Viral, Jalan Gang di Kota Bandung Dilukis Jelang Kemerdekaan Indonesia

Yuk ramaikan kegiatan di Hari Kemerdekaan RI

Bandung, IDN Times - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI) menjadi momen yang ditunggu-tunggu masyarakat. Berbagai kegiatan kerap dilakukan untuk memeriahkan peringatan ini.

Di salah satu gang, tepatnya di Jalan Sentosa Asih IV, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, masyarakat bergotong royong melukis jalanan di depan rumahnya dengan berbagai tema. Mulai dari lukisan ikan, bunga, buaya, hingga unicorn tergambar di atas aspal. Panjang jalan ini mencapai 140 meter. Sedangkan lebarnya hanya 4 meter.

Ketua RT 8 Kelurahan Cipamokolan, Maman Suherman menuturkan, lukisan di atas aspal Jalan Sentosa Asih ini merupakan inisiatif dia dan seorang tetangga. Ide ini berawal ketika dia ingin coba memeriahkan HUT RI di tengah pandemik COVID-19, tapi tidak bisa karena adanya larangan, tercetuslah ide untuk melukis.

"Biasanya kan kalau melukis jalan ya biasa saja di pinggir dan bagian tengahnya. Nah sekarang kita coba 'edankan' (maksimalkan)," kata Maman ditemui di rumahnya, Kamis (13/8/2020).

1. Seluruh warga ikut menggambar

Viral, Jalan Gang di Kota Bandung Dilukis Jelang Kemerdekaan IndonesiaIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurut Mamam, setelah ide itu muncul dia kemudian mengajak seluruh warga untuk ikut berpartisipasi. Dari 30 kepala keluarga hampir seluruhnya ikut menggambar. Mereka mengecat lukisan yang sudah diberi sketsa terlebih dulu.

Untuk biaya mural ini, warga mengumpulkan uang secara mandiri. Total anggaran yang dikeluarkan mencapai Rp2 juta. Uang tersebut dibelikan bahan cat dan kapur untuk membuat sketsa.

"Kita pengerjaan sudah hampir satu minggu. Biasanya malam kalau mengecat karena kalau siang kan banyak lalu lalang warga," paparnya.

2. Ide sketsa hanya butuh satu malam saja

Viral, Jalan Gang di Kota Bandung Dilukis Jelang Kemerdekaan IndonesiaIDN Times/Debbie Sutrisno

Roynaldi, sang pembuat sketsa mengatakan, ide gambar yang dilukis di atas aspal ini tidak membutuhkan waktu lama. Karena tidak ingin melukis sesuatu yang menyusahkan maka dibuatlah gambar ikan, bunga, dan beberapa lukisan lainnya sesuai keinginan warga.

Roy sendiri bukan orang awal dalam dunia melukis. Sebelumnya dia sempat melukis di atas seng yang panjang di Kabupaten Pangandaran.

"Kalau di Pangandaran kan temanya ikan kecil sampai besar, terus ada pantainya. Nah kalau di sini pakai ikan kecil saja. Terus warga bisa minta mau digambarkan apa di depan rumahnya," kata Roy.

3. Banyak warga dari luar datang ke sini

Viral, Jalan Gang di Kota Bandung Dilukis Jelang Kemerdekaan IndonesiaIDN Times/Debbie Sutrisno

Roynaldi menyebut, setelah viral di media sosial, banyak warga dari luar kelurahan bahkan sengaja datang ke Jalan Sentosa Asih IV. Mereka datang sekedar untuk berfoto dan mengabadikannya di media sosial.

Dia tak mempermasalahkan hal tersebut. Sebab adanya lukisan ini memang untuk dinikmati oleh siapapun termasuk merekan yang berasal dari luar RT/RW.

"Ada yang sampai bawa tongsis untuk foto-foto depan rumah," kata dia.

Menurutnya, selama ini teknik menggambar di jalan atau tembok sudah banyak dilakukan di daerah lain. Namun di Bandung sendiri masih sedikit yang melakukannya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya