Unpad Terima 2.636 Calon Mahasiswa Baru dari Jalur SNBP 

Yuk daftar jadi mahasiswa Unpad

Bandung, IDN Times - Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Prof. Arief S. Kartasasmita mengatakan, tahun ini Unpad menerima 2.636 calon mahasiswa baru lewat SNBP. Total jumlah pendaftar SNBP ke Unpad mencapai 31.329 orang. Jumlah ini menjadikan Unpad menjadi PTN dengan jumlah pendaftar terbanyak kelima di Indonesia.

Arif mengatakan, jumlah kuota tahun ini dinaikkan untuk memberikan kesempatan kepada talenta terbaik bisa masuk ke Unpad.

"Tidak hanya dari Jawa Barat tetapi juga dari seluruh Indonesia," ujar Arif melalui siaran pers, Selasa (26/3/2024).

1. Alokasikan kursi khusus untuk mahasiswa 3T

Unpad Terima 2.636 Calon Mahasiswa Baru dari Jalur SNBP Ilustrasi mahasiswa di kampus (Pexels.com/Kampus Production)

Upaya tersebut diimplementasikan melalui empat kebijakan keberpihakan Unpad, yaitu alokasi untuk peserta difabel, siswa berprestasi yang tinggal di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T); siswa berprestasi dari kalangan keluarga yang belum pernah melanjutkan studi ke perguruan tinggi; hingga siswa yang sekolahnya belum terepresentasikan di Unpad.

Melalui empat kebijakan tersebut, calon mahasiswa baru yang diterima di Unpad pada SNBP merupakan mereka yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Prof. Arief menjelaskan, tahun ini, banyak peserta dari luar pulau Jawa yang mendaftar SNBP ke Unpad.

“Seluruh provinsi di Indonesia, Alhamdulillah bisa bersaing. Ini membuktikan bahwa minat untuk masuk ke Unpad datang dari seluruh Indonesia. Dan prestasinya juga baik-baik, jadi masuk ke dalam kriteria Unpad,” paparnya.

2. Calon mahasiswa yang lolos SNBP tidak bisa mengambil jalur SNBT

Unpad Terima 2.636 Calon Mahasiswa Baru dari Jalur SNBP wikipedia.com

Selain itu, jumlah asal sekolah yang diterima di Unpad meningkat dua kali lipat. Arif menyebut tahun lalu jumlah sekolah yang diterima di Unpad berkisar 700-an.

“Sekarang lebih dari 1.000 sekolah diakomodasi di Unpad. Jadi, kita memiliki cakupan aksesibilitas yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya,” imbuhnya.

Nantinya, calon mahasiswa yang sudah dinyatakan diterima di SNBP tidak bisa mendaftar ke jalur SNBT maupun Mandiri. Kendati demikian, diperkirakan masih tetap ada calon mahasiswa baru dari jalur SNBP yang tidak melakukan registrasi ulang dengan berbagai alasan.

“Tahun lalu hampir 90 persen calon mahasiswa di SNBP melakukan registrasi ulang. Tahun ini mungkin tetap ada yang tidak mengambil karena ada hal lain yang dikejar. Tetapi harapannya tahun ini bisa 99% yang melakukan registrasi ulang,” jelasnya.

Selain itu, peserta yang tidak mengambil SNBP juga bisa berpotensi mengganggu peringkat sekolah di tahun berikutnya. “Jadi, kalau bisa dimanfaatkan, itu mending melakukan registrasi ulang. Ini adalah peluang berharga karena sudah menyisihkan banyak saingan,” kata Prof. Arief.

3. Mari manfaatkan kesempatan ini

Unpad Terima 2.636 Calon Mahasiswa Baru dari Jalur SNBP kompas.com

Arief pun mengingatkan bahwa tidak ada pengumuman kelulusan susulan dari jalur SNBP. Calon mahasiswa baru juga wajib mengetahui informasi registrasi melalui laman resmi Unpad.

“Daftar menggunakan tata cara yang sudah ditentukan di dalam pengumuman registrasi nanti. Jangan percaya kalau ada yang bisa membantu untuk pindah (perguruan tinggi), serta manfaatkan kesempatan ini dengan mendaftar,” paparnya.

Baca Juga: Kronologi 2 Mahasiswa Unpad Meninggal Tersambar Petir saat Camping 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya