Viral, Diduga Banyak Pungli di Pasar Caringin Bandung

Oknum keamanan di pasar minta uang hingga Rp1 juta

Bandung, IDN Times - Aksi pungutan liar (pungli) yang dilakukan seju lah oknum diduga marak terjadi di Pasar Induk Caringin, Kota Bandung. Dugaan pungli terhadap sopir kontainer ini sempat diunggah di media sosial (medsos) akun Angga Dinata.

Bahkan, pungli yang dilakukan itu di luar batas kewajaran. Mulai pintu masuk hingga bongkar muat barang. Tidak hanya itu, pungutan juga dilakukan oknum polisi yang sempat terakam kamera.

Kepolisian dari Polrestabes Bandung akan menyelidiki informasi dugaan adanya pungutan liar (pungli) di Pasar Caringin. 

Kasat Reskrim Polrestabes Bandung, AKBP Rudi Trihandoyo mengatakan, pihanya sudah mendapat informasi dugaan pungli di Pasar Induk Caringin Bandung.

"Ya, sudah monitor. Sedang dalam proses penyelidikan," singkat Rudi saat dihubungi wartawan, Minggu (15/8/2021) malam.

1. Dimintai uang hingga Rp1 juta

Viral, Diduga Banyak Pungli di Pasar Caringin BandungIlustrasi pungli. (IDN Times/Sukma Shakti)

Dalam akun Facebook @OtakOtak, disebut ada seorang sopir kontainer mengaku menjadi korban pungli di Pasar Caringin. Pungli tersebut diduga dilakukan oleh preman pasar, oknum polisi dan aparat keamanan. Pungli dilakukan terhadap sopir kontainer yang mengantarkan barang ke Pasar Induk Caringin Bandung.

Sopir atas nama Angga Dinata menuliskan total hampir Rp1 juta yang harus dia keluarkan saat masuk dan ke luar Pasar Induk Caringin.

"Saya masuk ke pintu pertama pasar Induk Caringin diminta uang parkir Rp415 ribu. Pintu masuk kedua, dipinta lagi Rp270 ribu. Nah, pas bongkar tiba-tiba ada polisi datang minta yang ke saya Rp100 ribu, bilangnya uang cas apalah saya tidak tahu," tulis Angga.

2. Sopir sempat mendapat ancaman dari aparat

Viral, Diduga Banyak Pungli di Pasar Caringin BandungIlustrasi Mengancam (IDN Times/Mardya Shakti)

Angga mengaku sempat terlibat adu mulut dengan oknum polisi tersebut. Namun, karena diancam akan ditahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) nya, akhirnya Angga memberikan uang.

"Mau tidak mau saya laporan sama yang punya toko, dikasihlah yang Rp.100 ribu itu. Polisi mah harusnya mengayomi masyarakat, bukan kaya jagoan pasar, ngetok-ngetok mobil minta uang," tulisnya.

Selesai menurunkan barang, Angga kembali didatangi seorang keamanan pasar dan meminta sejumlah uang.

"Nah, pas sudah kelar bongkar, saya mau ke luar di hampiri security pasar. Dia minta lagi Rp50 ribu. Ya, Allah ada apa ini banyak sekali pungli," ucapnya.

3. Minta kejadian ini diusut tuntas

Viral, Diduga Banyak Pungli di Pasar Caringin BandungPexels.com/pixabay

Atas kejadian ini, Angga pun meminta ada pengusutan hingga tuntas. Menurutnya, pungli ini tidak hanya menyerang satu atau dua supir pengangkut barang, tapi banyak pekerja lainnya.

"Tolong Pak Ridwan Kamil diusut masalah ini, bukan saya saja yang kena, yang lain juga kena. Saya mewakili supir lain pak masuk pasar itu semua pengeluaran hampir Rp1 juta untuk masuk pasar itu pak, tolong diusut pak," kata dia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya