Waspada! Hingga 7 Januari Cuaca Ekstrem Masih Mengintai Jabar

Berhati-hati saat kalian berada di daerah rawan bencana

Bandung, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem masih mengintai sejumlah daerah di Indonesia. Salah satu yang mungkin terdampak anomali cuaca ini adalah Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Berdasarkan data BMKG per Jumat (3/1), ada potensi hujan yang dapat disertai kilat petir hingga sore hari di wilayah Bogor Selatan, Cianjur, Karawang, Bekasi, Purwakarta, Bandung Utara, Subang, Kuningan, Sumedang, Cirebon, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, dan Banjar.

Sedangkan daerah lain di Jabar seperti Bekasi, Cianjur, Cikarang, Garut, dan Cirebon kemungkinan intensitas hujannya masih ringan. Ada juga hujan lokal yang diprediksi mengguyur Purwakarta.

1. Potensi cuaca ekstrem dikarenakan fenomena atmosefer

Waspada! Hingga 7 Januari Cuaca Ekstrem Masih Mengintai JabarHujan mengguyur Kota Makassar, Kamis (2/1) / Sahrul Ramadan

Sementara itu, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R Prabowo menuturkan, pihaknya memantau masih terdapat indikasi peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan.

Kondisi tersebut dipicu oleh adanya fenomena atmosfer skala regional hingga lokal, yaitu: aktifnya Monsun Asia yang menyebabkan terjadinya peningkatan pasokan massa udara basah di wilayah Indonesia, terbentuknya pola konvergensi dan terjadinya perlambatan kecepatan angin di beberapa wilayah, suhu permukaan laut di sekitar wilayah perairan yang cukup hangat.

"Ini membuat pasokan uap air cukup tinggi untuk mendukung pembentukan awan hujan, serta diperkuat dengan adanya fenomena gelombang atmosfer (Equatorial Rossby Wave dan Kelvin Wave) yang signifikan di sekitar wilayah Indonesia," ujar Mulyono.

2. Ada 18 provinsi yang diprediksi mengalami cuaca ekstrem

Waspada! Hingga 7 Januari Cuaca Ekstrem Masih Mengintai JabarUnsplash/Inge Maria

Periode 01 - 04 Januari 2020 :

1. Lampung
2. Banten
3. Jawa Barat
4. DKI Jakarta
5. Jawa Tengah
6.Jawa Timur
7. D.I. Yogyakarta
8. NTB
9. NTT
10. Kalimantan Timur
11. Kalimantan Tengah
12. Sulawesi Utara
13. Sulawesi Tengah
14 Sulawesi Barat
15. Sulawesi Selatan
16. Sulawesi Tenggara
17. Maluku
18. Papua

Sedangkan pada periode 05 - 07 Januari 2020 :

1. Bengkulu
2. Jawa Barat
3. Jawa Tengah
4. Jawa Timur
5. D.I. Yogyakarta
6. NTB
7. NTT
8. Kalimantan Barat
9. Sulawesi Selatan
10. Maluku
11. Papua Barat
12. Papua

3. Masyarakat diimbau menjauhi kawasan yang berpotensi longsor atau banjir bandang

Waspada! Hingga 7 Januari Cuaca Ekstrem Masih Mengintai JabarWarga, TNI AD, relawan BPBD Kabupaten Madiun sedang melakukan evakuasi rumah yang tertimpa tanah longsor, Rabu (1/1). Dok. IDN Times/Istimewa

Dengan kondisi seperti ini, BMKG meminta masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan kejadian banjir tanah yang berdampak pada longsor, banjir bandang, angin kencang, hingga pohon tumbang.

"Untuk mengetahui kondisi lebih jauh terkait cuaca masyarakat bisa langsung menghubungi BMKG. Kami membuka layanan selama 24 jam khususnya yang bisa dilihat lewat website atau media sosial," ujar Mulyono.

Baca Juga: Tanah Longsor di Kabupaten Bogor Memakan 11 Korban Jiwa

Baca Juga: BNPB: Ada 169 Titik Banjir, Terbanyak di Kota Bekasi!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya