Wishnutama Diharap Bisa Prioritaskan Pengajuan KEK Jabar

Kementrerian baru ini harus bisa memberi dampak positif

Bandung, IDN Times - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat (Jabar) berharap banyak kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama, agar bisa menyukseskan pengajuan kawasan ekonomi khusus (KEK). Terlebih Menteri Pariwisata sebelumnya, Arief Yahya, sudah berjanji mendorong pengembangan KEK Pangandaran dan Cikidang agar ditetapkan oleh Kemenko Perekonomian tahun ini.

Kadisparbud Jabar Dedi Taufik mengatakan, sejauh ini Pemprov Jabar sudah mengupayakan agar Pangandaran dan Cikidang bisa masuk dalam daftar 10 Bali baru. Sayang keinginan tersebut gagal dan kedua daerah ini tidak menjadi prioritas utama pemerintah dalam pengembangan destinasi wisata baru di Indonesia.

"Kami butuh dukungan strategi penguatan infrastruktur dan investasi,” ujar Dedi, Jumat (25/10).

1. Jabar punya banyak destinasi wisata yang bisa dikembangkan

Wishnutama Diharap Bisa Prioritaskan Pengajuan KEK JabarInstagram.com/hardfij

Dedi menuturkan, Jabar merupakan daerah yang memiliki potensi wisata cukup besar. Provinsi ini setidaknya memiliki 1.924 destinasi wisata mulai dari alam hingga tempat yang dibuat semenarik mungkin bagi wisatawan.

Dengan potensi ini, Dedi berharap pernyataan Menpar baru untuk menggenjot devisa melalui sektor wisata bisa terealisasi termasuk di Provinsi Jabar. "Kami pasti akan mendukung setiap langkah dari kementerian pariwisata," papar Dedi.

2. Ratusan event pun sudah siap diselenggarakan

Wishnutama Diharap Bisa Prioritaskan Pengajuan KEK Jabarmusikogteater.dk

Jabar sendiri, lanjut Dedi, dipastikan akan mendukung program-program baru yang disiapkan Wishnutama dan Kementerian Pariwisata. Termasuk dalam menyelenggarakan acara yang menarik wisatawan, Pemprov Jabar sudah memiliki ratusan agenda pariwisata yang disusun bersama 27 kabupaten/kota.

“Kami harap kerja sama daerah dan pusat yang sudah dibangun selama ini ada komitmen dari menteri baru untuk dilanjutkan kembali,” papar Dedi.

3. Kementerian baru ini diluar prediksi para pakar

Wishnutama Diharap Bisa Prioritaskan Pengajuan KEK JabarIDN Times / Auriga Agustina

Pemilihan Wishnutama sebagai seorang menteri cukup mengagetkan. Tak seperti dugaan para pakar sebelumnya yang memprediksi dibentuknya Kementerian Ekonomi Digital dan Ekonomi Kreatif, pemerintah melebur ekonomi kreatif dengan Kementerian Pariwisata.

Ekonom Institute For Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira Adhinegara mengatakan, pemerintah harus serius mengolah kementerian baru tersebut. Bhima memprediksi, target ekonomi digital pemerintah dapat terealisasi. 

"Ke depan kalau serius dan fokus, saya kira ramalan potensi nilai ekonomi digital Indonesia menembus 100 miliar dolar AS pada 2025 bisa terwujud," jelasnya.

4. Diyakini dapat membawa dampak positif

Wishnutama Diharap Bisa Prioritaskan Pengajuan KEK JabarInstagram/wishnutama

Bhima menilai, adanya Kementerian Ekonomi Digital dan Ekonomi Kreatif akan memberikan dampak yang cukup positif. Sebab, pemerintah akan lebih fokus utamanya terhadap perusahaan-perusahaan rintisan.

"Thailand sudah lebih dulu membuat ministry of digital economy tahun 2016, menyatukan beberapa lembaga yang mengurus ekonomi digital sehingga lebih fokus," tuturnya.

Baca Juga: Gaya Kasual Menparekraf Wishnutama yang Millennial Banget

Baca Juga: 5 Destinasi di Pangandaran Ini Bisa Kamu Nikmati dalam Waktu Sehari

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya