TPA Sarimukti Kebakaran, Waspada Timbunan Sampah di Kota Bandung 

Api masih menyala dan belum bisa dipadamkan hingga sekarang

Bandung, IDN Times - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, di Kabupaten Bandung Barat (KBB), mengalami kebakaran. Kondisi ini diprediksi membuat pembuangan sampah dari sejumlah daerah termasuk Kota Bandung tersendat.

Pelakasana harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengimbau masyarakat untuk bisa mengelola sampah secara mandiri dari rumah masing-masing. Hal tersebut juga untuk mengantisipasi dampak kebakaran TPA Sarimukti.

"Saya harapkan para pengurus RT dan RW mengedukasi masyarakat untuk bisa menghadirkan sampah yang selesai di lingkungan. Mudah-mudahan tidak terjadi hambatan untuk pembuangan sampah ke TPA. Artinya ada potensi penumpukan sampah di Kota Bandung," ujarnya, Selasa (22/8/2023).

Dia berharap kebakaran di TPA Sarimukti segera dapat ditangani dan tidak berulang, sehingga ritasi pembuangan sampah tidak terganggu.

"Mudah mudahan itu tidak meluas sehingga proses ritasi ke TPA tidak terganggu," ujarnya.

1. Kebakaran masih terjadi di TPA Sarimukti

TPA Sarimukti Kebakaran, Waspada Timbunan Sampah di Kota Bandung instagram.com/yobelnovianputra

Api yang membakar tumpukan sampah di TPA Sarimukti, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, sampai siang ini masih belum padam. Masih ada titik api di TPA Sarimukti yang belum padam dan hingga kini masih berusaha dipadamkan petugas pemadam kebakaran.

Polisi mengungkapkan penyebab sementara kebakaran yang terjadi sejak Sabtu (19/8/2023). Kapolsek Cipatat AKP Kusmawan mengatakan, dugaan sementara kebakaran pada tumpukan sampah karena puntung rokok.

"Dugaan awal dari percikan puntung rokok (kebakaran)," kata Kusmawan dikonfirmasi, Selasa (22/8/2023).

2. Mobil damkar masih coba memadamkan api

TPA Sarimukti Kebakaran, Waspada Timbunan Sampah di Kota Bandung Pengangkutan sampah di TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat. IDN Times/Bagus F

Ia menuturkan, sampah-sampah yang sudah menggunung di TPA Sarimukti itu menimbulkan bahas gas. Kondisi cuaca yang memasuki kemarau ini pun menjadi salah satu penyebab kebakaran terjadi.

"Timbunan sampah yang sudah menggunung sehingga menimbulkan bahan gaw, ditambah cuaca musim kemarau, terjadi kebakaran," ujarnya.

Sejumlah mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api dari Pemerintah Kota dan Kabupaten di Bandung Raya.

3. Satu alat beko terbakar di sana

TPA Sarimukti Kebakaran, Waspada Timbunan Sampah di Kota Bandung Ilustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, Koordinator TPA Sarimukti Riswanto mengatakan, kebakaran gunungan sampah di zona empat terjadi sejak Sabtu (19/8) pukul 23.00 WIB. Titik api masih belum padam dan membakar gunungan sampah.

“Awalnya sampah kebakar, terus merembet. (Beko) membantu memadamkan api. Ada satu beko terbakar,” kata Riswanto.

Menurutnya, Beko yang terbakar itu sempat digunakan untuk membuat parit agar api bisa padam. Namun, Beko akhirnya ikut terbakar sedangkan operator berhasil menyelamatkan diri.

Baca Juga: 244 Kebakaran Lahan Terbuka Terjadi di Surabaya

Baca Juga: 10 Potret Cantik Pulau Maui Hawaii Sebelum Kebakaran, Eksotis Banget!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya