Viking Klarifikasi Kerusuhan hingga Pelecehan Verbal di Stadion SJH 

Jangan sampai kejadian ini berulang

Bandung, IDN Times - Kelompok suporter Persib Viking menggelar pertemuan dengan PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) setelah kerusuhan yang dilakukan Bobotoh seusai pertandingan melawan Persija Jakarta di Stadion Si Jalak Harupat (SJH), pada Senin (23/9).

Pada pertemuan yang berlangsung di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung itu, Viking berbincang dengan perwakilan manajemen yakni Komisaris PT PBB Umuh Muchtar dan Interim Sport Director Adhitia Putra, Kamis (26/9/2024) petang.

Pertemuan berlangsung selama hampir satu jam itu membahas soal duduk perkara kerusuhan yang menyebabkan sembilan orang steward menjadi korban tersebut. Viking juga mengklarifikasi bahwa tidak ada anggotanya yang terlibat dalam aksi pengeroyokan itu.

Wakil Ketua Viking Dadan Garenk mengatakan, komunikasi antara manajemen dengan suporter perlu dijalin lebih baik lagi ke depannya.

“Alhamdulillah manajemen dan kami komunitas khususnya Viking sudah ada sinergi. Masalah komunikasi yang kemarin-kemarin tersumbat, Alhamdulillah sekarang bisa mencair kembali. Mudah-mudahan sampai ke depannya jadi lebih baik,” kata Dadan.

1. Pastikan Viking tak ikut serta dalam pengeroyokan steward

Viking Klarifikasi Kerusuhan hingga Pelecehan Verbal di Stadion SJH IDN Times/Debbie Sutrisno

Dia menjelaskan, dalam pertemuan itu PT PBB mengupayakan untuk komunikasi lebih terbuka dengan suporter, khususnya dalam distribusi tiket. Di sisi lain, Viking juga menjelaskan jika steward Viking Persib Club (VPC) tidak terlibat aksi pelecehan verbal, yang diduga menjadi pemicu kerusuhan kemarin.

“Viking Persib Club tidak terlibat kerusuhan seusai laga melawan Persija Jakarta, steward Viking tidak terlibat aksi pelecehan verbal, tribun Viking (timur) aman terkendali selama laga melawan Persija," kata dia.

Dadan pun menyampaikan beberapa poin penting hasil pertemuan tersebut.

1. Viking Persib Club tidak terlibat kerusuhan seusai laga melawan Persija Jakarat

2. Steward Viking Persib Club tidak terlibat aksi pelecehan verbal

3. Tribun Viking Persib Club (Timur) aman terkendali selama laga melawan Persija Jakarta

4. Distribusi tiket offline untuk para Korwil Viking Persib Club dari luar kota dikarenakan kejauhan

5. Sistem tiketing baru yang rencananya akan pakai Face Recognition

6. Manajemen Persib akan buat sistem tiketing baru dan hubungan terbuka kepada Bobotoh

2. Persib siap bantu perawatan dan bantuan hukum korban kerusahan

Viking Klarifikasi Kerusuhan hingga Pelecehan Verbal di Stadion SJH IDN Times/Istimewa

Insiden penyerangan oleh oknum penonton usai pertandingan Persib vs Persija Jakarta di Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Kabupaten Bandung, Senin (23/9/2024), mengakibatkan 21 orang terluka. Korban luka adalah steward-steward yang sedang bertugas dan beberapa orang Bobotoh yang berusaha membantu mengamankan situasi.

Berdasarkan laporan dari tim medis yang bertugas, dari 21 korban luka, 16 orang mendapat perawatan pertama oleh petugas PMI di stadion, dua di antaranya harus dirujuk ke rumah sakit sementara korban lainnya secara mandiri langsung ke rumah sakit.

Seluruh korban dipastikan sudah mendapatkan penanganan dan perawatan intensif sehingga sampai saat ini, sebagian besar korban luka pun sudah diperbolehkan meninggalkan rumah sakit ke rumahnya masing-masing. Satu korban hingga saat ini masih dirawat di RSUD Oto Iskandar Dinata, Kabupaten Bandung dikarenakan harus menjalani serangkaian pemeriksaan lanjutan akibat luka di bagian kepala.

"Persib memastikan akan menanggung seluruh biaya pengobatan korban luka, baik para steward dan Bobotoh sehingga semua bisa segera pulih dan kembali beraktivitas seperti sedia kala," mengutip pernyataan resmi klub, Rabu (25/9/2024).

3. Kekerasan dalam bentuk apapun tidak diperbolehkan

Viking Klarifikasi Kerusuhan hingga Pelecehan Verbal di Stadion SJH IDN Times/Istimewa

Secara khusus, Persib memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada 21 orang, baik petugas steward dan Bobotoh yang terluka karena melerai atau mengamankan situasi saat insiden tersebut, atas kinerja dan tanggung jawab yang mereka lakukan.

Persib juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak kepolisian dan aparat keamanan yang sudah sangat sigap mengamankan insiden kerusuhan kemarin sehingga situasi dapat dengan cepat dikendalikan dan para korban dapat diselamatkan.

"Kami mengecam tindakan kekerasan atas alasan apapun, dan berkomitmen untuk bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk mengusut tuntas dan memproses hukum oknum-oknum pelaku kekerasan tersebut," masig mengutip siaran pers.

4. Pastikan usut tuntas kasus Bobotoh yang dapat pelecehan verbal

Viking Klarifikasi Kerusuhan hingga Pelecehan Verbal di Stadion SJH IDN Times/Istimewa

Persib berkomitmen untuk mengusut tuntas kasus dugaan pelecehan verbal kepada Bobotoh perempuan dengan membantu melaporkan ke kepolisian agar dapat diproses secara hukum, serta mengusut tuntas dugaan intimidasi atau kekerasan yang dilaporkan terjadi pasca pertandingan Pangeran Biru melawan Port FC pada tanggal 19 September 2024.

Peersib sekali lagi meminta maaf kepada semua Bobotoh atas kejadian kekerasan yang terjadi semalam - yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab - yang telah mencoreng reputasi dan nama baik PERSIB dan Bobotoh selama ini. Serta menolak untuk ditunggangi segelintir orang yang merugikan dan membuat malu Bobotoh, pemain, ofisial, manajemen, dan panitia pelaksana di kancah persepakbolaan nasional dan internasional.

"Mengajak semua Bobotoh untuk bersatu melawan tindakan kekerasan atas alasan apapun. Persib lahir dari cinta dan perjuangan seluruh pihak: pemain, Bobotoh, manajemen, official, dan panitia pelaksana. Maka kami berkomitmen untuk menciptakan atmosfer pertandingan sepakbola yang aman dan nyaman bagi seluruh kalangan. Persib akan bekerja lebih keras supaya kerusuhan dan tindakan kekerasan tidak terulang lagi dan memastikan semua oknum yang terlibat kejadian semalam tidak akan dapat lagi membeli tiket untuk menonton pertandingan-pertandingan Persib secara langsung di stadion," tutup siaran pers tersebut.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya