Viral Foto Bahar bin Smith dengan Penghuni Lapas yang Penuh Tato 

Beneran gak yah ada foto epik ini?

Bandung, IDN Times - Sebuah foto Bahar bin Smith yang dikelilingi penghuni lapas bertato dan menggunakan peci putih ramai di jagat maya. Ini setelah anggota DPR RI Fadli Zon mengunggah foto penceramah tersebut di Twitter pribadi miliknya.

Momen tersebut diambil saat Bahar bin Smith menjalani masa hukumannya di Lapas Cibinong, Bogor. Bahar Smith divonis tiga tahun penjara karena terbukti melakukan penganiayaan terhadap santrinya.

"Ini foto epik. Habib Bahar Smith bersama murid-muridnya di Lapas Cibinong, Bogor," kata Fadli dalam tautan unggahannya tersebut, Senin (27/4).

Dalam foto tersebut tampak Bahar Smith mengenakan baju berwarna gelap dan topi ala koboi duduk di bawah. Di samping dan belakangnya ada beberapa pria bertato mengenakan sarung dan peci.

Fadli menyebut foto tersebut diambil dari photo booth Lapas. Foto tersebut diabadikan oleh salah seorang napi di Lapas tempat Bahar Smit menjalankan hukumannya.

1. Ramai mendapat apresiasi

Viral Foto Bahar bin Smith dengan Penghuni Lapas yang Penuh Tato IDN Times/Galih Persiana

Sejak diunggah sekitar pukul 11.27 WIB, foto tersebut langsung ramai diperbincangkan. Bahkan sampai pukul 13.20 WIB, unggahan ini berhasil mendapat 180 komenter, 524 retweet, dan 2.027 orang menyukainya.

Akun @pakarena1971 memberikan komentar bahwa Bahar berhasil membuat pondok pesantren kecil-kecilan walaupun bersama sejumlah napi di dalam Lapas ini.

"Mungkin sebelumnya ada yang berharap HABIEB BAHAR di intimidasi bahkan di pukuli dalam tahanan tapi nyatanya malah beliau berhasil menjadikan pondok pesantren kecil2an bahkan katanya berhasil mengislamkan bebetapa NAPI.maha besar Allah dgn segala kehendaknya," ujarnya.

Adapun akun @anton_kaktuo menyebut bahwa kondisi ini menajdi hikmak bagi mereka yang tidak suka dengan Bahar Smith. "Subhanallah.... Hikmah yg sangat besar buat Muslim...Tp mgkn bisa jd blunder bagi scenario hater," kata dia.

2. Tapi tak sedikit yang menyebut foto ini hasil editan

Viral Foto Bahar bin Smith dengan Penghuni Lapas yang Penuh Tato Twitter/Fadlizon

Meski banyak akun pengikut Fadli Zon yang mengapresiasi, tapi tidak sedikit juga yang mengkritik unggahan tersebut. Mereka menilai bahwa foto yang disebarkan palsu dan hasil editan.

Hal ini disampaikan akun @SukaSuka_Sayya yang menyebut bahwa foto itu sangat terlihat tidak asli, alias editan. "Editan bos. Perhatikan baik-baik," kata dia.

Ada juga akun @Rambejaji2 menilai bahwa peci yang digunakan sejumlah tahanan dalam foto tersebut sangat terlihat tidak asli. "Ini make handuk apa peci sih," kata dia.

3. Bahar lega mendapat hukuman tiga tahun penjara

Viral Foto Bahar bin Smith dengan Penghuni Lapas yang Penuh Tato IDN Times/Galih Persiana

Sebelumnya, penceramah kondang Bahar Bin Smith dinytakan bersalah dan terbukti melakukan tindak penganiayaan terhadap muridnya dan divonis tiga tahun plus denda Rp50 juta oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bandung.

Habib Bahar, bersyukur atas hukuman yang dijatuhkan padanya. Hukuman tersebut lebih ringan tiga tahun dari tuntutan yang dilayangkan jaksa.

Setelah mendengarkan pembacaan putusan, kemarin, Bahar kemudian beranjak ke arah Bendera Indonesia yang berdiri di samping kanan meja Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bandung. Ia kemudian mencium Bendera Merah Putih, sambil mengangkat kepalan tangannya.

“Allahu Akbar!” teriak para pendukung Bahar yang berada di sana. Setelah mencium bendera, Bahar kemudian menyalami satu per satu jaksa yang menuntutnya.

Menurut Ketua Kuasa Hukum Bahar, Azis Yanuar, gestur tersebut merupakan sikap syukur yang ditunjukkan oleh Bahar. “Tadi dia (Bahar) angkat tangan, itu mengucapkan syukur,” kata Azis.

4. Tidak akan tunduk pada rezim

Viral Foto Bahar bin Smith dengan Penghuni Lapas yang Penuh Tato IDN Times/Galih Persiana

Penceramah kondang Bahar Bin Smith alias Habib Bahar menggelar pertemuan dengan para kuasa hukumnya sesaat sebelum ia menjalani sidang putusan. Dalam pertemuan itu, Bahar memastikan pada para kuasa hukumnya bahwa ia tidak akan tetap lantang mengkritisi pemimpin negara.

“Habib Bahar menyatakan bahwa apapun putusan majelis hakim, tetap Habib Bahar TIDAK AKAN KAPOK dalam melawan rezim, melawan ketidakadilan, menyuarakan kebenaran dan keadilan,” tulis Azis

Di  manapun ia ditahan, diasingkan, dan berapa lama pun dikurung, tidak akan mengubahnya,” tulis Azis. Hal tersebut, kata dia, disampaikan langsung oleh Bahar kepada para kuasa 

Baca Juga: Ridwan Kamil Ingin Ajukan PSBB untuk Seluruh Provinsi Jabar

Baca Juga: Bodebek Ajukan PSBB Tahap 2, Bupati Bogor Minta KRL Disetop Sementara

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya