Tiga Minggu Hilang, Siswa Kelas VI SD yang Hilang Berhasil Ditemukan

Siswa tersebut tenyata kabur dari rumah

Bandung, IDN Times - Siswi kelas VI sekolah dasar (SD) di Kota Bandung berinisial K yang hilang sejak tiga minggu lalu berhasil ditemukan. (K) ditemukan bersama seorang pria di sebuah apartemen. Penemuan ini setelah tim dari kepolisian Polrestabes Bandung bekerja cepat usai mendapatkan laporan dari orang tua korban.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan, anak tersebut hilang dari pertengahan November. Orang tua dari (K) kemudian melaporkan mengenai kehilangan anaknya ke polisi pada 29 November 2023.

Setelah dilakukan pemeriksaan kepada sejumlah saksi dan pengecekan CCTV polisi mendapati bahwa K pergi bersama seorang pria berinisial A.

"Kami melakukan pelacakan melalui teman-teman sekolahnya, lingkungan keluarga, termasuk sosial media yang dipegang korban. Setelah melaksanakan pelacakan ternyata korban berada di sebuah rumah bersama A," kata Budi dalam konferensi pers, Rabu (20/12/2023).

1. Korban pergi dari rumah, bukan diculik

Tiga Minggu Hilang, Siswa Kelas VI SD yang Hilang Berhasil DitemukanIlustrasi penculikan. (IDN Times/Mardya Shakti)

Budi menuturkan, dari keterangan K dan pria A, ini bukanlah kasus penculikan. Karena awalnya K sendiri yang pergi meninggalkan rumah, tidak lantas diculik.

Dari pemeriksaan awal, diketahui ada permasalahan keluarga yang membuat anak tersebut pergi meninggalkan ibunya ketika hendak bersekolah.

"Pertamanya adalah kabur, kemudian bertemu dengan A yang sudah kenal lewat medsos, diajak tinggal bersama," kata Budi.

2. Pria A diamankan sementara

Tiga Minggu Hilang, Siswa Kelas VI SD yang Hilang Berhasil Ditemukanilustrasi (Unsplash.com/Jose P. Ortiz)

Untuk pria A yang membawa K, polisi memastikan yang bersangkutan sekarang masih berada di Polrestabes Bandung untuk dimintai keterangan. Sebab, seharusnya pria tersebut bisa memulangkan K yang masih di bawah umur, bukannya mengajak tinggal bersama.

"Harusnya ini dikembalikan kepada orang tuanya," kata dia.

3. K kabur ketika hendak berangkat sekolah

Tiga Minggu Hilang, Siswa Kelas VI SD yang Hilang Berhasil DitemukanGoogle

Sebelumnya, seorang siswi sekolah dasar (SD) kelas 6 di Kota Bandung dilaporkan hilang selama dua pekan. Hal ini diketahui setelah ada laporan ke Polrestabes Bandung. Pelapor tersebut adalah ibu korban, TF, yang melaporkan kejadian ini pada pada 9 Desember 2023.

Tita menuturkan, anaknya sudah hilang selama dua pekan ketika yang bersangkutan hendak berangkat ke sekolah pada 28 November 2023. Anaknya pamit ke sekolah tapi ketika dicari ke sekolah, guru menyebut bahwa sang anak tidak pernah sampai ke sekolah pada tanggal tersebut.

"Dia berangkat ke sekolah, tapi pas saya lihat di video sama foto grup WA kelas tidak ada K(anak TF). Saya cek ke sekolah ternyata memang hari itu K gak sampai sekolah," kata TF saat dihubungi wartawan, Senin (10/12/2023).

Setelah diisukan hilang karena tidak sampai ke sekolah, manajemen sekolah dan TF mencoba mencari K. Mereka menghubungi ponsel K hingga siang hari pukul 11.00 WIB, tapi pada sore hari sekitar pukul 16.00 WIB ponselnya sudah tidak kunjung bisa dihubungi.

TF menyebut bahwa dia sudah mencoba mencari K ke teman-temannya, tapi tidak ada yang tahu ke mana anak tersebut pergi. K selama ini lebih senang berada di rumah ketimbang bermain sehingga tidak diketahui ke mana K ketika selesai sekolah dan bermain.

"K ini anak rumahan, jadi jarang bergaul juga di lingkungan luar, paling di sekolah. Dan mereka juga gak tahu K biasa main di mana," katanya.

Baca Juga: 24 Tahun Lalu Prabowo Menjawab Uni Lubis soal Penculikan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya