Terduga Teroris Ditangkap Densus 88 Punya Rumah di Kabupaten Bandung

Terduga teroris merupakan karyawan PT KAI

Bandung, IDN Times - Terduga teroris berinisial DE yang ditangkap Detasemen khusus (Densus) 88 di Bekasi Utara, diketahui memiliki rumah atau tinggal di Manggahang, Baleendah, Kabupaten Bandung. Belum diketahui apakah tim Densus 88 akan melakukan pengembangan ke rumah DE di Baleendah atau tidak. 

Kabid Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengaku belum mendapatkan koordinasi apapun dari pihak Densus 88. 

"Itu (teroris) biasanya dalam pengembangan Densus," ujar Ibrahim Tompo, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (14/8/2023). 

Menurutnya, saat ini belum ada anggota Polisi dari Polda Jabar yang ditugaskan untuk melakukan pendampingan atau pengamanan.

"Sampai sekarang itu tidak ada koordinasi dari pihak Densus ke kita, makanya kita juga tidak ada pengawalan apa-apa. Tidak ada (anggota yang diperbantukan)," katanya.

Sebelumnya, seorang karyawan PT Kereta Api Indonesia (KAI), DE (28), ditangkap Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri karena diduga terlibat kasus terorisme. DE diduga pendukung kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

EVP of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji mengungkapkan, pihaknya menghargai proses hukum yang ada. KAI mendukung pemberantasan praktik terorisme.

"Kami siap bekerja sama dengan pihak berwenang terkait isu tersebut," kata Agus, dalam keterangannya, Senin (14/8/2023).

Agus menjelaskan, KAI tidak menoleransi tindakan yang bertentangan dengan hukum, seperti keterlibatan dengan kelompok teroris. Manajemen KAI, katanya, akan menindak tegas karyawan yang terbukti terlibat dengan kasus terorisme.

"KAI berkomitmen untuk turut memberantas kejahatan terorisme di lingkungan perusahaan dengan terus mengingatkan seluruh jajaran mengenai integritas dan nasionalisme, serta melakukan peningkatan pengawasan oleh fungsi terkait," kata dia.

Sebelumnya, Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, mengatakan DE ditangkap di Bekasi Utara, Jawa Barat, Senin (14/8/2023) pukul 13.17 WIB. 

“Benar bahwa ada giat penegakan hukum terhadap satu orang target tindak pidana terorisme Kelompok Media Sosial di wilayah DKI Jakarta,” kata Ramadhan saat dihubungi.

Baca Juga: Ketua RT Sebut Terduga Teroris di Bekasi adalah Karyawan KAI

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya