Yana Mulyana Lantik Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat, Apa Kerjanya?

Kewaspadaan dan ketertiban di Bandung jadi perhatian serius

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung Yana Mulyana melantik Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) masa bakti 2020-2025. Forum ini merupakan wadah bagi masyarakat yang terbentuk dalam menjaga dan memelihara kewaspadaan dini.

Lantas apa sebenarnya kerja dari forum ini?

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung, Bambang Sukardi mengatakan, FKDM dibentuk sesuai amanat peraturan menteri dalam negeri Republik Indonesia nomor 46 tahun 2019 tentang perubahan atas peraturan menteri salam negeri nomor 2 tahun 2018 tentang kewaspadaan dini daerah.

"FKDM sebagai organisasi sosial kemasyarakatan dengan harapan siapapun yang terlibat didalamnya harus dengan iklhas, kesadaran yang tinggi," ujarnya dalam pelantikan di Pendopo Kota Bandung, Jumat (22/4/2022).

1. Keamanan dan ketertiban jadi hal serius yang harus dibenahi

Yana Mulyana Lantik Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat, Apa Kerjanya?Ilustrasi Kriminalitas (IDN Times/Mardya Shakti)

Forum tersebut harus punya rasa solidaritas, solid dan kekompakan bagaimana berkoordinasi dengan baik di wilayah, seperti lurah camat dan sampai tingkat kota.

"Soal gangguan keamanan dan ketertiban, ini menjadi hal yang serius di Kota Bandung. Maka Pemkot Bandung terus menerus menggalakan program tentang pencegahan dan ketertiban dengan Forkopimda," tuturnya.

2. Masyarakat sudah sepatutnya berpartisipasi ciptakan rasa aman di Bandung

Yana Mulyana Lantik Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat, Apa Kerjanya?Ilustrasi pencurian (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, Yana Mulyana berharap masyarakat berpartisipasi menjaga dan memeliharaan situasi kondusif Kota Bandung. Pasalnya, pemerintah tidak akan bisa memantau seluruh hal yang berpotensi mengganggu situasi Kota Bandung.

"FKDM ini bisa menjadi mata telinga untuk memberikan informasi sekecil apapun potensi yang bisa berkembang di tengah masyarakat," katanya.

3. FKDM diharap bisa tampung aspirasi warga untuk pertimbangan di Pemkot Bandung

Yana Mulyana Lantik Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat, Apa Kerjanya?Polrestabes Bandung sita ribuan miras di Bandung (IDN Times/Galih Persiana)

Perlu diketahui, FKDM memiliki tugas pokok seperti, menjaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data serta informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan di Kota Bandung.

Yana berharap, FKDM mampu memberikan laporan informasi dan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan tim kewaspadaan dini Pemerintah Daerah di kota Bandung.

"Pemerintah tentu punya batasan, termasuk FKDM ini bisa menyampaikan potensi bencana konflik atau potensi lain berkembang di masyarakat. Sehingga ikhtiar ini bisa dijadikan Bandung sebagai kota yang kondusif," ujarnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya