Viral, Seorang Warga Coba Bunuh Diri Lompat dari Jembatan Pasupati

Kalau ada masalah mending konsultasi ke dokter

Bandung, IDN Times - Seorang warga yang belum diketahui identitasnya mencoba mengakhiri hidup dengan melompat dari jembatan layang Pasupati, Kota Bandung, Senin (6/9/2021). Beruntung aksi itu berhasil digagalkan anggota patroli dari Satlantas Polrestabes Bandung.

Peristiwa itupun, viral di media sosial Instagram. Seperti dilihat IDN Times melalui unggahan akun @beritakotabandung. Dalam video tersebut terlihat banyak pengendara berhenti di jembatan Pasupati untuk melihat percobaan bunuh diri tersebut.

Ketika dikonfirmasi, Kapolsek Bandung Wetan, Kompol Asep membenarkan peristiwa tersebut. "Tidak jadi (bunuh diri) sudah pulang," ujar Asep saat dihubungi.

Asep mengaku belum mendapat informasi lengkap terkait peristiwa tersebut. Termasuk motif dan indentitas warga yang mencoba bunuh diri.

"Belum tahu," katanya.

1. Sebelumnya ada mahasiswa ITB yang lakukan gantung diri

Viral, Seorang Warga Coba Bunuh Diri Lompat dari Jembatan PasupatiIlustrasi Bunuh Diri (IDN Times/Mardya Shakti)

Dua pekan sebelumnya, seorang mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) ditemukan meninggal dunia di kamar kostnya. Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Rudi Tri Handoyo menyebut bahwa yang bersangkutan meninggal setelah bunuh diri.

Dari pemeriksaan yang dilakukan ada tiga orang saksi yang sudah dimintai keterangan. Salah satu saksi menyebut bahwa korban berinisial ANH masih sempat berbincang dan makan malam bersama dengan rekannya, sekitar pukul 21.00 WIB.

Kemudian saksi lainnya ketika hendak bepergian menggunakan motor melihat sanksi sudah tergantung bunuh diri.

"Saya juga tidak ke TKP (tempat kejadian peristiwa), informasi dari sanksi ini melihatnya di luar. Mungkin menggantungkan tali ke tiang," ungkap Rudi.

Untuk motif bunuh diri belum bisa dipastikan apakah karena perkuliahan, keluarga, atau bunuh diri.

2. Mahasiswa ini angkatan 2018

Viral, Seorang Warga Coba Bunuh Diri Lompat dari Jembatan Pasupati(Ilustrasi gedung ITB) www.itb.ac.id

Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB Naomi Haswanto mengatakan, pihak kampus sangat berduka atas berpulangnya mahasiswa bernisisial ANH.

"Almarhum adalah mahasiswa program magiter (S2) ITB angkatan 2018, pada prodi Struktur Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)," ujar Naomi melalui siaran pers, Minggu (22/8/2021).

Almarhum sudah menempuh studi di ITB selama 3 tahun (6 semester), dan sedang dalam tahap menyusun tesis. Menurut data dan informasi resmi ITB, lanjut Naomi, almarhum berasal dari Madura dan berdomisili di Bandung pada suatu rumah kost yang berlokasi di Cisitu Lama, bersama beberapa rekannya yang juga berstatus sebagai mahasiswa Teknik Sipil ITB.

"Saat ini jenazah berada di RSHS dan dalam pengurusan pihak keluarga almarhum yang tinggal di Bandung. Berdasarkan informasi terakhir, jenazah akan dibawa dan dimakamkan di daerah asalnya di Pamekasan Madura," kata Naomi.

3. Mari bersama cegah perilaku bunuh diri

Viral, Seorang Warga Coba Bunuh Diri Lompat dari Jembatan PasupatiShutterstock

Bunuh diri merupakan masalah kesehatan jiwa serius yang sering diabaikan masyarakat. Jika kamu membutuhkan pertolongan atau mengenal seseorang yang membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi layanan konseling pencegahan bunuh diri, di nomor telepon gawat darurat (emergency) hotline (021) 500–454 atau 119, bebas pulsa.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, saat ini sudah terdapat lebih dari 3.000 Puskesmas yang memiliki layanan kesehatan jiwa. Kamu bisa menghubungi atau langsung mendatangi Puskesmas terdekat untuk mengetahui apakah mereka melayani kesehatan jiwa. Bagi pemegang BPJS, konsultasi kejiwaan di Puskesmas tidak dikenakan biaya alias gratis. Jika belum memiliki BPJS, kamu tetap bisa berkonsultasi dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000.

Selain itu, Kemenkes RI juga menyiapkan 5 RS jiwa rujukan yang dilengkapi dengan layanan konseling kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri. RS jiwa tersebut ialah:

RSJ. Bandung
JL. Riau No. 11, Citarum, 40115 Kotamadya Bandung, Indonesia, Citarum, Bandung Wetan, Bandung City, West Java 40115
Phone: 0895-0546-1355

RSJ.Jabar
Jl. Kolonel Masturi KM. 7 Kab. Bandung BaratTelp. (022) 2700260Fax. (022) 2700304

RSJ Amino Gondohutomo Semarang, nomor telepon (024) 6722565
RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, nomor telepon (0251) 8324024, 8324025, 8320467
RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta, nomor telepon (021) 5682841
RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, nomor telepon (0293) 363601
RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang, nomor telepon (0341) 423444

NGO Indonesia pencegahan bunuh diri:
Jangan Bunuh diritelp: (021) 9696 9293email: janganbunuhdiri@yahoo.com
Organisasi INTO THE LIGHTmessage via page FB: Into The Light Indonesia (@IntoTheLightID)direct message via Twitter: @IntoTheLightID
Kementrian Kesehatan Indonesiatelp: (021) 500454

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya