Viral Ibu Hamil Hanya Satu Jam, Ini Penjelasan Dokter Spesialis Obgyn

Sang Ibu hanya tidak merasakan dirinya tengah hamil

Bandung, IDN Times - Seorang ibu di Kabupaten Tasikmalaya tengah menjadi perbincangan masyarakat di media sosial. Dari sebuah video yang viral, ibu tersebut merasa tidak hamil selama sembilan bulan dan tiba-tiba melahirkan anaknya.

Lantas bagaimana pandangan medis terkait hal ini? Dokter Spesialis Obgyn dari Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Rusmana Anwar menuturkan, kejadian seperti ini bisa saja terjadi, meskipun hal tersebut langka. Menilik istilah medis, hal ini disebut Cryptic Pregnancy, di mana berarti kehamilan yang tidak dirasakan atau tersembunyi.

"Menurut pengamatan kami hamilnya itu hamil biasa. Cuma ibunya tidak merasakan hamil tersebut dalam sembilan bulan terakhir," ujar Rusmana ditemui di RSHS Bandung, Senin (20/7/2020) sore.

1. Kasus ini bisa terjadi satu banding 2.500

Viral Ibu Hamil Hanya Satu Jam, Ini Penjelasan Dokter Spesialis ObgynIDN Times / Nana Suryana

Rusmana menyebut, saking langkanya kejadian ini bisa terjadi dengan perbandingan 1:2.500 ibu hamil. Di mana ibu yang mengandung itu tidak merasakan berbagai tanda pada umumnya wanita tengah hamil seperti terlambat haid, muntah, pusing, sering kencing, lemas, atau lesu.

Kejadian tersebut juga bisa dialami seorang wanita yang tengah hamil anak ketiga atau keempat. Sebab, biasanya ketika hamil anak pertama atau kedua tanda kehamilan masih sering dirasakan.

"Kalau anak ketiga sampai kelima sudah jarang merasakan keluhan seperti anak pertama," paparnya.

2. Kondisi tubuh sang ibu pun berpengaruh pada tanda kehamilan

Viral Ibu Hamil Hanya Satu Jam, Ini Penjelasan Dokter Spesialis ObgynPinterest

Di sisi lain, kondisi badan seorang wanita pun berpengaruh pada tanda-tanda kehamilan. Misalnya, untuk kasus ini di mana sang ibu terlihat memiliki berat badan di atas rata-rata, sehingga tanda perut membesar saat hamil tidak terlihat.

"Pas perutnya membesar ini tidak terlalu dirasakan sama ibunya," kata Rusmana.

Padahal, dalam usia kandungan empat sampai lima bulan seharusnya gerakan bayi sudah bisa terasa. Jika sang ibu rajin memeriksakan badan pun pasti akan langsung diketahui baik oleh bidan maupun dokter.

3. Jika dirasakan seharusnya berat badan ibu naik capai 12,5 kg

Viral Ibu Hamil Hanya Satu Jam, Ini Penjelasan Dokter Spesialis ObgynUnsplash/Suhyeon Choi

Hal mudah untuk mengecek kehamilan seorang wanita adalah berat badan yang naik drastis. Biasanya kenaikan berat badan ibu hamil berkisar antara 12,5 kilogram (kg) sampai 16 kg. Jika hal tersebut diperhatikan lebih seksama maka seorang wanita seharusnya tahu bahwa dia tengah mengandung.

Kemudian nafsu makan pun biasanya naik seiring dengan meningkatnya hormon. Bahkan, kenaikan nafsu makan bisa semakin tinggi pada trisemester ketiga di mana berat badan bisa naik sampai 6 kilogram.

"Payudara juga membesar dan agak ngilu biasanya," ujarnya.

4. Bayi ibu tersebut belum tentu tidak normal

Viral Ibu Hamil Hanya Satu Jam, Ini Penjelasan Dokter Spesialis ObgynIDN Times / Nana Suryana

Meski lahir dengan tidak adanya rasa kehamilan pada sang ibu, Rusmana menyebut bahwa bayi yang dilahirkan belum tentu tidak normal. Bayi itu bisa saja seperti bayi lain ketika asupan makanan sang ibu bagus mesti tidak merasa hamil.

"Selama asupan nutrisinya bagus walau dia tidak tahu ada bayi di perutnya, anaknya tetap akan normal saja," pungkasnya.

Baca Juga: Ajaib! Seorang Ibu di Tasikmalaya Hanya Hamil Selama 1 Jam

Baca Juga: 5 Olahraga untuk Ibu Hamil, Supaya Sehat Sampai Lahiran Nanti

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya