Tel-U dan Unpad Masih Pertimbangkan untuk Kuliah Tatap Muka 

Sudah bosan sih, tapi angka COVID kan masih tinggi

Bandung, IDN Times - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) berencana membuka sekolah hingga universitas pada Januari 2021. Sejumlah skema pun tengah dipersiapkan agar pembukaan sistem belajar ini tidak menimbulkan klaster baru penyebaran COVID-19 di lingkungan kampus.

Menanggapi hal tersebut, Rektor Telkom University Adiwijaya mengatakan, pembukaan kuliah secara tatap muka memang akan berdampak baik untuk pendidikan yang ditempuh mahasiswa. Namun, di tengah pandemik COVID-19, hal itu justru bisa memberikan dampak negatif dari segi kesehatan.

Di kampus Telkom yang kapasitas mahasiswanya mencapai 30 ribu, dan berasal dari berbagai daerah kondisi itu cukup berbahaya saat pandemik belum usai. Sebab, kerumunan akan sulit dihindari saat kuliah dilakukan secara tatap muka (offline/luring).

"Kita akan kedatangan mahasiswa dari 34 provinsi. Nah, ini harus kita urus dulu izinnya dari Pemkab Bandung dan Provinsi Jabar. Apakah memungkinkan atau tidak," ujar Adiwijaya, Sabtu (12/12/2020).

1. Proses perizinan kuliah offline sudah diajukan

Tel-U dan Unpad Masih Pertimbangkan untuk Kuliah Tatap Muka website

Menurutnya, pihak kampus sudah mengajukan untuk menggelar kuliah offline. Namun, hingga sekarang izin tersebut belum juga keluar. Kondisi ini wajar karena pemerintah sudah pasti enggan memberi izin ketika kegiatan perkuliahan justru bisa menimbulkan klaster baru penyebaran virus corona.

Adiwijaya memprediksi pembukaan kuliah tetap akan dilakukan tahun depan, tapi sistemnya tidak sama di mana kuliah bisa dilakukan secara online dan offline.

"Yang nanti harus diutamakan mungkin mereka yang di tahun terakhir dan sedang mengerjakan tugas akhir. Tapi itu juga belum diputuskan, masih menunggu sinyal dari pemerintah," paparnya.

2. Unpad buka kuliah offline untuk kelas praktikum

Tel-U dan Unpad Masih Pertimbangkan untuk Kuliah Tatap Muka unpad.ac.id

Sementara itu, Rektor Universitas Padjadjaran Rina Indiastuti menuturkan, pihaknya belum berani membuka kuliah tatap muka secara keseluruhan di saat angka penyebaran COVID-19 di Bandung dan sekitarnya masih tinggi. Apalagi jika kawasan di kampus Unpad masuk dalam kategori zona merah jelas ini sangat membahayakan.

"Karena kami juga punya tujuan untuk menjaga kesehatan mahasiswa kami," ujar Rina.

Meski demikian, Unpad saat ini sudah mulai membuka kuliah secara offline secara bertahap. Mahasiswa yang melakukan praktikum bisa datang ke kampus. Termasuk mereka yang tengah tugas akhir untuk bimbingan secara tatap muka.

"Kemudian kegiatan mahasiswa yang terbatas dan menegakkan protokol kesehatan 3M dengan ketat," papar Rina.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sebut Sekolah Tatap Muka Jadi Tantangan di Perkotaan

3. Keberadaan vaksin belum bisa jadi alasan kampus dibuka seluruhnya

Tel-U dan Unpad Masih Pertimbangkan untuk Kuliah Tatap Muka pexels/startup-stock-photos

Terkait dengan kemungkinan pemberian vaksin pada Januari 2021 untuk masyarakat, hal ini tidak bisa menjadi alasan pembukaan kampus Unpad secara keseluruhan. Musababnya, pemberian vaksin tidak diberikan kepada masyarakat bersamaan.

"Ya tetap akan bertahap. Seperti yang sudah kami lakukan sejak September ini, dengan protokol kesehatan," pungkasnya.

Baca Juga: Sekolah Tatap Muka 2021, IDAI: Berisiko Tinggi Picu Lonjakan COVID-19

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya