Viral, Ribuan Wisatawan Membludak di Pantai Karanghawu Sukabumi

Satgas COVID-19 Jabar imbau tempat wisata terapkan prokes

Bandung, IDN Times - Kunjungan wisatawan di pantai usai larangan libur Lebaran kembali menjadi sorotan di media sosial. Kali ini, muncul video yang memperlihatkan ribuan wisatawan membludak di Pantai Karanghawu, Kabupaten Sukabumi.

Kondisi itu terlihat dari unggahan akun @sukabumiface dimana ribuan wisatawan memadati kawasan pantai pada Minggu (23/5/2021). Warganet yang melihat video ini pun memberikan beragam tanggapan dalam kolom komentar.

Salah satunya akun @samratul.fuad. Dia mengira bahwa kawasan pantai akan lebih sepi seiring usainya libur Lebaran. Namun, ternyata kenyataannya berbeda di mana kawasan pantai justru masih ramai oleh pengunjung.

"Dikira gue makin ke sini pantai makin, taunya malah makin membludak, segini teh uyuhan katanya ditutup yah," kata dia.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Satgas COVID-19 Jawa Barat Daud Achmad mengatakan, seharusnya kejadian kerumunan di tempat wisata seperti pantai ini tidak terjadi. Pemerintah daerah setempat mestinya bisa menerapkan protokol kesehatan seperi yang dilakukan Pemda Pangandaran di kawasan pantai Batukaras.

"Pangandaran itu bisa menjadi contoh untuk daerah lainnya," kata Daud saat dihubungi.

Sebelumnya, kejadian serupa sempat terjadi di kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung, dan pantai Batukaras, Pangandaran. Akibat wisatawan yang membludak pemerintah daerah lantas menutup sementara kawasan ini.

Pun terjadi di Kota Bandung di mana Pemda menutup enam lokasi wisata dalam kota yang tidak beroperasi untuk sementara. Adapun enam objek wisata yang ditutup ini yaitu Kebun Binatang Bandung, Karang Sentra Water Land, Saung Angklung Udjo, Taman Lalau Lintas, Trans Studio Bandung, dan Kiara Artha Park.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya