Viral Video Diduga Aliran Sesat Bandung, Polisi Bilang Kegiatan Asyura

Polisi sudah lakukan komunikasi dengan komunitas ini

Bandung, IDN Times - Akhir pekan kemarin sebuah video kegiatan di sebuah masjid dengan narasi aliran sesat ramai diperbincangkan di media sosial. Video tersebut diambil di sekitar wilayah Gegerkalong, Kota Bandung.

Terkait hal ini, Kapolsek Sukasari, Kompol Darmawan menyebut bahwa video viral yang diduga aktivitas aliran sesat tersebut merupakan kegiatan sebuah komunitas budaya.

"Ini kegiatan Asyura yang dilakukan kabuyutan, dipimpin abah Yusuf," kata Darmawan, Senin (31/7/2023).

1. Sempat ada protes dari masyarakat sekitar

Viral Video Diduga Aliran Sesat Bandung, Polisi Bilang Kegiatan AsyuraIDN Times/Azzis Zulkhairil

Darmawan membenarkan adanya protes dari masyarakat dari aktivitas kebudayaan tersebut. Apalagi, aktivitas kebudayaan itu dilakukan di sebuah masjid.

"Yang jadi masalah mereka melakukan kebudayaan di masjid, jadi ada kelompok lain yang kurang sependapat dan minta supaya kegiatan itu dihentikan. Jadi mereka tidak setuju ada kegiatan kebudayaan dilakukan di masjid," ungkapnya.

2. Kegiatan berasal dari kalangan muslim Syiah

Viral Video Diduga Aliran Sesat Bandung, Polisi Bilang Kegiatan Asyuraunsyiah.ac.id

Dia tak menampik jika aktivitas kebudayaan tersebut juga menyatu dengan kegiatan keagamaan muslim Syiah.

"Memang salah satu ada kegiatan Syiah. Nah kelompok PPNKRI kurang setuju terhadap kegiatan tersebut yang seakan akan membantu kegiatan kabuyutan (kelompok kebudayaan)," ujarnya.

"Kami selalu melakukan konsolidasi baik terhadap kelompok syiah, kabuyutan, melakukan edukasi supaya ke depan kegiatan dilakukan secara sesuai dengan aturan," katanya.

3. Polisi sudah lakukan komunikasi dengan kelompok tersebut

Viral Video Diduga Aliran Sesat Bandung, Polisi Bilang Kegiatan AsyuraIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Darmawan menambahkan, kemunitas muslim Syiah telah datang ke kantor polisi untuk memberikan penjelasan terkait kegiatan tersebut. Mereka berkomitmen untuk melakukan evaluasi kegiatan keagamaan dalam peringatan hari Asyura.

"Tadi pagi baru ke sini teman-teman Syiah, mereka akan melakukan evaluasi untuk melakukan kegiatan ke depannya," ujar dia.

Baca Juga: Pelaku Serangan Masjid Syiah Iran Dihukum Gantung di Hadapan Umum

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya