Unggul Hasil Survei, Anies: Apa yang Kita Kerjakan akan Diteruskan 

Siap selesaikan keluhan masyarakat

Bandung, IDN Times - Sejumlah survei dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta memperlihatkan bahwa nama Anies masih mejeng di nomor pertama pilihan masyarakat. Indikator Politik Indonesia misalnya, memperlihatkan bahwa Anies masih satu tingkat di atas Ridwan Kamil dan Ahok. Dalam simulasi tiga nama, elektabilitas Anies tertinggi dengan 43,8%, disusul Ahok 32,1%, dan Ridwan Kamil 18,9%.

Terkait hal ini, Anies menyebut bahwa hasil survei ini sangat menarik khususnya pada hal kebutuhan masyarakat seperti pangan. Masyarakat Jakarta menilai bahwa kebutuhan bahan pokok masih menjadi hal krusial yang harus dituntaskan.

"Yang kedua lapangan pekerjaan dan selisihnya dengan perusahaan-perusahaan lain itu cukup signifikan. jadi saya ketika melihat survei indikator itu Saya melihat berarti kebutuhan rakyat Jakarta tentang lapangan pekerjaan, biaya hidup yang terjangkau, itu yang harus menjadi prioritas kita," kata Anies ditemui dalam Sidang Doktoral Saan Mustopa di Kampus Unpad, Bandung, Jumat (26/7/2024).

1. Isu pendidikan dan kesehatan harus dituntaskan

Unggul Hasil Survei, Anies: Apa yang Kita Kerjakan akan Diteruskan Ilustrasi balita (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Sebagai seorang petahana, Anies memastikan apa yang sudah dilakukannya selama menjabat Gubernur Jakarta lima tahun ke belakang akan dia teruska agar keinginan masyarakat bisa benar-benar terpenuhi. Harapannya ketika dia terpilih nanti untuk periode kedua maka persoalan biaya hidup yang terjangkau dan lapangan pekerjaan bisa lebih baik.

"Juga soal kesehatan pendidikan yang juga di situ cukup tinggi itu bisa terselesaikan," paparnya.

2. Hasil survei bukan hasil pasti

Unggul Hasil Survei, Anies: Apa yang Kita Kerjakan akan Diteruskan Mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan. (IDN Times/Amir Faisol)

Di sisi lain, Anies memastikan bahwa hasil survei yang dilakukan sejumlah pihak belum tentu memastikan dia bisa menjadi Gubernur Jakarta kembali. Sebab, apapun hasil survei bisa jadi meleset, untuk itu harus ada perjuangan dari semua pihak agar hasil survei ini menjadi kenyataan.

"Kita semua melihat ini sebagai sebuah perjuangan untuk masyarakat jadi apapun angka yang ada di survei itu perjalanan masih panjang, jadi kita terus akan fokus," kata dia.

3. Anies masih unggul telak dari para calon lawan

Unggul Hasil Survei, Anies: Apa yang Kita Kerjakan akan Diteruskan Anies dan Ahok (IDN Times/Aditya Pratama)

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkait elektabilitas sejumlah kandidat dalam gelaran Pilkada DKI Jakarta 2024. Hasilnya, mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, unggul telak mengalahkan nama kuat lainnya seperti mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Profesor Burhanuddin Muhtadi, menyampaikan dalam simulasi top of mind (terbuka), Anies unggul telak dengan elektabilitas 39,7 persen. Burhanuddin menjelaskan, simulasi top of mind artinya responden diberikan kebebasan secara terbuka, untuk memilih siapa kandidat cagub yang didukung.

"Ini menarik, dalam simulasi top of mind, yang tidak memberikan jawaban secara spontan cuma 16 persen, artinya relatif kecil. Ini sebagian besar warga di Jakarta sudah punya pilihan secara spontan dan terbuka. Ini menarik, padahal pemilunya masih sekitar tiga bulan, calon belum ditetapkan KPU, tapi warga punya preferensi," ujar dia dalam konferensi pers rilis survei, Kamis (25/7/2024).

"Hampir 40 persen, tepatnya 39,7 persen itu memilih Anies Baswedan," sambung Burhanuddin.

Fenomena tersebut menunjukkan Anies punya basis pemilih kuat dan mengakar. Masyarakat langsung memilih Anies tanpa disodorkan kandidat di Pilkada 2024 dalam simulasi.

"Ini bisa kita sebut sebagai strong voters karena mereka bisa menyebut nama cagub tanpa kita breafing nama-nama yang akan maju," tuturnya.

Baca Juga: Jazilul: 99 Persen PKB Dukung Anies di Pilkada DKI, SK Tinggal Diketik

Baca Juga: PAN Buka Opsi Dukung Anies di Pilkada DKI Jakarta 2024

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya