Warga di Kota Bandung Digigit Ular Kobra saat Terjadi Banjir 

Korban masih bisa diselamatkan

Bandung, IDN Times - Seorang warga di Kota Bandung, Roni Firmansyah, digigit ular cobra ketika banjir menerjang kawasan Kopo. Alhasil dia harus dilarikan ke rumah sakit Immanuel untuk mendapatkan perawatan.

Relawan Bongsor Quick Response, Heri menuturkan bahwa korban dipatuk ular kobra saat berusaha memindahkan motornya yang parkir dan dikhawatirkan terseret arus.

"Jadi korban itu lagi main ke temennya di sekitaran Jalan Citarip, tepatnya di perbatasan RT 11 RW 9 Kopo. Karena tadi hujan deras, terus banjir ada ular ngelewat, matuk kakinya," ujar Heri kepada wartawan, Senin (12/12/2022).

1. Mendapat serum saat datang ke rumah sakit

Warga di Kota Bandung Digigit Ular Kobra saat Terjadi Banjir Ilustrasi ular kobra. (Dok Semarangker)

Menurut Heri, korban sempat pingsan setelah dipatuk ular tersebut. Warga yang melihat kondisi korban lantas membawanya ke rumah sakit.

"Langsung dibawa ke sini (RS Immanuel), untungnya di sini ada serumnya," kata Heri.

Sementara ular yang mematuk korban langsung dibunuh warga karena khawatir menciderai orang lain di tengah kondisi hujan deras dan banjir di sekitar rumah mereka.

2. Korban masih mendapat perawatan di IGD

Warga di Kota Bandung Digigit Ular Kobra saat Terjadi Banjir Ilustrasi IGD (IDN Times/Besse Fadhilah)

Sementara itu, Maman (33) selaku keluarga korban mengatakan Roni mengalami gigitan ular kobra di bagian kaki. Adapun insiden tersebut terjadi sekira pukul 16.00 WIB.

"Pasca kejadian dipatuk ular kobra, sekarang Roni masih dirawat di IGD rumah sakit Immanuel, masih nunggu ruangan untuk rawat inap," jelasnya saat dihubungi.

Menurut Maman, saat ini kondisi korban masih dalam observasi pihak rumah sakit untuk memantau perkembangan kondisi kesehatan korban. Pihaknya pun masih menunggu kamar karena pasien diwajibkan untuk rawat inap.

"Dokter juga belum bisa memastikan karena masih diambil sample darah untuk di tes, karena ularnya juga jenis Cobra. Jadi dokter juga bilangnya harus di observasi dulu. Sekarang masih lemas, tapi sudah siuman," tandasnya.

3. Banjir terjadi di sejumlah titik di Bandung

Warga di Kota Bandung Digigit Ular Kobra saat Terjadi Banjir IDN Times/Istimewa

Hujan deras yang mengguyur wilayah Bandung dan sekitarnya membuat banjir di berbagai titik. Salah satunya di Jalan Dayeuhkolot - Baleendah yang sudah jadi langganan banjir saat hujan terjadi.

Kemacetan sudah terjadi sejak di jembatan Baleendah sejak pukul 17.00 WIB. Kendaraan dari arah Banjaran menuju Kota Bandung tersendat karena banjir setinggi 50 cm menerjang jalan utama tersebut. Begitu pun sebaliknya, kemacetan justru lebih panjang dari arah kota menuju Kabupaten Bandung.

Selain itu, banjir pun diwarnai dengan insiden kendaraan yang mogok karena nekat menerjang banjir yang cukup tinggi. Rata-rata, kendaraan yang mogok adalah sepeda motor. Pemotor yang mogok lantas dibantu warga sekitar untuk didorong hingga area yang bebas banjir.

Kemudian terdapat kendaraan angkot yang terpaksa harus didorong karena tak bisa melaju hingga mengeluarkan asap tebal.

Salah seorang warga, Daniel Calvin (26) mengatakan, sepeda motornya terpaksa harus dia dorong karena sempat mogok saat banjir yang dilewatinya.

"Sempat mogok tadi tapi enggak lama," katanya.

Calvin yang hendak menuju kediamannya di Moch Toha pun terpaksa melewati jalur tersebut meski banjir dengan ketinggian air yan cukup tinggi.

"Tadi dari Banjaran mau ke Moch Toha terus pas lewat Dayeuhkolot banjir," jelasnya.

Baca Juga: Atasi Banjir Gedebage, Pemkot Bandung Aktifkan Sungai Cisaranten Lama

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya