Warga Kabupaten Bandung Ingin Perubahan, Dadang Optimistis Menang 

Tetap terapkan protokol kesehatan saat berada di TPS

Bandung, IDN Times - Calon Bupati Kabupaten Bandung Dadang Supriatna telah melakukan pencoblosan di TPS 24, RW 14, Kampung Sapan, Desa Tegalluar, Kabupaten Bandung, Rabu(9/12/2020). Dadang datang ke TPS sekitar pukul 07.30 WIB. Dia ditemani sang istri Ema Dety Permanawati.

Warga yang datang di TPS tidak banyak. Aturan baru selama pandemik COVID-19 membuat warga sedari pagi sudah harus datang sesuai dengan jadwal. Kursi yang disediakan untuk duduk para pemilih pun tidak banyak hanya sekitar lima kursi.

Alhasil Dadang yang datang dengan sang istri tidak menunggu lama untuk mencoblos. Usai memberikan surat C3 kepada petugas, Dadang dan istri langsung dipanggil untuk mencoblos.

"Kalau saya lihat girah masyarakat ingin perubahan di Kabupaten Bandung. Sudah waktunya dilakukan perubahan," ujar Dadang usai mencoblos di TPS 24, Rabu (9/12/2020).

1. Yakin bisa memenangkan 50 persen suara

Warga Kabupaten Bandung Ingin Perubahan, Dadang Optimistis Menang Calon Bupati Kabupaten Bandung dari Paslon Tiga Dadang Supriatna (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Meski saingan dalam pilkada Kabupaten Bandung cukup sengit, Dadang yang berpasangan dengan Syahrul Gunawan tetap yakin bisa meraih suara banyak. Terlebih ketika masa kampanye banyak warga yang memberikan dukungan padanya untuk segera memimpin Kabupaten Bandung.

"Optimis angka yang kami raih 50 persen bisa didapatkan dalam kontestasi di Kabupaten Bandung," kata dia.

2. Dadang harap pemilih bisa menerapkan protokol kesehatan

Warga Kabupaten Bandung Ingin Perubahan, Dadang Optimistis Menang Suasana pencoblosan di TPS 24, Desa Tegalluar, Kabupaten Bandung (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Di sisi lain, Dadang pun mengajak masyarakat khususnya para pemilih yang akan datang ke TPS bisa menerapkan protokol kesehatan 3M dengan mencuci tangah, menggunakan masker, dan menjaga jarak.

"Ini kan sudah diatur. Tinggal kesadaran masyarakat juga, karena untuk undangan di TPS ini sudah ada waktunya," kata dia.

3. Sahrul tak menemani Dadang saat pencoblosan

Warga Kabupaten Bandung Ingin Perubahan, Dadang Optimistis Menang Instagram Sahrul Gunawan

Sementara itu, calon wakil bupati Saahrul Gunawan tidak terlihat menemani Dadang dalam pencobolosan. Sahrul sendiri merupakan warga luar Kabupaten Bandung yang tidak bisa memilih dalam pilkada ini.

Menurut Dadang, Sahrul saat ini masih berada di luar Bandung. Dia untuk sementara memantau dari jauh Pilkada Kabupaten Bandung.

"(Sahrul) Mantau dari jauh," ujarnya.

4. Ini 12 protokol kesehatan di TPS yang harus terpenuhi

Warga Kabupaten Bandung Ingin Perubahan, Dadang Optimistis Menang Suasana pencoblosan di TPS 24, Desa Tegalluar, Kabupaten Bandung (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengingatkan 12 protokol kesehatan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat pelaksanaan Pilkada serentak 2020. Satgas menegaskan bahwa aturan tersebut bukan sekadar imbauan, tetapi wajib dilaksanakan.

"Aturan ini wajib untuk dilakukan, bukan imbauan semata. Penyelenggara bertanggung jawab untuk mengelola Pilkada dengan menegakkan disiplin prokes selama perhelatan berlangsung," kata Wiku dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (8/12/2020).

Kemudian, Wiku menerangkan, KPU telah menentukan 12 item perlengkapan protokol kesehatan yang harus ada di TPS. Salah satunya adalah alat perlindungan diri (APD) yang harus digunakan oleh petugas.

1. Menyediakan tempat cuci tangan dan sabun

2. Hand sanitizer

3. Sarung tangan plastik untuk pemilih

4. Sarung tangan medis untuk KPPS

5. Masker

6. Menyediakan tempat sampah

7. Pakai face shield

8. Sediakan alat pengukur suhu

9. Disinfektan

10. Sediakan tinta tetes

11. Baju hazmat

12. Ruang khusus bagi pemilih yang bersuhu di atas 37,3 derajat celcius

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya