan produk mereka. Ini juga menjadi ajang pembuktian keberhasilan masing-masing daerah.

"Dekranasda sudah sering munculkan produk unggulan. Melalui PKJB akan ditampilkan seluruhnya, "kata dia.

Sementara itu, Ketua Panitia acara Irfan menuturkan, kegiatan PKJB akan terintegrasi dengan acara informal dan terintegrasi dengan gelar produk dinas KUKM.

"Ada 300 karya di display sayap kiri Gedung Sate pada Sabtu dan Minggu, " Kata dia.

Selain itu akan ada pemecahan rekor Doodle Paper pidato sebanyak 2019 lembar, kerja sama dengan politeknik tekstil. Selain itu akan ada pelepasan 740 ekor merpati pos dalam rangka Ultah Jabar ke-74.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya