Vulkanolog ITB: Waspadai Kemungkinan Letusan Besar Gunung Raung

Warga di sekitar diminta gunakan masker yang dibasahi air

Bandung, IDN Times - Salah satu gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Raung, mengalami kenaikan aktivitas sejak Kamis (16/7/2020). Vulkanolog yang juga salah satu pengajar di Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) ITB, Mirzam Abdurrachman menjelaskan, Gunung Raung memiliki keunikan karena kaldera yang berdiameter sekitar dua kilometer ini terbuka di bagian barat. Bagian ini menghadap ke bagian kota-kota yang berada di sekitar gunung tersebut.

Gunung yang berada di perbatasan Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember ini tercatat telah meletus sebanyak delapan kali dalam jangka waktu 20 tahun terakhir yaitu pada tahun 2000, 2002, 2004, 2005, 2007, 2012, dan 2015.

"Dari hal tersebut dapat dihitung rata-rata interval meletus sekitar 2,8 tahun," ujar Mirzam melalui siaran pers, Minggu (18/7/2020).

1. Gunung Raung sudah melewati rentang letusan dan ini bisa berbahaya

Vulkanolog ITB: Waspadai Kemungkinan Letusan Besar Gunung RaungPinterest/Joel Beusen

Saat ini Mirzam bersama mahasiswa S1 dan S2 Teknik Geologi ITB secara khusus meneliti Gunung Raung, terutama kristal pada lava gunung tersebut. Mereka tengah meneliti bentuk kristal dari lava Gunung Raung lalu dianalisis menggunakan Crystal Size Distribution (CSD). Hasilnya, diperoleh residence time dari gunung ini.

Waktu tinggal atau residence time merupakan salah satu pendekatan untuk melakukan prediksi guna menentukan interval letusan suatu gunung. Dan berdasarkan hasil studi, menjelaskan bahwa waktu tinggal yang dimiliki oleh Gunung Raung adalah terpendek 1,2 tahun dan terpanjang 2,5 tahun.

“Artinya, gunung tersebut akan meletus setiap rentang tersebut. Apabila melewati itu, maka letusan berikutnya akan lebih besar karena telah terjadi akumulasi energi dalam waktu yang lama,” jelasnya.

Mirzam menuturkan, salah satu yang dipelajari di bidang vulkanologi atau ilmu tentang gunung berapi adalah mempelajari tentang prediksi jangka panjang maupun jangka pendek suatu gunung api. Pada prediksi jangka pendek berguna untuk penetapan status aktivitas vulkanik gunung serta mitigasi bencana.

Sedangkan prediksi jangka panjang mempelajari tentang hubungan antara interval letusan suatu gunung berapi dan volume produk letusan yang dikeluarkannya.

2. Wajar ketika kondisi Gunung Raung sekarang mencapai Level II

Vulkanolog ITB: Waspadai Kemungkinan Letusan Besar Gunung Raunginstagram.com/fazachu

Data waktu tinggal ini berguna untuk melakukan mitigasi kebencanaan serta meningkatkan persiapan jika gunung tersebut akan meletus. Hal tersebut perlu menjadi catatan bahwa letusan Gunung Raung yang terakhir terjadi pada tahun 2015. Artinya berjarak 5 tahun, lebih lama dari nilai prediksi maupun interval real yang hanya berkisar 2,5 hingga 2,8 tahun.

"Tak mengherankan jika saat ini Gunung Raung telah mencapai Level II dan telah mengeluarkan abu vulkanik," ungkapnya.

3. Jika Gunung Raung meletus maka masyarakat sekitar diimbau menggunakan masker yang dibasahi air

Vulkanolog ITB: Waspadai Kemungkinan Letusan Besar Gunung RaungIlustrasi masker. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Ia juga menjelaskan, bahwa batuan penyusun Gunung Raung adalah batuan basal yang memiliki kandungan SiO2 rendah. Maka dari itu, lava Gunung Raung akan encer. Namun, karena adanya reaksi dengan batuan yang lebih tua berupa karbonat atau batugamping, yang akan mengentalkan lava serta membuat material tersebut berpotensi dikeluarkan secara eksplosif.

"Apabila demikian dan letusan eksplosif terjadi, serta jika abu vulkanik telah muncul, masyarakat disarankan memakai masker yang sedikit dibasahi air guna menyaring abu tersebut agar tidak masuk serta menempel pada saluran pernapasan,” jelasnya.

Saat ini, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melakukan pemantauan secara terus menerus pada gunung berapi di Indonesia yang bernama MAGMA Indonesia. Hasil pantauan tersebut dapat diakses oleh masyarakat secara langsung melalui laman Magma Indonesia dan sangat bermanfaat terutama masyarakat yang tinggal dekat dengan gunung berapi.

“Saya berharap masyarakat tak hanya jadi penonton, namun juga belajar dari data sejarah dan memiliki wawasan kebencanaan dan awareness yang tinggi. Selain itu, masyarakat dapat memahami apa yang harus dilakukan apabila gunung menunjukkan aktivitas yang berbahaya,” tandasnya.

Dikutip dari Magma Indonesia, G. Raung merupakan salah satu gunung api aktif yang berada di Jawa Timur, dengan ketinggian puncak mencapai 3.332 meter di atas permukaan laut. Gunung api ini merupakan gunung api strato berkaldera, dengan kawah utama Kaldera Raung. Kaldera Raung berbentuk ellips dengan ukuran 1750 x 2250 m, dalamnya 400-550 m dari pematang gunung. Posisi Gunung Raung secara administratif termasuk dalam tiga wilayah Kabupaten, yakni Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.

Baca Juga: 6 Fakta Seputar Gunung Raung, Punya Jalur Paling Ekstrem di Pulau Jawa

Baca Juga: Letusan Gunung Merapi Mirip Kepala Bebek, Warga Percaya Bawa Pesan 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya