Tips Nyaman Menyaksikan Keseruan Asia Africa Festival 2024

Kegiatan ini juga bisa disaksikan secara online 

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali menggelar Asia Africa Festival (AAF) atau Festival Asia Afrika pada Sabtu dan Minggu, 6-7 Juli 2024. Tahun ini, AAF akan diikuti 28 delegasi dari negara Asia dan Afrika.

Jumlah delegasi ini lebih banyak dari AAF tahun 2023 yang berjumlah 17 delegasi. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengajak seluruh pelaku usaha di Kota Bandung.

Sejumlah aturan berupa hal-hal yang boleh dan dilarang dilakukan penonton parade seni dan budaya dalam rangkaian event Asia Africa Festival 2024 serta Asia Africa Corner ini penting dicatat sebelum datang ke lokasi. Berikut hal yang boleh dilakukan pengunjung Festival Asia Afrika 2024 adalah:

1. Menjaga kebersihan
2. Berpakaian yang nyaman
3. Menaati aturan dan tata tertib
4. Membawa jas hujan
5. Waspada dengan barang bawaan
6. Membawa Tumbler minum sendiri

Sementara, hal-hal yang dilarang dilakukan pengunjung Festival Asia Afrika 2024 yaitu:

1. Membawa senjata tajam atau api
2. Membawa narkotika
3. Membawa minuman keras
4. Membuang sampah sembarangan
5. Membawa hewan peliharaan
6. Merusak fasilitas umum
7. Melewati pembatas

1. Kegiatan ini juga bisa disaksikan secara online

Tips Nyaman Menyaksikan Keseruan Asia Africa Festival 2024Dok. Humas Pemkot Bandung

Bagi kamu yang tidak bisa hadir langsung menyaksikan Asia Africa Festival 2024, tak perlu khawatir ketinggalan momen keseruan yang rencananya dihadiri 28 delegasi negara Asia Afrika. Pertunjukan parade Asia Africa Festival 2024 yang digelar pada 6 Juli 2024 mendatang akan ditayangkan secara langsung dari lokasi acara melalui kanal YouTube Diskominfo Kota Bandung.

Live Streaming Asia Africa Festival 2024 akan dimulai Sabtu, 6 Juli 2024 pukul 13.30 WIB di kanal YouTube Diskominfo Kota Bandung. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah merancang dua hari tersebut sebagai pestanya warga Bandung, dan juga warga Asia dan Afrika.

2. Ini rangkaian AFF 2024

Tips Nyaman Menyaksikan Keseruan Asia Africa Festival 2024Dok. Humas Pemkot Bandung

Bertajuk Asia Africa Corner 2024, kegiatan ini bakal dibuka pada Sabtu, 6 Juli 2024. Sejumlah acara juga bakal digelar mulai dari Cultural Dance or Similar dan Perform Asia Africa Corner Main Artist.

Selanjutnya pada Minggu, 7 Juli 2024, bakal ada lebih banyak lagi keseruan. Mulai dari penampilan komunitas lokal, penampilan kesenian, serta rangkaian lainnya menuju penutupan Asia Africa Festival.

Selain itu, bakal hadir juga pameran dengan menampilkan 40 tenan dengan kategori UKM dari 17 sub-sektor pelaku ekonomi kreatif yang dikurasi oleh tim Disbudpar Kota Bandung dan Tokopedia.

Lalu, akan ada 20 tenan kategori fesyen, sepuluh beauty dan FNB. Seluruh gelaran Asia Africa Festival 2024 bakal digelar di Jalan Braga Pendek, Kota Bandung. Asia Africa Festival 2024 akan melibatkan sejumlah peserta dari level nasional, hingga benua Asia dan Afrika.

3. Acara ini jadi hajat besar warga Bandung

Tips Nyaman Menyaksikan Keseruan Asia Africa Festival 2024Penjabat Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono. IDN Times/Debbie Sutrisno

Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan, AAF tahun ini akan terselenggara secara baik bila ada peran serta seluruh stakeholder termasuk para pelaku usaha.

"Asia Afrika Festival ini hajatnya Kota Bandung. Nama Kota Bandung dipertaruhkan di tingkat internasional. Mari kita bersama sama menyajikan someahna (ramah) Kota Bandung supaya bernilai dan menyampaikan ke negaranya masing masing," kata Bambang saat memimpin rapat koordinasi bersama para pelaku usaha Braga Pendek di Braga Permai, melalui siaran pers dikutip Minggu (30/6/2024).

Bambang menyebut, tahun ini AAF akan lebih meriah dengan kehadiran Asia Afrika Corner yang diisi oleh 40 stan UMKM. Untuk itu peran pelaku usaha ini sangat penting untuk kesuksesan AAF tahun ini.

"Akan ada penutupan di Braga Pendek untuk Asia Afrika Corner. Untuk itu kami undang para pelaku usaha di sana, karena harus ada komitmen bersama. Kami ingin berkolaborasi, pemerintah tidak bisa apa-apa kecuali kita bersama," ujarnya.

Bambang berharap, terselenggaranya AAF akan mendongkrak pariwisata dan memacu laju pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung.

"Ini adalah hajat kita semua. Terima kasih atas dukungannya. Mari kita sama-sama sukseskan AAF ini supaya orang berbondong-bondong datang ke Kota Bandung," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Pabrik Baterai EV Pertama-Terbesar di Asia Tenggara

Baca Juga: Wamenlu: Semangat KAA Perkuat Hubungan Indonesia-Afrika

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya