Waspada, Pasca Lebaran Hujan Akan Terjadi Selama Sepekan di Jabar

Jaga kesehatan kalian pasca mudik yah

Bandung, IDN Times - Musim libur Lebaran sudah selesai. Mulai besok, Selasa (16/4/2025), masyarakat akan beraktivitas seperti biasa termasuk para pekerja.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat bisa waspada dalam beraktivitas khususnya di luar ruangan karena hujan diprediksi masih terjadi dalam sepekan ke depan.

1. Ini penyebab hujan masih terjadi

Waspada, Pasca Lebaran Hujan Akan Terjadi Selama Sepekan di Jabarilustrasi wanita pegang payu (pexels.com/Pixabay)

Mengutip informasi dari BMKG Jawa Barat Sabtu (14/4/2024), diprakirakan terdapat beberapa faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan awan dan atau terjadinya hujan di sebagian wilayah Jabar, di antaranya yakni suhu muka laut di sekitar perairan Indonesia relatif hangat.

Selain itu Gelombang Atmosfer tipe Equatorial Rossby diprakirakan kembali aktif di wilayah Jabar pada akhir pekan. Terdapat juga sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia sebelah barat Sumatra dan di sekitar Selat Karimata sebelah barat Kalimantan.

"Kondisi tersebut menyebabkan terbentuknya daerah belokan angin (shearline) di Laut Jawa sebelah utara Jawa Barat. Labilitas atmosfer secara umum sangat bervariasi yakni pada kategori labil ringan hingga kuat," mengutip siaran pers tersebut.

2. Hujan bisa disertai petir

Waspada, Pasca Lebaran Hujan Akan Terjadi Selama Sepekan di JabarIlustrasi kondisi cuaca buruk (unsplash.com/@noaa)

Berdasarkan prakiraan kondisi global, regional, lokal, model cuaca deterministik dan probabilistik, diprakirakan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah Jawa Barat.

BMKG pun memprediksi potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat hingga sangat lebat disertai kilat/petir dan angin kencang dapat terjadi pada skala lokal dan durasi singkat.

3. Arus balik sudah terjadi mulai kemarin

Waspada, Pasca Lebaran Hujan Akan Terjadi Selama Sepekan di JabarInin Nastain IDN Times Jabar/ Lalu lintas jalur A Cipali Minggu malam padat

Puncak arus balik diprediksi terjadi pada Minggu (14/4/2024), hari ini. Sejumlah langkah dilakukan manajemen Astra Infra, dalam menyambut puncak arus balik yang diperkirakan berlangsung hingga Senin (15/4/2024). 

Penerapan disko tarif tol, adalah salah satu cara dilakukan Astra Infra untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan di tiga ruas Tol. Selain itu, rekayasa lalu lintas juga dipersiapkan untuk mengurai volume kendaraan.

"Berdasarkan informasi dari Korlantas Polri, puncak arus balik akan jatuh pada tanggal 14-15 April," kata kata Ketua Gugus Tugas Lebaran Astra Infra Group Rinaldi.

Pada arus mudik kemarin, pihak Astra Infra mengeluarkan kebijakan diskon tarif tol. Kebijakan itu diberikan untuk mengantisipasi adanya kepadatan lalu lintas saat puncak arus mudik pada 6 April. Hal serupa kembali diberlakukan manajemen Tol.

Pada arus mudik kemarin, diskon tarif tol diberlakukan sebelum terjadinya puncak arus mudik yakni 3-5 April. Pada arus balik ini, manajemen Astra Infra memberlakukannya secara terbalik.

Diskon tarif tol akan diberikan setelah prediksi arus balik yakni 17 April. Kebijakan itu akan berlangsung selama 3 hari dari 17-19 April.

"Astra Infra nfra menyiapkan diskon tarif tol sebesar 20 persen pada 17 April pukul 05:00 sampai dengan 19 April pukul 05:00 WIB di tiga ruas tol Astra Infra yaitu Tangerang–Merak, Cikopo–Palimanan, dan Jombang–Mojokerto," jelas Rinaldi.

Baca Juga: Cek Areamu! 6 Serangga Ini Sering Masuk Rumah saat Musim Hujan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya