Terjebak di Dalam Gua, Tiga Mapala dari UNSIKA Meninggal Dunia

Korban meningal diperkirakan panik dan kehabisan oksigen

Bandung, IDN Times - Tiga mahasiswa dari Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) ditemukan meninggal dunia. Mereka ditemukan setelah terjebak di Goa Lele Kecamatan Pangkalan Kabupaten Karawang, Senin(23/12).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung Deden Ridwansah menuturkan, seluruh korban ditemukan oleh Tim SAR Gabungan sekitar pukul 04.25 WIB, Senin (23/12). Korban pertama yang ditemukan atas nama Erisa Rifan (20) dalam keadaan meninggal dunia. Kemudian pada pukul 05.30 WIB tim mendapati korban Alief Rindu (19).

"Dan satu korban terakhir atas nama Ainan Fatimatuzahro (19) berhasil dievakuasi pada pukul 06.00 WIB oleh tim SAR Gabungan" ujar Deden melalui siaran pers.

Menurut Deden, kemungkinan korban panik pada saat air masuk ke dalam goa. Selain itu ketiganya diperkirakan kehabisan oksigen.

"Dan cukup lama juga terjebak di dalam gua sampai berhasil dievakuasinya," paparnya

1. Saat ini seluruh koban dibawa ke RSUD Kawarang untuk pemeriksaan

Terjebak di Dalam Gua, Tiga Mapala dari UNSIKA Meninggal DuniaDok.IDN Times/Istimewa

Deden mengatakan, saat ini seluruh korban telah dibawa ke RSUD Karawang untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk diketahui penyebab dari kematian tiga orang ini.

Menurut Deden, berdasarkan data yang dihimpun Erisa Rifania dan Alief Rindu merupakan mahasiswa Fakultas Keguruan Unsika yang berasal dari Bogor. Sedangkan Ainan merupakan Mahasiswa Fakultas Kesehatan yang berasal dari Banjarnegara.

2. Hujan deras membuat tiga orang ini terjebak di dalam Goa Lele

Terjebak di Dalam Gua, Tiga Mapala dari UNSIKA Meninggal DuniaDok.IDN Times/Istimewa

Deden mengatakan, sebelumnya kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung menerima informasi terkait tiga mahasiswa UNSIKA yang terjebak di Goa Lele, Kampun Tanah Beureum, Desa Tamansari, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang

"Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung menerima informasi dari pihak BPBD Karawang pada 21.00 WIB" kata Deden Ridwansah.

Berdasarkan laporan yang diterima, ketiga mahasiswa merupakan anggota MAPALA UNSIKA yang sedang melaksanakan pendidikan lanjutan organisasi di Goa Lele. Di tengah kegiatan, pukul 13.00 WIB hujan deras mengguyur lokasi dan mengakibatkan tersisa tiga orang terjebak di Goa Lele.

3. Anggota tim sulit mengevakuasi karena butuh peralatan khusus

Terjebak di Dalam Gua, Tiga Mapala dari UNSIKA Meninggal DuniaDok.IDN Times/Istimewa

Tim yang ikut serta dalam rombongan ini tidak bisa melakukan evakuasi. Sebab, kondisi medan sulit dan evakuasi membutuhkan peralatan khusus.

"Info dari unsur yang berada di lapangan kesulitan evakuasi karena kondisi medan sangat sempit dan jarak dari mulut goa hingga mencapai korban membutuhkan waktu kurang lebih satu jam" lanjut Deden.

Kemudian, sekitar pukul 21.20 WIB Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung dikerahkan menuju lokasi kejadian dengan membawa peralatan yaitu 1 Unit Rescue Truck, 1 Set Peralatan HART (High Angle Rescue Technique), 1 Set Peralatan Alkom dan 1 Set Peralatan Medis.

Baca Juga: Ikut Susur Goa, Wisatawan Goa Pindul Meninggal Dunia

Baca Juga: Uji Nyali Tim Caving Hiawata Sentuh Perut Bumi di Dasar Goa Leang Pute

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya