Tujuh Pemudik Reaktif COVID-19 di Rest Area Tol Jakarta-Cikampek

Pengetesan di rest area tol dilakukan hingga akhir tahun

Bandung, IDN Times - Tujuh pemudik yang bepergian menggunakan jalan tol dinyatakan reaktif COVID-19 setelah menjalani tes usap antigen di tempat istirahat Kilometer (Km) 19 Tol Jakarta Cikampek, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Total hingga saat ini ada tujuh yang reaktif," kata Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono saat meninjau Operasi Lilin Jaya 2020 di Rest Area KM 19 dikutip dari ANTARA, Kamis (24/12/2020).

Gatot menyebut pelaksanaan tes usap antigen di tempat istirahat KM 19 Tol Jakarta-Cikampek telah dimulai sejak Rabu kemarin hingga hari ini.

1. Sudah ada 436 pemudik manfaatkan tes antigen

Tujuh Pemudik Reaktif COVID-19 di Rest Area Tol Jakarta-CikampekPetugas melayani calon penumpang pesawat saat mengikuti tes cepat COVID-19 di area Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (20/12/2020) (ANTARA FOTO/Fauzan)

Dalam kurun waktu 2 hari itu, kata dia, total ada 436 pengguna jalan tol, baik pemudik maupun warga sekitar, yang memanfaatkan tes usap antigen gratis tersebut dengan perincian 166 orang pada hari pertama dan 270 orang pada hari ini.

"Kemarin dari 166 ada satu reaktif, sedangkan pada hari ini ada enam orang reaktif. Total ada tujuh yang reaktif," katanya menjelaskan.

Selanjutnya, ketujuh pengguna jalan tol yang dinyatakan reaktif tersebut menjalani penanganan lebih lanjut dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi.

"Jadi, setelah diberitahukan kepada yang bersangkutan, kemudian disampaikan untuk dilakukan tindak lanjut tes usap atau melakukan tindakan ke rumah sakit terdekat," katanya.

2. Pengetesan untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 di daerah tujuan pemudik

Tujuh Pemudik Reaktif COVID-19 di Rest Area Tol Jakarta-CikampekPelaksanaan rapid test antigen di Terminal Tipe A Tirtonadi, Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Gatot mengatakan bahwa Polri bersama Polda Metro Jaya maupun polda seluruh Indonesia serentak melakukan kegiatan tes usap antigen di 70 tempat istirahat yang berada di jalan tol.

Selain itu, tes serupa juga dilakukan di titik lain, seperti pelabuhan, bandara, hingga perbatasan wilayah.

"Ini juga semua didukung dari TNI serta pemeritah daerah setempat. Sebagai upaya dalam meminimalisasi penyebaran corona saat libur Natal dan tahun baru," katanya.

3. Ada 13 calon penumpang di stasiun Cirebon yang positif COVID-19

Tujuh Pemudik Reaktif COVID-19 di Rest Area Tol Jakarta-CikampekSuasana Stasiun Kereta di tengah pandemik COVID-19 (Dok. Humas KAI)

Petugas kesehatan yang tengah melakukan pengecekan calon penumpang di Stasiun Cirebon mendapati ada 13 calon penumpang yang positif COVID-19. Ini didapat setelah mereka menjalani tes antigen saat berada di stasiun.

Seluruh penumpang tersebut pun langsung ditangani Satgas setempat, kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Luqman Arif. "Dari awal pelaksanaan tes antigen terdapat 13 orang yang dinyatakan positif COVID-19," kata Luqman dilansir ANTARA, Kamis (24/12/2020).

4. Penumpang yang positif tidak boleh menggunakan kereta

Tujuh Pemudik Reaktif COVID-19 di Rest Area Tol Jakarta-CikampekSuasana Kereta di tengah pandemik COVID-19 (Dok. Humas KAI)

Dia menambahkan untuk calon penumpang yang hasil tes antigen dinyatakan positif tidak diperkenankan melakukan perjalanan dengan kereta dan bea akan dikembalikan utuh sesuai yang tercetak di tiket.

Adapun syarat calon penumpang kereta untuk melakukan tes antigen adalah dengan menunjukkan tiket KA atau kode booking pada saat pendaftaran.

"Untuk biayanya cukup terjangkau yaitu sebesar Rp105 ribu," katanya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya