Waspada Virus Corona, Bandara Husein Bandung Perketat Pengawasan

Dokter jaga dan ambulance dipersiapkan selama jam kerja

Bandung, IDN Times - Kasus penyebaran virus corona atau Covid-19, sudah masuk ke Indonesia. Pemerintah telah mengumumkan kasus pertama virus corona yang menginfeksi dua Warga Negara Indonesia (WNI), Senin(2/3).

Untuk melakukan pencegahan penyebaran virus corona, pengawasan sejumlah instansi semakin diperketat. Termasuk, pengawasan yang dilakukan di Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

General Manager Bandara Husein Sastranegara, PT Angkasa Pura II, Andika Nuryaman memastikan, sudah menyiapkan berbagai fasilitas untuk mengantisipasi penyebaran virus corona dari wisatawan mancanegara.

Saat ini, banyak wisatawan asing yang datang dan pergi dari Bandara Husein Sastranegara khususnya dari Singapura dan Malaysia yang sudah ada warga negaranya terjangkit virus corona (covid-19).

"Kita sudah menyiapkan ada thermoscaner untuk antisipasi ketika ada penumpang yang terdeteksi kalau suhu tubuh mereka di atas 38,5 derajat celsius," ujar Andika ketika dihubungi, Senin (3/2).

Ketika ada wisatawan yang suhu tubuhnya berada di atas angka tersebut, maka yang bersangkutan akan langsung dimasukkan ke ruang isolasi untuk dilakukan pengecekan badan secara detail.

1. Dokter dan mobil ambulance sudah dipersiapkan selama jam operasional

Waspada Virus Corona, Bandara Husein Bandung Perketat PengawasanIlustrasi penanganan korban virus corona di RSUD Dr Moewardi, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Andika mengatakan, untuk mengantisipasi ketika ada wisatawan yang diduga terpapar virus corona, pihaknya telah menyediakan dokter jaga dan mobil ambulance selama jam operasional Bandara Husein. Dengan demikian, saat ada pasien yang harus dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan bisa dilakukan dengan cepat.

"Nanti (wisatawan) kalau dari ruang isolasi memang diduga terpapar langsung dibawa ke ruang khusus di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS). Dia juga masuk ke RSHS lewat pintu khusus jadi tidak kontak dengan pasien atau pengunjung di rumah sakit," papar Andika.

2. Petugas di bandara pun gunakan alat khusus saat bertugas

Waspada Virus Corona, Bandara Husein Bandung Perketat PengawasanIlustrasi penanganan virus corona di RSUD Dr Moewardi, Solo. IDN Times/Larasati Rey

Untuk para petugas yang langsung berhubungan dengan wisatawan, Andika memastikan mereka menggunakan alat khusus seperti masker sebagai langkah antisipasi. Baik mereka yang bertugas di frontliner, bea cukai, avsec, dan beberapa petugas lainnya.

"Semua setiap bertugas sudah diwajibkan menggunakan masker, termasuk petugas imigrasi juga," ujarnya.

3. Jokowi juga umumkan langsung terkait dengan kasus ini

Waspada Virus Corona, Bandara Husein Bandung Perketat PengawasanPresiden Jokowi memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin 2 Maret 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan kasus pertama virus corona atau Covid-19 di Indonesia. Informasi itu disampaikan langsung Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin(2/3).

Jokowi menyampaikan, kasus tersebut diketahui pemerintah setelah adanya isu warga negara asing (WNA) Jepang yang positif terkena virus corona setelah berkunjung ke Indonesia.

"Begitu ada informasi bahwa orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana positif corona, tim dari Indonesia langsung telusuri," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan, tim dari Indonesia telah menelusuri jejak WNA tersebut. Ternyata, WNA Jepang itu positif terkena virus corona setelah menemui anaknya di Indonesia.

"Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun. Cek tim kita ternyata posisi yang sakit. Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona," ucap Jokowi.

Namun, Jokowi masih belum memberitahu di daerah mana lokasi warga yang positif corona itu.

Baca Juga: 2 WNI Positif Virus Corona, Warga Depok Takut Keluar Rumah

Baca Juga: 9 Cara Terhindar dari Virus Corona Saat Traveling dengan Pesawat

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya