Wakaf Salman ITB Sumbang Rp2 Miliar untuk Penanganan COVID-19 di RI

Kita berdonasi Rp5.000 dengan memfollow akun IG Wakaf Salman

Bandung, IDN Times - Berbagai elemen kemasyarakatan saat ini bahu membahu mengalang dana untuk penanganan pandemi virus corona (COVID-19). Salah satu lembaga yang coba mengumpulkan dana adalah Wakaf Salman ITB. Lembaga ini siap memberikan bantuan kepada Pemprov Jabar untuk mengatasi persoalan COVID-19.

Direktur Wakaf Salman ITB Muhammad Khirzan Nazar Noe’man mengatakan, semakin banyaknya pasien positif terpapar COVID-19 membuat tempat fasilitas kesehatan mulai kewalahan termasuk dalam pengadaan barang medis. Dengan kondisi ini, Wakaf Salman menjalin kerja sama dengan Jabar Quicke Respon (JQR) dalam menghimpun donasi

"Ini Untuk mendukung para petugas medis yang berada di garda terdepan dalam melawan virus yang sudah tersebar ke berbagai negara ini," ujar Khirzan melalui siaran pers, Kamis (26/3).

1. Cara berdonasi mudah hanya memfollow akun Instragram wakaf salman

Wakaf Salman ITB Sumbang Rp2 Miliar untuk Penanganan COVID-19 di RIDok.IDN Times/Istimewa

Khirzan menuturkan, saat ini program donasi yang dilakukan pihaknya lebih bervariatif. Terdapat salah satu program yakni follow for donate, di mana hanya dengan mengikuti akun Instagram @wakafsalman.itb, masyarakat sudah berdonasi sebesar 5.000 rupiah. Selain itu, Wakaf Salman juga menggandeng beberapa artis dan publik figur untuk turut andil dalam menggalang donasi melawan corona.

“Jadi dengan follow IG wakafsalman.itb sekarang juga anda sudah kontribusi Donasi Rp5.000. Sangat mudah, kalau mau kontribusi lebih bisa memindai QR yang ada di IG wakafsalman.itb atau transfer ke rekening kami,” ujarnya.

2. Dana untuk pembelian APD dan keseharian tenaga medis

Wakaf Salman ITB Sumbang Rp2 Miliar untuk Penanganan COVID-19 di RIIlustrasi penanganan pasien virus corona. ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

Manager Operasional & Corporate Secretary Wakaf Salman Ryan Faisal memastikan komitmen pihaknya untuk menggalang dana mencapai Rp2 miliar demi membantu pemberantasan virus corona di Jabar. Agar target penghimpunan dana sebesar Rp 2 miliar bisa segera tercapai, pihaknya mengajak semua orang untuk ikut berkontribusi menyisihkan sebagian hartanya untuk kemanusiaan.

Ryan juga menambahkan, penggalangan dana ini, tak terbatas hanya untuk warga Jabar saja. Masyarakat umum yang berada di mana pun bisa berpartisipasi dengan bergotong-royong mengambil bagian dalam menekan penyebaran virus corona.

Nantinya dana yang terkumpul akan digunakan untuk membantu Rumah Sakit di Jabar untuk menangani corona, membeli Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, sarung tangan plastik, baju dan kacamata pelindung untuk tenaga kesehatan di Rumah Sakit di Jabar

"Kita juga ingin membantu biaya keseharian tenaga kesehatan Rumah Sakit di Jabar seperti memberikan makanan, logistik, dan transportasi," kata Ryan.

3. Jabar Quicke Respon siap berkolaborasi tangani COVID-19

Wakaf Salman ITB Sumbang Rp2 Miliar untuk Penanganan COVID-19 di RIUnsplash.com/Markus Spiske

Anggota tim media dan publikasi JQR Aditya Sanggaputra menilai dengan adanya kerja sama ini diharapkan banyak masyarakat dan tenaga kesehatan yang dapat tertolong dengan bantuan yang nantinya akan disalurkan oleh Wakaf Salman melalui JQR.

Pada dasarnya JQR terbuka untuk berkolaborasi dengan semua pihak selama tujuan dari kerja sama tersebut dapat membantu masalah-masalah kemanusiaan di Jawa Barat.

"Dengan catatan, kerja sama tersebut berangkat dari azas keadilan dan saling menguntungkan untuk kedua belah pihak seperti yang selama ini sudah dilakukan dengan institusi lain," kata dia.

Baca Juga: Adaro Serahkan Bantuan Rp20 Miliar untuk Tangani COVID-19

Baca Juga: 3 Miliar Orang di Dunia dalam Lockdown untuk Cegah Meluasnya COVID-19

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya