Wistawan Jakarta Kucing-kucingan hindari Ganjil Genap di Tol Bandung

Skema ganjil genap jadi kurang efektif

Bandung, IDN Times - Polrestabes Kota Bandung kembali melakukan penyekatan untuk wisatawan dari luar daerah dengan skema ganjil-genap di akses pintu keluar tol. Penyekatan ini sudah dilakukan sejak Jumat (10/9/2021).

Sayangnya, kebijakan ini tidak memberikan dampak signifikan pada kepadatan mobilitas Kota Bandung dari wisatawan. Terlebih para wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi sudah tahu bagaimana lolos dari penyekatan tersebut.

Salah satunya dilakukan Opik, warga Jakarta yang berhasil masuk ke Bandung melewati penyekatan ini. Bersama keluarganya, Opik menggunakan mobil dengan plat nomor ganjil di bagian akhir. Dengan demikian, dia seharusnya tidak bisa masuk ke Kota Bandung lewat tol pada, Sabtu (11/10/2021).

Untuk tetap datang ke Bandung, Opik sengaja keluar akses tol Baros, Kota Cimahi. Dari situ dia menyisir jalanan pada malam hari dan berhasil singgah ke rumah saudara.

"Jadi saya tanya dulu masih ada gak ganjil genap. Karena masih ada ya sudah keluar tol di Cimahi, terus pakai jalan biasa sampai ke Bandung," ujar Opik, Minggu (12/9/2021).

1. Keluar tol yang dekat dengan Kota Bandung

Wistawan Jakarta Kucing-kucingan hindari Ganjil Genap di Tol BandungFoto hanya ilustrasi. Kendaraan yang membawa pekerja memasuki pintu gerbang tol Indrapuri di Aceh Besar, Aceh, Senin (6/7/2020) (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Hal senada dilakukan Aryo yang mengantarkan mertua ke Bandung. Plat kendaraan B dan tidak sesuai dengan tanggal di kalender membuat dia harus singgah di Cimahi dulu sebelum masuk ke Bandung.

Cara ini pun sudah sering dilakukannya ketika harus ke Bandung tapi ada penyekatan seperti ganjil genap. "Jadi memang mudahnya jangan keluar langsung di tol Bandung, tapi cari tol yang dekat dan tidak ada penyekatan." ujar Aryo.

2. Klaim ada penurunan mobilitas sampai 20%

Wistawan Jakarta Kucing-kucingan hindari Ganjil Genap di Tol BandungIDN Times/Aris Darussalam

Dua pekan terakhir, Pemkot Bandung dan Polrestabes sengaja melakukan penyekatan akses di sejumlah pintu tol. Ada lima akses yang menerapkan skema ganjil genap, yaitu:

Ganjil genap di gerbang tol Pasteur, Bandung

Ganjil genap di gerbang tol Pasirkoja, Bandung,

Ganjil genap di gerbang tol Kopo, Bandung

Ganjil genap di gerbang tol Buahbatu, Bandung

Ganjil genap di gerbang tol GT Moch Toha, Bandung

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, berdasarkan laporan dari Kapolrestabes Bandung kebijakan memang akan dilanjutkan sesuai dengan instruksi Kapolda Jabar.

"Dampak positifnya (ganjil genap) itu mengurangi mobilitas sampai 20 persen," ujar Oded dalam konferensi pers, Rabu (8/9/2021).

Berdasarkan data yang dihimpun Pemkot Bandung, pada 3-5 September 2021 dengan hasil mengurangi mobilitas kota Bandung di Pintu Tol Paster 4,1%,, Pintu Tol Pasir Koja 2,1%, Pintu Tol Kopo 3%, Pintu Tol Moh Toha 3,5%, dan Pintu Tol Buah Batu 5,5%.

3. Sejumlah tempat wisata di Bandung mulai dibuka

Wistawan Jakarta Kucing-kucingan hindari Ganjil Genap di Tol BandungIDN Times/Galih Persiana

Pemerintah Kota Bandung segera membuka sejumlah tempat wisata seiring penurunan kasus penyebaran virus corona (COVID-19). Tiga tempat bakal dijadikan percontohan pembukaan tempat wisata, yaitu kebun binatang, Trans Studio Mall, Kiara Arta Park, dan Saung Udjo

Sementara untuk tempat hiburan lainnya seperti diskotik, bar, dan tempat lain khususnya yang biasa buka pada malam hari belum bisa beroperasi.

Selain itu, berdasarkan permintaan pemilik hotel dan gedung serba guna, Pemkot Bandung mempersilakan acara Meeting, Incentive, Conference dan Exhibition (MICE). Karena berada di dalam ruangan maka protokol kesehatan kegiatan harus lebih ketat.

"Pernikahan boleh, resepsi juga tapi hanya 20 undangan. Diatur," ujar Oded.

Dia berharap dengan adanya relaksasi ini perekonomian bisa kembali normal. Selain itu, penurunan kasus tetap dijaga agar tidak kembali melonjak dengan adanya pelonggaran kebijakan.

Baca Juga: Ganjil Genap Bakal Berlaku di Puncak Bogor hingga Cianjur

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya