Wagub Uu Nyaleg DPR di Pantura, Pengamat: Bisa Jadi Hanya Tes Pasar 

PPP ingin suaranya lebih besar di daerah Utara Jabar

Bandung, IDN Times - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum dipastikan akan maju dalam pemilihan anggota dewan perwakilan rakyat (DPR) RI. Dia akan maju sebagai calon legislatif (caleg) dari daerah pemilihan (Dapil) Jabar 8 yang meliputi wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Indramayu.

Terkait hal ini, pengamat politik Firman Manan mengatakan bahwa pencalonan ini bisa jadi upaya Uu untuk mencari ceruk pemilih baru. Sebab, ketika ingin maju dalam pemilihan, suara dia sebenarnya lebih besar di kawasan Priangan seperti Tasikmalaya dan Garut, bukan di daerah Pantura.

"Saya pikir ini bisa untuk mengecek (suara). Karena untuk maju dalam Pilgub ini kan suaranya tidak bisa hanya di Priangan saja, tapi harus di seluruh daerah," kata Firman saat dihubungi, Jumat (18/5/2023).

1. Bisa berdampak baik atau buruk pada perpolitikan Uu

Wagub Uu Nyaleg DPR di Pantura, Pengamat: Bisa Jadi Hanya Tes Pasar (Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) bersama Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum (kanan)) ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Dia menyebut, taktik untuk mencari suara di daerah Pantura oleh Uu bisa seperti pisau bermata dua. Jika dia mendapatkan suara yang bagus dan lolos dalam pemilihan legislatif, itu mampu menjadi kekuatan baru PPP dan Uu yang kemudian bisa maju dalam pemilihan gubernur.

Sementara ketika kalah, maka lawan politik Uu bisa menjadikan ini sebagai alat bahwa kekuatan Uu di daerah Pantura ternyata lemah.

"Jadi ini lebih ke psikologis politik. Walaupun dia suaranya bisa bagus, tapi harus berhati-hati jangan sampai kontraproduktif karena nanti bisa jadi buruk untuk dirinya sendiri," kata Firman.

2. Pencalonan sesuai keinginan Pak Uu

Wagub Uu Nyaleg DPR di Pantura, Pengamat: Bisa Jadi Hanya Tes Pasar Ilustrasi pekerja logistik Pemilu 2019 memperhatikan surat suara Pileg 2019 sebelum dilipat dan didistribusikan ke TPS. IDN Times/Prayugo Utomo

Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum resmi mencalonkan diri sebagai bakal calon Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Dapil Dapil VIII atau delapan yang meliputi Kabupaten dan Kota Cirebon, dan Kabupaten Indramayu.

Kabar Wagub Uu mencalonkan diri ke DPR RI ini disampaikan oleh Plt. Ketua DPW PPP Jabar, Pepep Saepul Hidayat. Dia mengatakan, pilihan maju ke DPR RI sendiri murni keinginan dari Wagub Uu.

"Ya kemarin memang nyaleg, maju. Waktu kami tanya kan maju. Pertama kami pastikan keinginan Pak Uu," ujar Pepep saat dikonfirmasi melalui sambung telfon, Kamis (18/5/2023).

PPP Jabar sendiri tidak hanya menghadirkan Wagub Uu untuk merebut suara warga Pantura di DPR RI. Beberapa tokoh pesantren setempat juga turut dihadirkan agar bisa meraih banyak jabatan legislator di RI.

"Bukan hanya Pak Uu yang mencalonkan, kami menerjunkan Pesantren Kempek Gus Amut, Bu Anggi, Pak Yanto," ungkapnya.

3. Diharap dongkrak kekuatan PPP di Pantura

Wagub Uu Nyaleg DPR di Pantura, Pengamat: Bisa Jadi Hanya Tes Pasar Plt Ketua DPW PPP Jabar, Pepep Saiful Hidayat (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Pepep tidak menampik, kehadiran Wagub Uu untuk bertarung di Dapil Pantura merupakan strategi agar raihan suara PPP di Jabar dapat meningkat. Kehadiran kader-kader terbaik diharapkan bisa mendongkrak suara di Pantura.

"Kita ketahui bersama bahwa di Cirebon kan hari ini PPP sangat kecil. Jadi tentu Pak Uu melihat dari mudah-mudahan dalam peluang dan kapasitas beliau bisa meningkatkan elektoral PPP di Cirebon dan Indramayu," katanya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya