Warga Bandung Butuh Bantuan Buang Sampah Ukuran Besar? Kontak Saja DLH

Pengambilan sampah ini tidak dipungut biaya 

Bandung, IDN Times - Sampah dalam ukuran besar seperti kasur hingga lemari sering kali ditemukan di sungai-sungai yang ada di sekitar Kota Bandung. Pembuangan sampah besar tersebut ke sungai bukan hanya mencemari tapi sering membuat aliran sungai tersendat.

Bagi warga Kota Bandung yang ingin membuang sampah besar, jangan bingung, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung tengah membuka layanan angkut sampah besar secara gratis.

1. Ini syarat agar sampah warga bisa diangkut DLH

Warga Bandung Butuh Bantuan Buang Sampah Ukuran Besar? Kontak Saja DLHilustrasi memilah sampah (pexels.com/cottonbro)

Melalui Unit Pelayanan Teknis (UPT) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung, memfasilitasi warga yang ingin membuang sampah besar dengan menyediakan layanan jasa angkut sampah beser. Sampah besar bisa di angkut dengan syarat tertentu.

Berikut syarat dan ketentuannya:
1. Maksimal sampah yang akan diangkut adalah dua sampah besar.
2. Sampah besar sudah dalam keadaan siap diangkut ke mobil.
3. Lokasi penjemputan/pengangkutan tidak di dalam gang. Jika sampah ada di dalam gang, bisa dibawa terlebih dahulu ke jalan besar yang bisa diakses kendaraan roda empat.
4. Lokasi penjemputan/pengangkutan di wilayah Kota Bandung.

2. Bisa daftar lebih dulu agar sampah segera diambil

Warga Bandung Butuh Bantuan Buang Sampah Ukuran Besar? Kontak Saja DLHilustrasi sampah plastik (unsplash.com/Nick Fewings)

Agar sampah besar bisa diangkut, segera melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan hubungi nomor telepon customer service 022 7207889 atau mengirim direct message (DM) ke akun Instagram @upt_pengelolaansampah.dlhbdg.

Tak hanya itu, DLH kota Bandung juga tidak menetapkan tarif untuk program ini. Sehingga, bisa dimanfaatkan warga Kota Bandung secara gratis.

3. Volume sampah di Bandung naik terus tiap tahun

Warga Bandung Butuh Bantuan Buang Sampah Ukuran Besar? Kontak Saja DLHilustrasi orang mengumpulkan sampah (freepik.com/prostooleh)

Sampah menjadi persoalan pelik di Kota Bandung. Saban tahunnya, produksi sampah di Bandung meningkat. Produksi sampah pada 2022 di Bandung mencapai 1.594,18 ton per hari.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung 2023, jumlah produksi sampah di Kota bandung mencapai 1.594,18 ton per hari pada 2022. Sampah makanan menjadi penyumbang terbesar.

Produksi sampah makanan di Kota Bandung per harinya mencapai 709,73 ton per hari. Atau, sebesar 44,52 persen dari total harian sampah yang diproduksi di Kota Bandung.

Urutan kedua adalah sampah plastik. Sampah jenis plastik ini mencapai 266,23 ton per hari, atau sebesar 16,70 persen. Kemudian, di urutan ketiga ada sampah kertas, di mana mencapai 209,16 ton per hari atau sebesar 13,98 persen dari total harian produksi sampah di Bandung.

Jumlah produksi sampah di Kota Bandung pada 2022 meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya. Menurut data yang dirilis Open Data Jabar, jumlah produksi sampah pada 2021 di Kota Bandung mencapai 1.430,04 ton.

Baca Juga: [WANSUS] Akmal Melawan Krisis Sampah Plastik dengan Rappo

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya